Tanos Challenge

Review 7 Hari Eating Clean Bareng Tanos

eating clean

Mengawali tahun 2021 dengan eating clean bareng Tanos adalah tantangan yang luar biasa buat saya.  Clean eating adalah new trend beberapa tahun belakangan ini. 

Terutama seiring dengan perkembangan instagram, sekarang ini banyak sekali orang yang memposting piring makan mereka ketika berpartisipasi dalam tantangan eating clean. 

 

Clean eating atau ada juga yang menyebutnya eating clean pada dasarnya ada beberapa prinsip yang harus diikuti. Untuk lengkapnya dapat dibaca artikel saya sebelumnya terkait ini atau bisa melihat informasi yang saya ambil dari website American Heart Association di bawah ini.

Clean_Eating_Infographic. Source by. Heart.org AHA

Memasak sendiri dengan bumbu yang kita tahu adalah salah satu cara agar kita aware dengan apa yang kita masukan ke dalam tubuh. Tentunya dengan metode memasak yang lebih sehat dan mengganti gula dan garam dengan semisal rempah-rempah dan jus lemon.

Sebelum kita masuk melakukan review selama 7 hari melakukan tantangan ini, saya mau cerita sedikit tentang Tanos.

Cerita TANOS

Tanos singkatan dari TAntangan NaON Sih adalah program kolaborasi saya dengan kak Eka ‘artjoka yang diadakan berkala setiap bulannya. “Naon” diambil dari bahasa Sunda, yang artinya “apa”. Tanos diadakan di minggu kedua setiap bulannya dengan durasi selama 7 hari.

 

Tujuannya adalah challenge diri sendiri untuk melakukan good habit yang berhubungan dengan self-love. Harapan dari tanos sendiri adalah good habit ini tetap continue dilakukan walau program Tanos periode itu telah berakhir.

 

Selain program tantangan 7 hari, kami juga punya program sebelumnya yang sudah berjalan yaitu 

– Tanos Gratitude Journal Challenge (TGJC)

– Tanos Walking Challenge (TWC)

– Tanos Drink Water Challenge

– Tanos Reading Challenge (TRC), dan 

– Tanos Photo Challenge (TPC)

 

Peserta Tanos challenge ini datang dari kalangan blogger dan non blogger. Selain tantangan 7 hari, pendaftaran dibuka setiap saat.

 

Buat kalian yang ingin berpartisipasi, hayu kita ramaikan dan bentuk kebiasaan sehat yang baru. Caranya mudah, bisa follow IG @tanos.challenge agar tidak ketinggalan update challenge bulanan. 

 

Siapa tahu ada challenge yang kalian tertarik untuk ikut atau mau ikut program yang sedang berjalan. Yuk Mari Ramaikan!

Tanos Clean Eating Challenge Flyer

Tanos Clean Eating Challenge (TCEC)

Tanos Photo Challenge berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan 17 Januari 2021. Jumlah Pejuang Tanos yang ikutan sebanyak 14 orang termasuk saya dan Kak Eka ‘artjoka’.

 

Pejuang Tanos Clean Eating Challenge

Open participant sudah kami buka dari tanggal 28 Desember sampai dengan 3 Januari 2021. Tanos challenge yang seharusnya diadakan di minggu kedua, kali ini diadakan di minggu ketiga. Minggu kedua kali ini diberikan agar para Pejuang Tanos mempersiapkan menu, serta informasi terkait clean eating yang cocok dengan menu keluarga mereka.

Di dalam tantangan ini, kami memberikan tantangan yang berbeda setiap harinya. Tantangan di hari itu akan berlanjut ke tantangan di hari berikutnya.

Tanos Clean Eating Challenge Rules of the Game
Tanos clean eating challenge informasi

Review 7 Hari Eating Clean Pejuang Tanos

Tingkat kesulitan selama tantangan berlangsung berbeda antar pesertanya. Ada yang ternyata menyadari kalau pola makan selama ini sudah cukup sehat, dan ada juga yang struggle dengan pola makan baru. 

Mungkin itu sebabnya ada juga Pejuang Tanos yang tidak berhasil menyelesaikan sampai akhir.

Namun bagi yang berhasil melaksanakan tantangan sampai akhir mengakui kalau badan mereka lebih terasa ringan dan lebih berenergi. Banyak juga yang berencana akan melanjutkan tantangan ini seterusnya, dengan menyesuaikan beberapa hari eating clean dan misal di weekend makan bebas.

List Menu Clean Eating Selama 7 Hari Seluruh Pejuang Tanos

7 Hari Eating Clean Ala Saya

Saya melakukan eating clean ini dikombinasikan dengan interval fastin. Yang saya rasakan adalah saya tidak begitu merasakan lapar yang hebat di jendela makan, kecuali ketika saya mengkonsumsi minyak ikan yang ternyata menimbulkan nafsu makan buat saya.

Hal yang lain yang saya rasakan adalah tubuh lebih berenergi dan tidak cepat mengantuk. Perut juga tidak kembung dan pencernaan lancar.

Dalam tantangan ini saya menjadi fully aware misal dengan takaran minyak yang akan saya tuang ke teflon. Namun yang masih harus saya tingkatkan adalah menambah jumlah takaran air putih. 

Menurut buku yang saya baca terkait Interval Fasting dikombinasikan dengan eating clean, setidaknya yang menjalankannya harus mengkonsumsi 2,5 liter – 3 liter. Sementara saya bahkan hanya setengahnya.

Untuk ke depannya, saya akan mulai memasak kembali dan menyusun menu sehat. Untuk makanan Indonesia mungkin saya masih menggunakan bumbu jadi, karena terkadang beberapa bumbu sulit didapatkan di Jerman. Makanan siap saji yang pasti akan saya kurangi dan sebisa mungkin dihilangkan.

Yang terpenting adalah setahap demi setahap, memilih resep yang enak dan mudah sehingga kebiasaan ini bisa tetap dipertahankan terus.

 

Winner of The Challenge

pemenang tanos clean eating challenge

Saya dan Kak Eka ‘artjoka’ memutuskan pemenang Tanos Clean Eating Challenge jatuh kepada Kak Vivi .

Congratsss Kak Vivi  . Semoga kebiasaan baik ini bisa terus dipertahankan. 

Terima kasih juga kepada semua Pejuang Tanos yang berpartisipasi di challenge kali ini. Sampai ketemu di challenge berikutnya.

Kesimpulan

Apakah

 

Nah perjalanan tujuh hari eating clean challenge sudah berakhir tapi tetap pantengin IG tanos.challenge ya, siapa tahu challenge selanjutnya menarik hati kalian.

 

Stay safe … xoxo

 

Referensi

5 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!