Jurnal

10 Sumber Inspirasi yang Kamu Dapat Cari, Self Discovery Day 26

Sumber Inspirasi, Self Discovery Day 26. Setiap orang menemukan inspirasi dari berbagai hal yang berbeda. Ada yang mendapatkan dari apa yang mereka lihat, dengar, rasakan atau bahkan mengalaminya sendiri.

 

Sebenarnya apakah inspirasi itu? 

Self Discovery Day 26

Berdasarkan KBBI, inspirasi adalah ilham. 

Sementara di dalam kamus bahasa Inggris, 

 

Inspiration is the process of being mentally stimulated to do or feel something, especially to do something creative.

 

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia,

 

inspirasi adalah proses dorongan mental untuk melakukan atau merasakan sesuatu, terutama melakukan sesuatu yang kreatif.

10 Sumber Inspirasi yang Bisa Kamu Cari.

Salah satu hal positif dari kemajuan zaman, adalah kita dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Jika 20 tahun yang lalu, kita harus pergi ke perpustakaan untuk memperoleh informasi. Sekarang ini, dalam hitungan waktu singkat, informasi sudah dapat kita peroleh.

 

Lalu untuk apa kita mencari inspirasi?

 

Untuk menemukan ide. 

Ide kita peroleh dari hasil ATM, Amati Tiru dan Modifikasi. 

Ide ini kita terjemahkan ke dalam sebuah konsep baru yang mencerminkan kita dan hasil yang kita inginkan.

 

Lalu dimana kita bisa menemukan ide?

Inspirasi banyak dapat kita peroleh, di bawah ini saya tuliskan 10 sumber inspirasi.

Jalan Kaki

1. Dari alam.

Banyak penulis, sastrawan, pelukis dan bahkan ilmuwan yang menemukan ide ketika mereka sedang berjalan-jalan ke udara terbuka. Selain dapat menurunkan tingkat stres, kegiatan berjalan kaki di udara terbuka juga dapat membantu agar pikiran menjadi lebih open terhadap ide baru.

2. Melihat hasil karya orang lain.

Jika kita seorang penulis, kita dapat membaca buku hasil karya dari penulis lain atau bahkan penulis terkenal. Jika kita seorang pelukis, kita bisa pergi mengunjungi museum atau membaca buku tentang seni.

 

Atau semisal kita ingin mendapatkan ide berkaitan dengan bidang pekerjaan kita, kita bisa mengunjungi tempat kerja lain untuk melihat bagaimana proses kerja berlangsung, atau mungkin bertemu dengan teman seprofesi.

 

Ketika saya bekerja di bidang hospitality, terkadang saya janjian mengunjungi teman di hotel lain untuk melihat apa yang bisa saya improve dari pekerjaan saya sekarang.

3. Keluar dari zona nyaman.

Mencoba hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya atau hal baru, atau bahkan mencoba hal yang selama ini kita takutkan. Selain dapat membantu membangun kepercayaan diri, juga dapat membuat kita melihat dari sisi yang tidak pernah terpikir sebelumnya.

 

Pengetahuan dan pengalaman baru membuka mata kita terhadap hal-hal lain di dunia ini, yang sebelumnya tidak pernah kita lihat.

4. Pergi travelling.

Seperti halnya dengan poin nomor 3, travelling apalagi jika kita mencoba jadi solo traveller atau travelling sendirian dapat membawa suasana baru dengan sudut pandang berbeda. Keuntungan lain dari travelling adalah membantu mengurangi stres, dan bahkan juga mengenal orang baru..

List Podcast - Jurnal - RenovRainbow.com

5. Mendengarkan Podcast.

Photo di atas adalah beberapa podcast yang ada di dalam hp saya. Podcast yang ada di list, mencakup berbagai topik, tetapi lebih didominasi dengan podcast bahasa Jerman. 

 

Apapun profesi kita, sekarang ini banyak sekali podcast yang berhubungan dengan bidang atau topik yang kita minati.

6. Berkolaborasi dengan orang lain.

Berkolaborasi dengan orang lain, bisa orang di bidang yang sama atau bisa juga dari bidang yang berbeda. Dengan berkolaborasi, kita mengkondisikan agar ide dapat mengalir.

7. Lakukan apa yang membuat kita bahagia.

Kegiatan yang menyenangkan kita bisa saja dengan memasak, menghabiskan waktu dengan anak, membaca, mendengarkan musik sambil menari, pergi ke tempat lain dan lain-lain. Apapun itu lakukan apa yang membuat bahagia, yang bisa menjadi sumber inspirasi kita.

8. Mulai melakukan sesuatu.

Prinsip disini adalah just do it. Jika kita seorang pelukis, mulailah menggambar apa saja di buku sketsa kita, tidak perlu hasil extravaganza, yang terpenting adalah menggambar.

 

Begitu juga dengan penulis, bisa dimulai dengan menulis tentang apa yang ada di dalam kepala kita. Tidak perlu berpikir kalau tulisan kita bagus dan terstruktur, yang terpenting adalah menuangkan semua isi kepala ke dalam tulisan.

 

Jangan mengedit dan membaca kembali di tengah menulis. Tulisan ini dibuat bukan untuk diberikan nilai atau di-published, melainkan untuk menggali ide yang ada di dalam kepala. Baru kemudian tulisan kita dapat kita edit kembali.

9. Tetapkan deadline

Tentukan deadline untuk hal kreatif yang ingin kita lakukan. Deadline ini kita informasikan juga kepada orang lain, agar kita termotivasi untuk menggali inspirasi ini.

 

Secara psikologis, kita menciptakan intensitas pada deadline dan kita juga terpacu untuk bertanggung-jawab meraih deadline itu.

 

Di dalam industri kreatif, deadline adalah hal yang seringkali kita temui. Oleh karena itu, biasakan dengan kondisi itu dan mulailah dengan menetapkan deadline.

10. Pinterest

Saya menggunakan Pinterest untuk berbagai macam hal yang saya minati. Dengan mengumpulkan gambar di dalam board, saya sering mendapatkan inspirasi apa yang bisa saya kerjakan.

 

Pinterest adalah tempat yang tepat untuk mengumpulkan ide.

Kesimpulan

Ide memerlukan usaha kita untuk mencarinya. Kita bisa mencari sumber inspirasi dari hal yang kita lihat secara visual, atau yang kita dengar (audio), atau yang kita rasakan. 

 

Bagaimana dengan kalian? Adakah sumber inspirasi yang paling cocok?

Stay safe … xoxo

 

Baca juga, Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik, Self Discovery Hari ke-25.

26 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!