Hidup di Jerman

Musim Dingin di Jerman yang Menggoda untuk Dikunjungi

musim dingin di jerman

Musim dingin di Jerman. Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kata winter atau musim dingin? Kebanyakan pasti terpikir akan salju, Christmas dan suhu yang dingin.

Di film-film yang berlokasi di negara 4 musim memang banyak yang menonjolkan keindahan ketika musim salju. Benarkah winter seindah yang sering kita lihat di TV?

Menurut saya sendiri, musim dingin di Jerman itu indah dan memberikan perasaan yang sulit dilukiskan oleh kata-kata. Alasannya karena pemandangan yang berbeda dari yang saya temui di kampung halaman saya, Indonesia. Paling banter juga kalau di Indonesia itu hujan es batu, ada yang pernah ngalamin?

Hujan es batu ini kalau di Jerman disebut dengan nama Hagel. Lumayan tuh sakit juga kalau pas lagi jalan kaki terus Hagel turun. Kalau kena muka, berasa kena totokan, karena kalau kena badan sih gak berasa … kan kita pakai mantel pas musim dingin.

Di dalam artikel kali ini saya akan menjawab beberapa pertanyaan umum soal musim dingin di Jerman yang biasanya banyak ditanyakan.

Kapan Musim Dingin di Jerman Dimulai?

Pertanyaan yang seringkali dilontarkan adalah “Musim dingin di Jerman bulan apa sih?”. 

Musim dingin di Jerman mulai dari bulan Desember, tepatnya untuk tahun 2020 ini adalah tanggal 21 Desember 2020 dan berlangsung selama 3 bulan.

Berapa Suhu Saat Musim Dingin

Suhu musim dingin di Jerman berkisar 2 derajat Celcius di awal, lama kelamaan suhu akan menjadi lebih dingin dan bahkan bisa mencapai minus 15 derajat atau bahkan lebih, tergantung kepada daerahnya. 

Jika kalian tinggal di daerah dataran tinggi, kemungkinan suhu akan lebih dingin dibandingkan dengan daerah yang lebih landai. Daerah Bayern atau Bavaria terletak di daerah tinggi, udara di sana biasanya lebih dingin dan kemungkinan turun salju lebih besar. 

Loh memang kalau musim dingin nggak berarti turun salju?

Iya, bisa saja tidak turun salju saat musim dingin. 

Salju akan muncul jika temperatur minimal 0 derajat, itupun tingkat es nya satu-dua tingkat di atas es serut emang-emang yang jualan jajanan depan SD. Untuk salju yang lebih padat perlu suhu jauh di bawah 0 derajat.

suhu musim dingin di jerman
harapan tahun baru

Kedua photo di atas diambil pada akhir Januari tahun 2019, saat suami saya berulang tahun. Saking tebalnya salju, saya yang tidak membuat kue, punya ide untuk menjadikan kue dari salju. Pamalesan pisan kalau kata orang Sunda mah.

Salju itu jatuh di atas meja taman yang berbentuk bundar, menutupi seluruh permukaan sampai sekitar 5 cm tingginya.

Seperti juga tradisi ulang tahun, saya menaruh lilin di tengah “kue” nya, dan lilin pun berhasil berdiri tegar karena suhu memang sangat dingin saat itu.

Pakaian Musim Dingin

Saya masih ingat sewaktu saya di Indonesia, saya mengenakan tema baju yang sama hampir di sepanjang tahun. Namun hal ini tidak bisa diterapkan di negara 4 musim karena perbedaan suhu yang signifikan antara musim satu dengan musim lainnya.

Itulah kenapa semua pakaian “sepanjang tahun” di Indonesia hanya bisa saya pakai saat cuaca hangat saja. Eits, jangan salah, saat musim panas atau summer, terkadang suhu bisa 10 derajat celcius … hihihi.

Jadi nggak guna banget boyong baju dari Indonesia, karena waktu pemakaiannya yang sebentar dan kebiasaan saya yang pakai itu itu lagi.

Di negara 4 musim, biasanya orang-orang menerapkan metode capsule wardrobe, yang disesuaikan dengan musim. Untuk yang menerapkan konsep minimalisme, atau yang sedang berproses, bisa banget menerapkan cara seperti ini. 

Balik lagi ke cerita musim dingin, jadi apa aja sih pakaian musim dingin di Jerman itu? Siapa tahu ada yang mau berlibur juga setelah pandemi COVID-19 mengucapkan selamat tinggal kepada kita.

pakaian musim dingin di jerman
Koleksi pribadi saat winter di Austria

Saking banyaknya pakaian yang dikenakan, bahkan orang Jerman sendiri sampai menamakannya dengan sebutan “Zwiebellook” atau “Bawang Look”. 

Tau kan kalau bawang itu berlapis -lapis? Di musim dingin juga sama kondisinya, kita harus memakai pakaian berlapis-lapis biar nggak kedinginan.

Nah apa aja sih yang dikenakan kalau mau pergi ke luar rumah.

Atasan Pakaian:

1. Kaos dalam.

2. Thermal shirt (bahannya memang dirancang agar lebih hangat).

3. Sweater atau pullover tebal. Disini pullover biasa disebut dengan nama Pulli. Lebih singkat aja gitu.

4. Vest tahan air dan tahan angin.

5. Mantel atau jaket tahan air dan tahan angin.

Sifat bahan tahan angin ini penting, karena angin membuat suhu menjadi berasa 5 derajat lebih dingin dari aslinya.

Bawahan Pakaian:

1. Stocking atau thermal stocking.

2. Penghangat kaki (warmer leg)

3. Celana atau rok.

Aksesoris:

1. Kupluk

2. Sarung tangan

3. Penutup telinga kalau emang dingin banget.

4. Kaos kaki tebal.

5. Sepatu boot atau sepatu yang lebih tebal.

6. Syal

Sekarang kebayang kan gimana repotnya kalau cuman mau beli keripik ke toko, tapi mesti dandan lama banget karena ya itu tadi.. Zwiebellook.

Di dalam rumah sendiri, tentunya nggak seheboh itu, tapi ya tetap lapis lapis juga. Jaket udah pasti dipakai dan kaos kaki.

Untuk jaket disesuaikan dengan kondisi tentunya, pemanas di ruangan yang lebih kecil akan lebih hangat dibandingkan di ruangan yang lebih luas atau bahkan ruangan dengan open space.

Liburan Musim Dingin

Bagaimana dengan liburan musim dingin di Jerman?

Untuk kondisi sebelum Corona, biasanya orang Jerman pergi berlibur ke tempat yang hangat atau sebaliknya, pergi berlibur ke tempat main ski. 

Tempat yang paling sering dikunjungi adalah Zugspitze di pegunungan Alpen. Saya harus mencari photo digitalnya, karena penyimpanan photo milik saya hilang di Bali tahun lalu. 

Kalau kalian penasaran, bisa melihat video di bawah yang diambil dari YouTube.

Liburan musim dingin di jerman
Berolahraga atau jalan-jalan di pinggiran danau ketika Winter. Lokasi: Bavaria

Kalau sedang tidak liburan, weekend dihabiskan untuk pergi berolahraga ke danau, seperti photo di atas. Lokasinya di daerah Bavaria, nama spesifik tempatnya saya lupa.

Jalan di pinggir danau ini lumayan jauh loh, rasanya danau yang di atas ini sepanjang 20 km sekali pergi. PP ya jadinya 40 km an lah. Lumayan yah. 

Namun walau jauh tapi worthed banget, di ujung sisi bagian lain dari danau biasanya ada Restaurant, yang bisa kita singgahi setelah lelah jalan kaki dan kemungkinan juga kehujanan.

Begitulah kalau musim dingin di Jerman, sering banget turun hujan.

Selain itu tradisi Weinachtsmarkt atau Christmas Market adalah tradisi negara Jerman yang selalu dikunjungi di hari Advent sebelum Natal. Sayang tahun ini tidak diadakan karena pandemi corona.

Kesimpulan

Bagaimana apakah kalian tertarik menghabiskan musim dingin di Jerman. Jangan lupa untuk berkabar, siapa tahu bisa bersua.

 

Stay safe … xoxo

42 Komentar

  • Ghina

    musim dingin bener2 musim yang cukup menguras keuangan buatku, teh. harus beli2 inner baju hangat, jaket tebal, sepatu yang lebih tebal dan yang palng kerasa itu tagihan heater haduuh bisa dua kali lipat dari biasanya. mayan euy..

    • renov

      iyaaa bener banget nih. Jendela dan pintu juga sudah harus yang rapat, supaya pemanas nggak kerja lebih keras dari normalnya untuk menghangatkan ruangan. Kapan rencana pulang lagi ke Belanda, neng? Kabar-kabari aja ya.

  • fanny_dcatqueen

    Winter akan selalu jadi musim favoritku untuk liburan . Sayang pas ke Jerman dulu aku kesananya November. Jd belum terlalu dingin apalagi salju :D. Yg ada ujaaan hahahaha.

    Aku udh plan kalo ke Jerman lagi, hrs pada saat winter ntr. Suami kangen ke Bonn tempat dia dulu tinggal 😀

    • renov

      Kabar-kabari ya non kalau mau mengunjungi Bonn. Bisa menginap di rumah kalau mau, lagipula jaraknya nggak terlalu jauh, nggak dari ujung ke ujung gitu. Bulan yang kemungkinan ada salju, akhir Januari – awal Maret. Kalau mau yang lebih pasti ada salju lagi, ke Jerman bagian Selatan atau ke tempat main ski. Tapi pasti suamimu lebih hapal kalau soal ini dibanding aku hehe.

      • Fanny_dcatqueen

        Pasti aku kabarin mba :D. Oh ga jauh dr Bonn yaaa.. belum tentu suami msh inget , lah dia tinggal di Jerman dulu pas SD sampe awal SMP hahahahah. Mba iparku yg msh sering bolak balik ke sana Krn dia kerja di perusahaan Jerman di Indo. Jd sebelum pandemi pasti rutin ada visit ke kantor pusat di Berlin.

    • Hani

      Wah, suami kak Fanny pernah tinggal di Bonn. Aku pun waktu kecil pernah tinggal di sana, ikut ayah tugas. Waktu itu masih ibukota, belum Berlin. Hihi…jangan tanya tahun kapan itu.
      Seru pengalaman kak Renov nih, musim dinginnya saljunya tebal. Seru juga yah, kalau engga pandemi, terus kita ada rizki dan meet up kita ke Jerman. Uhuuuy…

      • renov

        Wahhh Kak Hani ternyata ada pengalaman tinggal di Jerman juga. Ngerasain juga sekolah disini dong Kak.
        Asyikkk kalau kesini kabar-kabari yaa Kak, nginep di rumah aja.

  • Dodo Nugraha

    Haloo mbak, waah menarik sekali yaa tinggal di negara 4 musim walopun trrnyata agak susah yaak. Ketika aku ke Bromo, udah merasakan suhu udara yg begitu dingin. Sangat tidak nyaman. Gimana kalo di Eropa yaa yg bisa sampe minus lima belas derajat. Ahahaaha

    Kemudian, Hujan es batu, ku tidak pernah mengalamin. Tapi sempat tengok di tv, kalo itu terjadi di Jawa Barat. Bener nggak?

    • renov

      Kalu di Bandung, memang suka terjadi hujan es batu ini cuman entah sekarang ini. Saya malah baru tau sekarang kalau di Sumatera, belum pernah ngalamin.

      Hehe iya Kak Dodo, tapi prinsip orang di sini adalah “nggak ada yang namanya cuaca buruk, yang ada adalah kita yang salah dalam memilih pakaian” Jadi keidean buat masukin ini di artikelnya, kelupaan hehe.

  • Ichaa

    List di tahun ini adalah bisa main salju. Semoga ada rejeki untuk ke eropa! Amin.

    Bener2 bagus banget kan kak winter? Penasaran banget gimana rasanya kalau salju turun terus ditambah dengan lampu2 jalan. Hadeh, beneran kayak difilm2 yg di nonton deh😆

    • renov

      Aamiin Kak, semoga impian Kak Ichaa bisa terkabul yaa …

      Winter bagus pemandangannya sih kak, suhunya mah nggak hehehe.
      Iya yaa mirip mirip di film menjelang hari natal atau film romantis yang biasanya mengambil shooting pas winter.

      Makasih sudah mampir ya kak. Stay safe.

  • Ratna

    Makin gak yakin bisa tinggal di negeri 4 musim secara hawa Puncak Bogor aja udah bikinku memilih untuk gak mandi hihihi.
    Nevertheless, I’m curious to steel the beautiness of winter. It always looks good on picture. White everywhere. Hmm, kira-kira kesampaian gak ya?

    • renov

      Hehehe kalau di luar negeri, pasti pakai air hangat mbak, malah cenderung panas sih. Bahkan meskipun musim panas pun tetap mandi air hangat, cuman temperaturnya aja yang diturunin.
      Semoga bisa kesampaian yaa mbak .. Aamiin yaa robbal’alamin.

    • Jihan

      Jadi inget dulu pas ayah ke Beijing agak saltum. Udah tau sih kalau musim dingin tapi ga bakal nyangka kalau sedingin ituuuu.beliau ga bawa sepatu boots jadi kakinya tuh kedinginan pake sepatu biasa. Kayaknya kurang tebel aja alasnya hihi.
      Bayangin di Jerman 11 12 keknya yaa kalo winter suhunya. Atau lebih dingin pasti

  • Icha Marina Elliza

    Ng-envy boleh gak kak? Hahaha..
    Serius rasanya seru sekali liat salju. Tapi aku kadang merasa kok musim dingin begitu aku bisa idup gak ya.. soalnya aku kan amandelan kak.. udara dingin dikit aja bisa radang. Hihihi

    • renov

      capsule wardrobe itu pakaian yang penting aja dipakai di musim itu Mbak.
      Misal kalau musim dingin, berarti pakaian itu yang ada di lemari.
      Kalau ganti musim, menyesuaikan lagi pakaiannya gitu.

  • linda Puspita

    Asyik ya kak, bisa nikmati winter di Negeri orang. Save care and health kak. Btw, aku lihat di TV ada badai salju sampai kendaraan gak bisa lewat ya kak. Saljunya membeku di jalan jalan.

  • Aisyah Dian

    Kak aku tuh penasaran salju itu bersih nggak sih? Kalau misal di taruh di gelas trus dikasih sirup marjan beneran aman kah? Wkwkwk pernah lihat vlogger korea gitu soalnya hihihi

    Winter coatnya kece banget sih

    • renov

      hehehe gak pernah cobainnnn mbak tapi sama prinsipnya kaya air tadahan hujan mungkin ya. Jadi nggak bersih sih.
      Agak serem mau nyobain jaman begini mah.

      Hehe makasih mbak.

  • BayuFitri

    Eh ada hujan es batu juga ya di Jerman.. Btw mbak aku penasaran kalau tinggal di negara 4 musim kalo masuk angin masih suka kerokan ga? maap serius nanya ini penasaran aku ..dan foto2 nya bagus ya.. salut aku sama pemandangan negara 4 musim

    • renov

      hehehe .. aku udah nggak pernah dikerok Mbak, karena suami gak mau ngerokin. Serem katanya kaya liat dicambuk.
      Kalau udah gak kuat banget, paling minum paracetamol nih andalannya.

  • Nurhilmiyah

    Hwaa.. Germany… dulu pas dosen nginfoin soal lanjut studi ke Jerman semangat bangett tp demi nurutin ortu yawda deh mengubur impian sekolah ke University of Munich. Moga anak2 aja deh ntar ada yg bisa ke Jerman… nice share Mbak Ren.. Pakaian di dalam rumah juga teteupp.. berlapis-lapis ya Mbak Ren.. tfs ^^

  • Justin Larissa

    Hai Mba Renov, baru ini banget saya tau ada orang bikin kue dari salju terus dikasih lilin. Gemes banget idenya! Kirain itu lilin ditaruh di jalan wkwk. Btw kalau ditanya mau apa gak winter di Jerman, mau banget dong! Saya suka winter! Waktu itu ke Jerman pas summer, jadi terang benderang kaosan doang. Semoga bisa balik lagi ke sana, pas winter biar bisa cicip bikin kue salju (literaly) dan main ke markt-nya. Di sana kalau winter, danaunya gak berubah jadi es kah Mba?

    • renov

      Hallo Justin Larisa, makasih sudah mampir ke blog saya 🙂
      Hehehe ide lilin itu karena saya malas bikin kue ulang tahun.

      Wahh beneran mau cicip salju?

      Disini danau berubah jadi es kalau suhu minus. Winter tahun ini lumayan dingin banget, sempat sampai minus 10. Mulai minggu kemarin tapi malah drastis langsung hangat, berasa spring bahkan summer karena suhu sempat 17 derajat wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!