Tanos Challenge

Sehari Menjadi Vegetarian, Tanos Clean Eating Challenge Day7

Menjadi vegetarian Tanos Clean Eating Challenge Day 7

Menjadi Vegetarian buat banyak orang lebih dari sekedar gaya hidup hanya mengkonsumsi sayuran, buah dan tanpa dairy product. Vegetarian melihat fakta bagaimana hewan diproduksi secara besar-besaran untuk memenuhi kebutuhan manusia, dan mereka menentang itu.

Sedih banget jika melihat film dokumenter tentang bagaimana peternak bahkan memanfaatkan manipulasi gen untuk memperoleh hasil produksi yang lebih menguntungkan.

Hewan juga diperlakukan hanya sebagai sumber makanan manusia. Mereka tidak diperlakukan dengan baik dan itu membuat hati kita yang melihatnya perih. 

Kita juga tidak bisa menjamin apakah daging yang kita beli di supermarket atau di pasar bukan berasal dari hewan yang disuntik agar bisa menjadi lebih besar. Oleh karena itu ada baiknya jika menu makanan yang kita makan nggak melulu daging, kecuali jika kalian menerapkan diet tertentu seperti ketosis misalnya.

Di dalam Tanos Clean Eating Challenge (TCEC) di bulan Januari ini, kami pun menyisipkan salah satu tantangan untuk sehari menjadi vegetarian.

Cerita TANOS

Tanos singkatan dari TAntangan NaON Sih adalah program kolaborasi saya dengan kak Eka ‘artjoka yang diadakan berkala setiap bulannya. “Naon” diambil dari bahasa Sunda, yang artinya “apa”. Tanos diadakan di minggu kedua setiap bulannya dengan durasi selama 7 hari.

 

Tujuannya adalah challenge diri sendiri untuk melakukan good habit yang berhubungan dengan self-love. Harapan dari tanos sendiri adalah good habit ini tetap continue dilakukan walau program Tanos periode itu telah berakhir.

 

Selain program tantangan 7 hari, kami juga punya program sebelumnya yang sudah berjalan yaitu 

– Tanos Gratitude Journal Challenge (TGJC)

– Tanos Walking Challenge (TWC)

– Tanos Drink Water Challenge

– Tanos Reading Challenge (TRC), dan 

– Tanos Photo Challenge (TPC)

 

Peserta Tanos challenge ini datang dari kalangan blogger dan non blogger. Selain tantangan 7 hari, pendaftaran dibuka setiap saat.

 

Buat kalian yang ingin berpartisipasi, hayu kita ramaikan dan bentuk kebiasaan sehat yang baru. Caranya mudah, bisa follow IG @tanos.challenge agar tidak ketinggalan update challenge bulanan. 

 

Siapa tahu ada challenge yang kalian tertarik untuk ikut atau mau ikut program yang sedang berjalan. Yuk Mari Ramaikan!

Tanos Clean Eating Challenge Flyer

Tanos Clean Eating Challenge (TCEC)

Tanos Photo Challenge berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan 17 Januari 2021. Jumlah Pejuang Tanos yang ikutan sebanyak 14 orang termasuk saya dan Kak Eka ‘artjoka’.

 

Pejuang Tanos Clean Eating Challenge

Open participant sudah kami buka dari tanggal 28 Desember sampai dengan 3 Januari 2021. Tanos challenge yang seharusnya diadakan di minggu kedua, kali ini diadakan di minggu ketiga. Minggu kedua kali ini diberikan agar para Pejuang Tanos mempersiapkan menu, serta informasi terkait clean eating yang cocok dengan menu keluarga mereka.

Di dalam tantangan ini, kami memberikan tantangan yang berbeda setiap harinya. Tantangan di hari itu akan berlanjut ke tantangan di hari berikutnya.

Kami berdua sepakat untuk memilih  “Hanya Makan Sayuran dan Buah” di hari kelima tantangan.

Anjuran TCEC Day 7
Tanos clean eating challenge informasi

Kisah saya di TCEC Day 7

Sehari Menjadi Vegetarian Tanos Clean Eating Challenge Day 7
snack sehat tanos clean eating challenge day 3

Saya menjalankan Interval Fasting hari ini sampai dengan sekitar pukul 19:30.  Hari ini bisa dibilang makan sangat terlambat karena lumayan hectic. Menu clean eating saya hari ini adalah,

 

Buka puasa, Pukul 19:30:

White beans brokoli paprika.

White beansnya saya pakai yang sudah jadi, tapi dibersihkan dulu di bawah air yang mengalir, sehingga bersih dari sausnya yang mengandung pemanis.

Untuk kacang-kacangan memang lebih praktis memilih yang sudah jadi, karena kacang harus kita diamkan dulu di air serta dimasak lumayan lama. Di dalam prinsip clean eating American Heart Association juga diperbolehkan sepanjang tidak mengandung zat perasa tambahan dan cara lain adalah dengan membersihkannya dengan air.

 

Snack

Apel

4 butir kurma

 

Minuman

Hari ini karena hectic dan juga sudah hari kelima tidak mengkonsumsi kopi jadi badan nggak nagih lagi. Saya minum lebih dari 2 liter air putih.  

Rekap TCEC 17.01.21
Menjadi Vegetarian

Dari 14 orang yang mendaftar, 7(+1) orang memposting menu mereka hari itu. 

 

Saya rekap list di bawah ini yang merupakan menu clean eating tanpa dairy product, yang bisa kalian tiru.

Menu Clean Eating, 17.01.21

Inilah kumpulan menu sehat “Sehari Menjadi Vegetarian” Pejuang Tanos 

 

Sarapan:

Ubi panggang – Kak Vivi.

Green smoothies (pokcoy, kol, timun) – Kak Lilik

Pisang dengan taburan chia seed  – Kak Novya.

Sepotong buah naga – Kak Ghina

Bubur ayam – Kak Ayu

Kurma dan air putih hangat – Kak April

 

Lunch:

 

Nasi goreng sayur, telur ceplok dan ayam sambal matah- Kak Vivi (Resep di bawah).

Sop buah, hanya campuran potongan buah yaitu apel, anggur, jeruk, nangka, nanas dan disiram dengan kuah buah naga merah. – Kak Lilik.

Pecel Gendar – Kak Novya. (Lihat ceritanya di bawah).

Gado-gado – Kak Ayu.

Nasi putih, labu air, ikan asin+ infused water – Kak April (Ada bonus cerita di bawah)

 

Dinner:

Nasi putih, sop jamur dan timun – Kak Lilik.

Nasi putih dan telur dadar  – Kak Ayu.

Pecel gendar – Kak Novya

Nasi merah putih, telur ceplok dan pecel sayur (Memanfaatkan sayur yang ada : jagung, kembang kol, daun kembang kol, dan kol.– Kak Ghina.

White beans brokolli dan paprika- Renov.

 

Snack Sehat

Jeruk Medan – Kak Lilik.

4 buah kurma dan sebutir apel- Renov.

Rujak buah – Kak Ayu

Pecel Gendar

Ada yang tahu gendar gak?

 

Gendar ini terbuat dari nasi putih diuleni dengan obat gendar namanya “bleng”, trus dikukus, habis itu ditumbuk halus. Langsung di makan bisa, atau bisa juga diiris tipis-tipis trus dijemur dan digoreng berubah deh jadi karak gendar (yang bisa kita temui di wilayah Jateng atau Jatim). Kalau di Solo disebutnya karak.

Nah yg Kak Novya makan hari ini adalah gendar yang belum diiris-iris. Di kota Solo kita bisa beli dengan menyebutkan “Pecel Gendar”. Isi pecelnya: labu siam + kacang panjang + tauge + daun keningkir.

Cerita Kak April

Di bawah ini  cerita Kak April di hari ketujuh, yang membuat kita menyadari kalau tantangan yang hanya 7 hari ini sudah memberikan perubahan bagi tubuh.

….

 

Hari ini saya hanya makan malam dengan minum segelas air putih. Sorenya saya tidak bisa menahan temptation untuk makan mie instan goreng dan sedikit nyicip gorengan. Malemnya auto seret+ kembali dehidrasi). To be honest, sore td makan mie instan adalah salah satu pelanggaran TCEC, nyeselll pokoknya

Setelah beberapa hari ini mengikuti clean eating challenge, dehidrasi berkurang dan sempet hilang tapiiiii karena ketidak sanggupan berhadapan dg mie instan, akhirnya nerobos makan di tambah sedikit gorengan yg ternyata minyaknya buanyak bangett and then… 

 

setelahnya, mual dan eneg (jadilah nyemil kurma 2 butir- sampai malem) sama minum air putih berkali- kali (yakin saat tidur tetap dehidrasi) karena emang mudah dehidrasi and it’s a bit difficult for me to cure this.

And hopefully this story dapat diambil manfaatnya.

 

….

 

 

Winner of The Day

Hari ini saya dan Kak Eka ‘artjoka’ memutuskan bahwa pemenang jatuh kepada Kak Lilik .

Congratsss Kak Lilik  . Semoga semakin semangat di hari berikutnya.

Kesimpulan

Apakah kalian pernah mencoba clean eating challenge ini? Sudah pernah mencoba sehari menjadi vegetarian?.

Suami saya adalah veteran vegetarian selama 15 tahun sampai suatu hari temannya mengajak ke Argentina dan dia yang memang menganggap trip kali ini sebagai perjalanan yang merubah hidupnya, ternyata pulang-pulang malah kembali menjadi omnivora.

Apapun pilihannya saya hargai, saya sendiri berusaha untuk lebih banyak makan sayuran dan buah untuk mencukupi kebutuhan serat harian.

 

Nah hari ini perjalanan tujuh hari clean eating challenge sudah berakhir tapi tetap pantengin IG tanos.challenge ya, siapa tahu challenge selanjutnya menarik hati kalian.

 

Stay safe … xoxo

 

Baca juga: Review 7 Hari Tanos Clean Eating Challenge

Referensi

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!