Blogging

5 Sumber Inspirasi Saat Jenuh Sesuai Niche Blogmu

sumber inspirasi saat jenuh

Sumber Inspirasi Saat Jenuh. Apa yang biasa kalian lakukan ketika sedang tidak mood? Apalagi semisal jika ada deadline yang harus dipenuhi.

Saya pernah menuliskan di artikel sebelumnya tentang Sumber Inspirasi yang mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi kali ini saya hanya akan menuliskan sumber inspirasi saat jenuh jika kamu seorang Blogger.

 

Kenapa begitu spesifik? Selain karena yang general sudah, jumlah Blogger di Indonesia pun tidak sedikit jumlahnya. 

Salah satu cara supaya kita bisa dikenal dan outstanding in the crowd adalah dengan mengisi blog kita secara berkala. 

Namun kita tahu, kalau konsistens mengisi blog ini tidaklah mudah. Mungkin permasalahannya karena kita mengalami writer’s block, atau jenuh di topik, atau tidak menemukan yang bikin greget, atau mungkin karena terlalu banyak jadi berasa tidak ada pilihan.

Having too many options means no option at all.

Terlalu banyak pilihan membuat kita mentally and emotionally drained,, karena terlalu banyak yang dipertimbangkan walau untuk sekedar hanya menulis.

Makanya di artikel kali ini, saya mau membantu kalian menemukan sumber inpirasi saat jenuh berdasarkan niche blogmu.

1. Travel Blog

Jika kamu seorang travel blogger, sumber inspirasi saat jenuh bisa kamu temukan disini,

1. Travelling

2. Jalan kaki di taman.

3. Nonton serial dokumenter tentang travel

4. Membaca buku travel

5. Nonton film.

Sebagai travel blogger, travelling adalah bensin atau bahan bakar ceritamu. Karena adanya pembatasan sosial akibat corona tentunya travelling pun menjadi terbatas. Mungkin kali ini enggak perlu ke luar negeri atau ke luar kota, cukup daerah yang dekat saja yang belum tereksplore.

Selain itu mencari ide dan sumber inpirasi bisa juga dengan berjalan kaki outdoor karena pasokan oksigen ke otak dan juga dengan tubuh bergerak, mampu membuat otak lebih aktif dan sehat. 

Oh iya karena jadi travel blogger, kamu punya kesempatan untuk membahas topik lain yang berkaitan dengan travel, misalnya saja buku dan atau film tentang travel atau bahkan novel fiksi dengan background cerita yang membuat kamu sampai bisa membayangkan dengan jelas. 

Jika bingung memilih judul film, kamu bisa mencarinya di aplikasi seperti TV Time atau referensi Google. Untuk aplikasi TV Time, kamu tinggal mensetting filter ke dokumenter atau petualangan misalnya. 

detoksifikasi mudah tanos clean eating challenge day 3

2. Food Blog

Niche blog yang ini hampir mirip dengan travel blog, sumber inspirasi saat jenuh bisa kamu dapatkan,

1. Travelling dan/atau wisata kuliner.

2. Jalan kaki outdoor. Selain juga bagus buat otak, kamu juga bisa mengamati street food di daerahmu jika ada.

3. Mencoba resep masakan

4. Menonton film atau reality show tentang kompetisi makanan. Ada banyak pilihannya seperti Master Chef, Food hacks with Nadiya Hussain, Street Food, Food on The Go, Chef’s Table, Sugar Rush dan masih banyak lagi.

5. Menetapkan tema bulanan. Misalnya bulan Juni tentang Maroko. Nah kamu bisa mencoba mengumpulkan resep masakan Maroko, mencobanya sendiri atau mengorder di restoran di kotamu. Dengan menetapkan tema bulanan, akan lebih mencari ide dan mengerucutkan apa yang kamu mau tulis.

3. Fashion Blog

Niche blog satu ini termasuk niche yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Jika memang kamu sedang stuck, ada beberapa sumber inspirasi di bawah ini yang bisa kamu coba, 

1. Travelling. Yups lagi-lagi travelling ada. Dengan travelling, kamu bisa membahas banyak hal dari misal isi koper yang essential mesti dibawa, sampai dengan fashion yang lagi hype di daerah atau negara yang kamu kunjungi. Eh, bahas tentang pakaian tradisional juga bisa loh.

2. Jalan kaki outdoor. Karena kamu expertnya di bidang fashion, kamu bisa mengamati dandanan orang di jalan. Kamu bisa memilih lokasi misalnya di tengah kota dimana banyak orang lalu lalang. 

3. Melirik isi wardrobemu. Kamu bisa melihat koleksi wardrobemu, dan mungkin membahas pakaian yang kamu sukai dan tidak sukai. Bisa juga untuk ide mix ‘n match pakaian. Atau jika kamu seorang fashion blogger yang menganut konsep minimalisme, bisa juga dengan menuliskan capsule wardrobemu dan tipsnya.

4. Menonton film atau serial TV. Seru juga kalau kamu membahas fashion dari karakter TV atau film, apalagi jika mengambil setting di masa tertentu atau bahkan di masa sekarang sehingga kamu bisa sekalian memperhatikan trend. Atau bisa juga menonton reality show seperti Next in Fashion yang tayang di Netflix.

5. Membaca majalah atau mengikuti tema fashion di aplikasi baca seperti Flipboard. Majalah bisa jadi sumber inspirasi saat jenuh karena pasti selalu menampilkan trend terbaru terutama pakaian, yang bisa memudahkanmu untuk mendapatkan bahan tulisan.

4. Technology Blog

Sumber inspirasi saat jenuh untuk kamu yang punya niche blog Teknologi bisa kamu temukan dari sini,

1. Membaca majalah atau mengikuti tema teknologi di aplikasi baca seperti Flipboard. Tema ini bisa dibilang sangat populer jadi jangan takut kehabisan ide.

2. Mengunjungi pameran teknologi

3. Mengikuti forum dengan bahasan teknologi seperti di Reddit misalnya. Dengan ada pembahasan semisal tentang teknologi atau gadget terbaru, kita bisa ikut berperan aktif di dalamnya.

4. Brainstorming atau berdiskusi dengan techno blogger lainnya atau orang yang punya minat yang sama. Atau bergabung dengan komunitas techno blogger sehingga punya kesempatan lebih banyak untuk update tentang info terbaru.

5. Cek info terupdate di Youtube dari blogger yang biasa membahas info seputar teknologi. 

 

komunitas jalan kaki Tanos

5. Health and Fitness Blog

Salah satu dampak positif dari pandemi COVID-19 adalah orang menjadi lebih perduli tentang kesehatan baik itu fisik maupun mental. 

Banyak influencer, selebriti dan ahli profesional yang mempromosikan tentang gaya hidup sehat. Buat kamu yang memang punya niche blog ini bisa banget mencari sumber inspirasi saat jenuh di salah satu di bawah ini:

1. Website atau Blog Influencer atau ahli profesional. Kita bisa membaca dari tulisan yang mereka buat. Jika kita menemukan ada tulisan yang menarik, bisa kita ambil intinya dan cari sumber pendukung lainnya sehingga tulisan kita berbeda dari versi asli dan lebih lengkap.

2. Mengikuti Webinar yang diadakan oleh lembaga atau perusahaan, dan mengundang pakar di bidang kesehatan.

3. Mendengarkan Podcast. Sekarang ini banyak kanal yang memudahkanmu untuk mendengarkan podcast yang dibawakan oleh podcaster favoritmu yang suka membahas tentang kesehatan.

4. Media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube dan Pinterest.

5. Membaca buku yang berkaitan.

 

6. Book Reviews Blog

Jika kamu seorang yang suka melakukan review buku, kamu dapat mencari menemukan sumber inspirasi saat jenuh diantaranya:

1. Membaca buku. Tentu saja karena kamu membahas seputar review buku, sumber bahan bakarmu adalah buku.

2. Website seperti Goodreads, Thestorygraph. Biasanya website ini mempunyai rekomendasi buku bagus yang bisa dimasukan ke dalam reading list kita. Sambil melihat kembali list buku populer yang belum pernah kita baca atau kita review.

3. Komunitas baca buku atau Reading Club yang kita ikuti. Saya mengikuti Tanos Reading Club yang punya program bulanan membahas buku yang sudah ditetapkan di bulan sebelumnya.

4. Mengikuti webinar atau seminar yang diadakan oleh pengarang buku.

5. Menonton film yang diadaptasi dari buku. Buku tidak hanya melulu soal buku tapi bisa juga film yang merupakan adaptasi. 

Apa Sumber Inspirasimu?

Kamu sendiri biasanya mencari dimana sumber inspirasi saat jenuh?

Jika tips di atas tidak berhasil buatmu, mungkin kamu perlu beristirahat sejenak dari kegiatan menulis. Tidak perlu merasa bersalah. Namun tetapkan deadline kapan kamu akan kembali lagi menulis supaya para pembacamu juga senang dengan updates yang kamu tulis.

Stay safe … xoxo

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!