Jurnal

7 Hal yang Membuat Bahagia Versi Saya

hal yang membuat bahagia

Hal yang Membuat Bahagia. Di masa-masa sulit seperti saat pandemi COVID-19 ini, tuntutan hidup semakin tinggi. 

Bukan saja kondisi keuangan yang berpengaruh, tetapi juga kondisi mental. 

Kita dipaksa untuk mengatur kembali prioritas dan keuangan, selain juga berusaha menjaga kewarasan.

Saat seperti inilah kita diingatkan kembali untuk bersyukur atas hal yang mungkin selama ini kita lupakan atau anggap biasa.

Di bawah ini adalah hal yang membuat bahagia versi saya, mungkin juga sama dengan kamu atau mungkin bisa menjadi inspirasi.

 

7 Hal yang Membuat Bahagia

Hal-hal yang membuat bahagia ada dua kategori, ada yang disebabkan oleh keadaan dan ada juga yang saya ciptakan sendiri, entah mungkin saat itu saya sedang merasa feeling down.

 

1. Ketika saya sehat.

Sehat secara fisik dan mental membuat saya lebih baik dalam membuat keputusan, berkonsentrasi, mengelola mood, dan berpikir dengan jernih.

Oleh karena itu, jika saya mulai merasa badan sudah mulai enggak delicious hehe.. alias enggak enak badan, saya akan memaksakan diri untuk menggerakan tubuh, baik itu berjalan kaki, yoga, berkebun, atau olahraga lainnya.

 

2. Cuaca hangat.

Saya tinggal di negara Jerman, dimana cuaca didominasi dengan suhu dingin, hujan dan angin yang membuat temperatur berasa 5 derajat lebih dingin dari aktualnya. 

Tidak hanya di musim gugur dan winter yang sudah pasti dingin, tetapi juga di musim semi dan bahkan musim panas. 

Bahkan musim semi tahun ini diawali dengan salju, hujan yang tidak kunjung reda dan suhu rendah di sepanjang bulan April.

Ketika cuaca hangat, mood saya biasanya lebih baik. Saya juga lebih bisa leluasa bergerak tanpa merasa kedinginan dan kulit gatal iritasi akibat kering karena udara dingin.

3. Membaca Buku

Walau saya punya kebiasaan membaca buku yang aneh, tapi saya menyukai membaca buku sepanjang yang saya ingat.

Kebiasaan membaca bermula dari Ibu saya yang memberikan saya buku untuk menemani keseharian ketika beliau bekerja dan saya yang saat itu belum masuk TK. 

Sejak saat itu, saya merasa punya chemistry dengan buku atau bahan bacaan lainnya. Ketika memegang, membolak balik halaman seakan saya jatuh cinta. 

Tanos Reading Challenge dan komunitas membaca One Week One Book membuat saya lebih konsisten membaca. Bagaimanapun cinta saja tidak cukup kan? 

4. Pelukan

Hal yang membuat bagi saya berikutnya adalah pelukan. Ini seperti kebutuhan dasar yang membuat saya safe and sound. (Safe and sound artinya merasa aman, nyaman dan tidak dalam keadaan bahaya).

Saking nyamannya terkadang saya ketiduran, misalnya ketika memeluk si Akang waktu kami sedang binge watching serial TV kesayangan.

5. Menonton video binatang lucu

Saya sudah tidak mempunyai binatang peliharaan sejak lama tapi itu tidak mengurangi kecintaan saya kepada binatang apalagi yang mempunyai bulu seperti kucing, panda, kambing, anjing sampai binatang buas seperti beruang.

6. Ketika seseorang benar-benar mendengarkan saya

Kita bisa mengetahui apakah seseorang mendengarkan dengan seksama jika dia benar menyimak apa yang kita sampaikan, dan bahkan mengingat apa yang pernah kita sampaikan.

Terkadang kita lebih sibuk mempersiapkan jawaban atau respon yang hendak dilontarkan, ketimbang mengerti apa yang sebenarnya terjadi. 

Sayangnya terkadang orang mengartikan kemampuan mengingat cerita seseorang ini dengan kekepoan pada hidup seseorang. Hey, kita bisa membedakan mana yang mengingat karena perduli atau hanya untuk memenuhi keinginan tahuan dia.

Jika menemukan yang perduli, jangan pernah lepaskan. Jika tidak ingin ditanya, jangan pernah sebelumnya bercerita. As simple as that.

7. Melihat yang saya cintai bahagia.

Hal yang membuat bahagia di nomor 7 adalah ketika saya melihat yang saya cintai bahagia. 

Ketika mereka tertawa bahagia, ketika dada mereka meletup letup karena perasaan bahagia, saat itulah saya merasakan kebahagiaan.

Apa Hal-Hal yang Membuat Bahagia Buatmu?

Kamu sendiri bagaimana? Apa hal hal yang membuat bahagia buatmu? Share di kolom komentar ya.

 

Stay safe … xoxo

Ps: Buku yang membawa perubahan hidup buat saya bisa kalian baca DISINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!