Jurnal

Persempit Fokus, Self Discovery Day 19

self discovery journal day 19

Persempit Fokus #SelfDiscovery #Day19 – Jika kita ingin menjadi yang terbaik untuk yang kita sekarang kerjakan, hal yang paling esensial adalah membangun tujuan yang tepat.

 

“If you can keep playing tennis when somebody is shooting a gun down the street, that’s concentration” – Serena Williams

Di jaman sekarang, hampir setiap orang menjadi multitasking. Kita banyak membagi perhatian kita, yang sebenarnya dapat menurunkan performa kerja kita. Namun adakah sebenarnya hal yang kita bisa kerjakan tanpa adanya interupsi?

 

Persempit fokus

Jika kita mempunyai beberapa projek dalam waktu bersamaan, utamakan pada satu yang paling penting. Kemudian kerahkan semua perhatian kita kesana. Jangan biarkan terdistraksi.


Jika motivasi kita sudah menurun di project ini, coba switch dulu sebentar dengan project lain, kemudian kembali lagi untuk menyelesaikan project ini.

fokus

What makes you feel engaged and focused?

Quest di hari ke-19 adalah apa yang membuat saya merasa terlibat dan fokus 

 

Jawabannya adalah proyek dengan tujuan yang ingin saya capai atau selesaikan.

 

Bentuk proyeknya sendiri bisa berbeda-beda, tetapi mereka punya satu kesamaan yaitu:

  1. Tujuannya jelas, kenapa saya harus melakukannya, dan kapan harus diselesaikan.

  2. Jika saya punya kapasitas untuk menyelesaikan tugas itu. Kapasitas itu bisa berupa kemampuan yang dimiliki, atau juga waktu yang cukup untuk menyelesaikannya.



Banyak dari project itu diselesaikan waktu mendekati deadline. Deadline membuat saya menjadi lebih konsentrasi dan bisa berpikir lebih efektif dalam menyelesaikan suatu tugas.

Di jaman sekarang yang serba cepat, semua seperti mengejar satu deadline ke deadline yang lain. Oleh karena itu sistem prioritas harus selalu saya terapkan disini. Tidak mungkin yang urgent dan sangat important ditaruh di belakang, mendekati deadline.

 

Kesimpulan

Fokus terhadap hal yang kita suka lebih mudah dilakukan, tapi tantangan saya adalah bagaimana bisa fokus dengan hal yang tidak saya suka tetapi harus dikerjakan.

 

Hal yang utama bagi saya sekarang ini adalah fokus untuk memulai.

 

Seringkali kita menginginkan untuk memulai habit yang baru atau misal seperti saya harus menyelesaikan laporan, tapi saya malah punya seribu alasan untuk menundanya dan malah mengubahnya menjadi distraksi.

 

Bagaiamana dengan kalian?

Kegiatan apa yang kalian bisa sangat fokus di dalamnya?

 

 

Stay safe … xoxo

 

Baca juga, Begadang, self discovery journal hari ke-18.

Baca selanjutnya, Tanpa Dibayar, self discovery journal hari ke-20.

18 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!