Jurnal

Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik, Self Discovery Day 25

Self Discovery Day 25

Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik, Self Discovery Day 25. Ada pepatah yang bilang kalau satu-satunya yang konstan di dalam hidup hanyalah perubahan.

 

Usia kita berubah dari hari ke hari, mood kita bisa berubah di dalam satu hari, cuaca pun begitu juga, berubah setiap harinya. 

Lalu bagaimana jika kalian dihadapkan dengan pertanyaan, “Bagaimana kamu mau mengubah hidup orang lain?”, padahal mungkin saja kita juga tengah kesulitan bagaimana mengubah hidup kita.

 

Dalam tulisan kali ini, saya akan menceritakan terlebih dahulu bagaimana kita bisa mengubah hidup menjadi lebih baik dengan cara yang sederhana sebelum sampai kepada poin mengubah orang lain.

Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik

Setiap orang pasti mengalami naik turun kehidupan, yang kita mungkin tidak mengetahuinya. Namun ada yang berhasil melewati fase turun itu dengan sukses, ada juga yang tidak. Yang sukses, dia berubah menjadi lebih baik, yang tidak sukses tetap stagnan atau bahkan menjadi lebih buruk.

 

Sebelum kita sampai kepada poin bagaimana mengubah hidup menjadi lebih baik, ada hal dasar yang penting kita sadari bahwa,

 

Tidak ada seorang pun yang dapat merubah diri kita selain kita sendiri.

 

Perubahan itu dimulai ketika kita menginginkan merubah diri kita menjadi lebih baik setiap harinya.

 

Saya ingat, sewaktu kecil saya pernah berharap tidak pernah dilahirkan ke dunia.

 

Setiap weekend, jika berkunjung ke rumah nenek, yang saya dengarkan hanya kritik tidak membangun seperti misal, kulit saya yang gelap, rambut saya yang tipis, kemampuan saya yang tidak mumpuni dan masih banyak lagi. 

 

Saya harus hidup dengan itu setiap kali kunjungan, dilontarkan tidak hanya dari nenek tetapi juga om dan tante saya. Tidak ada satu pun yang saya lakukan, yang benar di mata mereka. 

 

Sampai ketika Ibu saya sakit, dan mereka memilih untuk “membuang dari keluarga”. Berat sekali buat saya dan adik, tapi itulah cara Allah menyayangi saya. Saya yang berusia 14 tahun saat itu, seperti diberikan pilihan, meneruskan hidup seperti seorang gagal yang selalu dikatakan oleh keluarga atau berjuang hidup dan menjadi lebih baik.

 

Tidak ada yang menolong saya saat itu, kecuali seorang sahabat dan buku-buku self-help. Saya seperti memulai hidup baru dengan membangun pondasi dari apa yang saya baca dan hidup yang dijalani.

 

Buat sebagian orang, mungkin topik self-help dan motivasi sangat membosankan, namun bagi saya, ini adalah penyelamat hidup.

Karena itu saya ingin membagikan tips mengubah hidup menjadi lebih baik versi saya, seseorang yang punya kisah sedih bagai long and winding road.

5 Hal yang Dapat Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik

1. Bersyukur

Bersyukur adalah cara kita memandang kehidupan dengan lebih positif. Kita tidak lagi berfokus pada hal-hal negatif dan berhenti menyalahkan kehidupan.

 

Sesekali bersedih tidak apa, tapi setelah itu hapus air mata dan melihat ke sekeliling kita. Betapa banyak yang kita tidak berikan apresiasi dan mulailah memberikan apresiasi dengan bersyukur dan menjadi lebih baik.

Kekuatan bersyukur ini luar biasa, baik itu diajarkan di dalam agama maupun juga buku buku self help.

 

2. Kontemplasi dan Kenali Diri Sendiri.

Lihatlah ke dalam diri kita, dan tanyakan apa yang sebenarnya kita inginkan. Apa cita-cita kita, apa harapan kita, apa fokus kita, dan bersikap jujur pada diri sendiri.

 

Terkadang kita tidak jujur pada diri sendiri, hanya karena ingin diterima oleh orang lain, oleh lingkungan tempat kita bekerja, teman-teman kita. Kita mengemukakan hal yang bukan diri kita, menyukai hal yang mungkin kita suka dan melakukan pekerjaan yang mungkin kita tidak punya passion disana, hanya karena ingin diterima oleh orang lain.

 

Nilai-nilai yang kita pegang bisa bergeser. Misalnya, kita yang ingin hidup sederhana, menjadi menginginkan tampilan yang wah, telepon terbaru, hanya karena ingin adanya apresiasi dari orang lain. Akibatnya kita bekerja keras bagai kuda atau mungkin memilih pekerjaan yang menghasilkan banyak uang walau bukan bidang yang kita ingin geluti.

 

Padahal seharusnya yang kita lakukan adalah fokus untuk meningkatkan kemampuan kita, dengan terlebih dahulu mengetahui diri sendiri.

Latihan 31 hari self discovery ini dapat membantu kita untuk menggali apa yang sebenarnya kita inginkan, dan dapat kita raih dengan potensi yang kita punya.

 
menyayangi diri sendiri

3. Love yourself. Cintai diri kita sendiri.

Bagi yang pernah menggunakan pesawat, pasti mengenal prosedur keselamatan di pesawat. 

 

Jika kita ingin menolong diri sendiri, yang kita lakukan adalah dengan menolong diri sendiri terlebih dahulu.

 

Kenakan masker oksigen kita!

 

Self-love adalah esensial. Kita tidak bisa mencintai orang lain sebelum kita mencintai diri sendiri. Kita tidak bisa mengurus orang lain, jika kita sendiri tidak bisa mengurus diri kita.

 

Ini berkaitan erat dengan apa yang saya paparkan di poin nomor 2, bahwa seringkali atau terkadang kita berusaha keras agar diterima oleh orang lain. Namun di bawah sadar kita, ini terjadi karena kita tidak bisa menerima diri kita.

 

Mulailah dengan mencintai diri sendiri, menerima diri kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya. 

4. Berpikir Kritis.

Seperti yang dikemukakan oleh Dr. Jordan B. Peterson, seorang profesor Psikologi, bahwa merubah hidup dimulai dengan learn how to think.

 

Cara agar dapat berpikir kritis adalah melalui menulis.

 

Ya betul, kalian tidak salah membaca. 

Dengan menulis.

 

Kita tidak hanya menerima informasi yang kita dapatkan atau tugas yang harus kita lakukan, namun kita mencari tahu, mengapa kita melakukan apa yang harus kita lakukan.

Bertanggung Jawab. Dr. Jordan B. Peterson

5. Bertanggung jawab atas hidup kita.

Mengambil tanggung jawab bahwa kita seorang yang menentukan hidup kita dan bertanggung jawab karenanya. 

 

Masa lalu hanyalah bagian kecil dari kita, dan orang lain juga tidak bertanggung jawab atas apa yang kita alami. Masa lalu hanyalah tempat kita mengingat darimana kita berasal, dan belajar.

 

Memanfaatkan dengan baik waktu yang kita miliki, karena harta yang paling berharga adalah waktu. Yang membedakan kesuksesan seseorang adalah bagaimana mereka mengatur dan memanfaatkan waktu mereka sesuai dengan tujuan yang mereka inginkan.

Uang hilang bisa kita cari kembali, kita yang sakit bisa menjadi sembuh. Namun waktu, ketika dia hilang, tidak akan pernah kembali lagi.

Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik

How Would You Like to Change People's Lives

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, bahwa tidak ada seorangpun yang bisa merubah hidup kita kecuali orang tersebut.

 

Yang saya bisa lakukan adalah,

 

  1. Memberikan motivasi untuk membangun kebiasaan baik dalam upaya mencintai diri sendiri.

Saya dan Eka artjoka mempunyai program bulanan yaitu Tanos challenge, dimana ini bukan hanya sekedar tantangan melainkan tantangan untuk mencintai diri sendiri.

 

Seperti yang kita tahu dan saya sampaikan di atas kalau mencintai diri sendiri adalah fondasi untuk merubah hidup kita.

Membangun kebiasaan tidaklah mudah, oleh karenanya kita memerlukan support system agar kebiasaan baik itu dapat terpelihara.

 

  1. Melalui tulisan.

Mungkin ada yang menemukan tulisan ini bermanfaat, dan menjadi tergerak untuk merubah dirinya. Mungkin juga ada yang menemukan tulisan ini annoying karena jika seseorang ingin mencari sumber yang valid, tidak akan membaca blog yang tidak dikenal seperti saya.

 

Apapun pendapat mereka, saya berusaha untuk berbagi dan menyebarkan tulisan untuk memberikan motivasi kalau kalian tidaklah sendirian.

 

  1. Walk the talk.

Dari apa yang saya lakukan. Tidak perlu menjadi seorang leader, untuk bisa memberikan contoh yang baik. Yang menuai hasil terbanyak dari kebiasaan dan perilaku baik adalah kita sendiri.

 

Bagaimana dengan kalian? Apakah yang ingin kalian lakukan untuk bisa merubah hidup orang lain?

Stay safe… xoxo

 

Baca juga, Kebutuhan dan Keinginan, self discovery journal hari ke-24.

 

Baca selanjutnya, 10 Sumber Inspirasi yang Dapat Kamu Cari, self discovery journal hari ke-26.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!