Reviews

5 Buku Favorit Pilihan yang Dapat Merubah Hidup Lebih Baik

buku favorit

5 Buku Favorit kali ini saya pilihkan yang berdasarkan pengalaman pribadi dapat memberikan perubahan hidup ketika kita mau sekali lagi berkaca ke dalam diri sendiri. 

Diantara buku ini ada yang saya baru membacanya belakangan ini dan ada juga yang sudah lama sekali. Bahkan dari salah satu buku ini ada buku lungsuran dari Ayah.

 

Apakah ada buku favoritmu juga di dalam list? 

5 Buku Favorit yang Mesti Kamu Baca Minimal Satu Kali Dalam Hidup.

buku how to win friends and influence people

1. Buku How to Win Friends and Influence People.

Buku How to Win Friends and Influence People adalah buku kesayangan dan paririmbon Ayah saya yang seorang Marketer. 

Jika kamu menginginkan menjadi pribadi yang lebih disukai dan mudah bernegoisasi, buku How to Win Friends and Influence People adalah yang kamu cari.

Tidak ada praktek manipulasi dalam buku ini, namun inti dari buku ini adalah kita dapat merubah cara dan kebiasaan orang lain dengan merubah kebiasaan kita terlebih dahulu.

the power of habit

2. The Power of Habit

Rutin yang kita ciptakan setiap hari dapat membentuk kebiasaan yang setelah sekian lama akan mempengaruhi cara kita berpikir dan kepribadian kita.

Itu saya sadari ketika saya harus masuk rumah sakit dan menjalani operasi myom. Myom yang saya derita saat itu adalah hasil akumulasi dari gaya hidup yang kurang sehat. 

Di ranjang rumah sakit itulah, saya membaca buku The Power of Habit dan menyadari kalau saya tidak mau mengalami ini lagi dan harus merubah kebiasaan buruk yang selama ini saya adopsi. 

Tentunya tidak mudah untuk berubah, tapi dengan buku yang tepat dan motivasi dalam diri, saya yakin semua pasti bisa melakukan perubahan.

review buku ikigai

3. Buku Ikigai

Satu hal yang pasti di dalam hidup adalah ketidakpastian.

Kita tidak tahu berapa lama lagi kita akan hidup. Yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan usaha sebaik-baiknya agar hidup kita bisa seimbang, sehingga kita bisa hidup lebih panjang, sehat dan bahagia.

Dengan mempelajarinya termasuk di dalamnya terdapat 10 Aturan Konsep Ikigai, saya merasa lebih mudah memetakan apa yang sebenarnya saya cari dan mengapa saya merasa ada yang kurang selama ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa membaca Resume Lengkap Buku Ikigai yang saya tulis.

buku 7 habits

4. The 7 Habits of Highly Effective People

Saya mulai mengalami banyak problematika kehidupan ketika saya duduk di bangku SMA. Selain sahabat dan aktivitas ekstra kurrikuler, hal lain yang membantu saat itu adalah buku-buku self help. 

Salah satu buku yang saya baca adalah buku 7 habits. Saya membaca ini dulu, baru kemudian membaca versi teen nya beberapa tahun kemudian.

Salah satu yang saya pelajari saat itu adalah active listening / mendengarkan aktif. Memang sangat berbeda antara hanya mendengarkan dengan bersikap aktif. 

Ketika kita mendengarkan perkataan orang lain, jangan sibuk memikirkan apa yang mau kita balas. Fokus pada pesan apa yang akan disampaikan orang tersebut. 

Dengan belajar untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan aktif, saya juga belajar untuk meningkatkan rasa empati, yang merupakan life skills yang sangat berguna juga di kehidupan profesional dan sosial.

buku berani tidak disukai

5. Courage to be Disliked / Berani Tidak Disukai.

Buku favorit yang terakhir di dalam list adalah buku Berani Tidak Disukai. Buku yang saya baca tahun lalu saat pandemi, membuat saya merasa ditelanjangi.

Banyak hal terutama masalah hubungan antar personal yang menjadi lebih mudah untuk dipecahkan ketika kita memahami diantaranya konsep pembagian tugas.

Bahwa kita melakukan sebaik-baiknya bagian kita, hal yang bisa kontrol. Namun jika orang lain bersikap berbeda, tidak perlu kita pusingkan karena itu bukan bagian kita. Yang bisa merubah orang lain hanya dirinya sendiri. 

Untuk review buku Berani Tidak Disukai, kalian bisa membaca di artikel yang sudah saya tulis sebelumnya.

Apa Buku Favoritmu?

Kategori buku favorit bisa berbeda setiap orangnya. Ada yang mungkin menemukan dari buku fiksi atau bahkan dari buku cerita anak.

Saya pun pernah menemukan yang seperti itu, dan tidak jarang kita mampu mengingatnya karena buku itu memberikan kesan yang dalam dan tidak bosan untuk kita baca berulang kali.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apa buku favoritmu? Cerita juga di kolom komentar ya. 

Stay safe … xoxo

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!