Hidup di Jerman

Menengok Musim Gugur di Jerman

Menengok Musim Gugur di JermanMusim gugur bisa dibilang adalah musim yang cantik, dengan warna warna keemasan seperti warna emas, warna orange dan warna merah. Warna keemasan daun-daun yang berubah warna dan jatuh berguguran dari atas pohon, ke atas permukaan tanah.

Itulah mengapa kita menyebutnya dalam bahasa Jerman dengan “Der goldene Herbst”, atau “golden autumn” dalam bahasa Inggris.

Jika musim panas adalah waktu dimana kita aktif beraktivitas, diiringi dengan matahari yang muncul lebih lama, bergeser setiap harinya sampai sekitar pukul 22:00. Dengan alasan yang sama, kita pun banyak menghabiskan waktu di luar rumah, menikmati matahari. Kebiasaan yang cukup kontras berbeda dengan suasana ketika musim dingin.

 

Ketika musim gugur kebanyakan orang tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah, kecuali untuk berolahraga atau keperluan lainnya. Sebagian yang memiliki kebun di rumahnya, mulai bersih-bersih, karena kecil kemungkinan dilakukan di winter/musim dingin.

 

Tapi hey, untuk apa kita memikirkan musim panas yang sudah berlalu, dan musim dingin yang baru akan datang tiga bulan lagi. Kita sekarang punya musim gugur, musim yang punya daya magis tersendiri dan hari ini tanggal 22 September adalah hari pertama musim gugur. 

 
 

Arti Musim Gugur Buat Saya

Saya jatuh cinta dengan musim gugur pertama kali ketika melihat video musik Savage Garden berjudul “Truly Madly Deeply”.

 

Bukan saja karena pengaruh Darren Hayes, si vokalis band itu, yang saya kesengsem berat (dulu), tetapi juga karena setting video musik saat musim gugur. Musim gugur dan kota Paris, menciptakan suasana yang magis romantis.

 

Kasih tau saya dong, apa saya saja yang menganggap musim gugur disini indah jika melihat video klip Truly Madly Deeply di atas? hihihi

Musim gugur buat saya seperti video klip tadi yang magis romantis.

Menengok Musim Gugur di Jerman

Selain indahnya melihat daun yang berjatuhan, cuaca juga mulai mengalami perubahan. Di hari-hari mendatang, hujan akan rutin datang. Temperatur mulai turun, kita mengucapkan selamat tinggal kepada jaket tipis, dan mengucapkan selamat datang kepada mantel. 

 

Musim Gugur di Jerman

Dengan cuaca seperti ini, biasanya kondisi badan akan ikut merasa lelah. Ini tidak berlaku buat anak-anak. Mereka senang karena musim gugur juga berarti adalah main layangan… yeayyy…

 

Anak-anak juga menantikan saat Halloween tiba. Tradisi ini sebenarnya berasal dari Negara Irlandia, tapi kini sudah mulai dilakukan di Jerman. Tidak semua tentunya merayakan ini. Ketika saya tinggal di München, salah seorang teman saya pernah mengajak untuk ikut tour anak-anak di malam hari, di bawah gemintang cahaya bintang.

 

Namun terkadang ketika musim gugur, terutama di awal musim gugur, tepatnya di penghujung bulan September ada hari dengan cuaca hangat, mengingatkan kita kepada musim panas. Hari hangat di musim gugur di Jerman itu dinamakan Altweibsommer (dibaca Altwaibsommer).

 

Saat  Altweibsommer , biasanya orang-orang akan banyak kita lihat menghabiskan waktu di luar, tidak hanya jalan-jalan di hutan melainkan juga mengunjungi festival seperti Erntedankfeste atau Weinfeste (dibaca Wainfeste).

 

Erntedankfeste yang di dalam bahasa Inggris adalah harvest festival atau biasa disebut dengan Thanksgiving di Amerika. Perayaan ini adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas panen tahun itu yang dihasilkan oleh bumi dan bentuk rasa terima kasih kepada para petani.

 

Tradisi ini sendiri sudah berlangsung sekitar 5000 tahun. Ini adalah salah satu perayaan tertua di Jerman dimulai dari zaman Romawi dan Yunani, yang menganut banyak Tuhan. Kini perayaan Erntedankfeste diselenggarakan di gereja. Saat perayaan ini, warga akan memakai Tracht atau pakaian tradisional Jerman.

Gambaran festival ini sendiri dapat kalian lihat di video pendek yang saya ambil dari Youtube di bawah ini.

 

Selain itu, saat musim gugur di Jerman, masyarakat bersuka ria ketika memasuki hari Advent, 24 hari sebelum Natal. Biasanya setiap kota akan mengadakan Weihnachtsmarkt (dibaca wainachtsmarkt) atau pasar natal di dalam Bahasa. Tahun ini sehubungan dengan pandemi Corona, perayaan-perayaan di musim gugur ini batal diadakan. 

Di balik kemajuan negara Jerman, mereka juga tetap memegang tradisi. Tradisi adalah bagian dari budaya, sementara budaya adalah identitas suatu bangsa.

 

Di daerah kalian sendiri, kira-kira adakah perayaan atas rasa syukur untuk panen? 

 

Stay safe … xoxo

9 Komentar

  • Eka fl

    kostum ibu-ibunya ngeingetin saya sama fim heidi dan sapinya yang lucu dikasih bunga malah ngingetin saya sama film midsommar, hihihihi.
    selain musim gugur, kalo musim panas juga ada festivalnya? ini teh di desa ya? kalo dikota dirayain juga gak?

    • renov

      Hihihi iya baju tradisional itu,
      wajar ngingetin ke Heidi soalnya Heidi kan cerita dari Jerman, desa di Frankfurt tepatnya.

      Waduh Midsommar mah ceyemmm ituh …

      Musim panas banyak festival musik sih, segala macam ada pokoknya. Semacam woodstock Jerman oge banyak.
      Perayaan itu ngga hanya di desa , di kota juga dirayakan. Ada bazaar produk pertanian juga.

  • Devina Genesia

    Seru banget kaaakk.. Aku mau juga dateng ke negara pas musim gugur. Sebetulnya tahun lalu punya kesempatan untuk ngerasain musim gugur di Korea. Ternyata aku datengnya terlalu cepat, jadi daun-daunnya masih ada yang hijau. Cuma udara uda mulai agak dingin dan turun hujan…

    Semoga musim gugur tahun ini menyenangkan juga buat kakak, meskipun lagi pandemi seperti ini. Jaga kesehatan yaa kaak!

    • renov

      Wah sayang banget ya kalau terlalu awal, jadi atmosfer yang dicarinya juga kurang dapet pas diphoto (Mikirnya saya mah photo mulu .. duh). Kalau dingin mah kan gak keliatan di photonya gitu.

      Travelling di cuaca dingin itu menyenangkan, pengalaman berbeda cuma lumayan challenging, challenging bawa pakaian banyak hehe.

      Kapan-kapan kalau main ke Jerman, kasih kasih kabar yaa.

      Jaga kesehatan juga yaa.

  • Aqmarina

    Ah.. gugur memang musim terfavorit yang udaranya sejuk dan ngga begitu panas 🙂
    Sayang banget ya gara-gara corona jadi ada festival di sana banyak di batalkan…

    Kayanya seru ya bisa merasakan musim gugur di Jerman.. semoga saja kapan-kapan bisa menikmati musim gugur di negara Eropa.

    Terima kasih Mba Renov sudah membawaku virtually menikmati musim gugur di Jerman.

  • Fanny_dcatqueen

    Mbaa kayaknya kita seumuran deh kalo sukanya lagu savage garden yg di atas hahahahahah. Duuuuh nih laguuuu ingetin aku Ama zaman2 kuliah :D.

    Dan Krn lagu itu juga, aku ngerasain musim gugur pertamakali di Berlin :D. Waktu itu nov, daun2nya msh banyak gugur dimana2, trus aku sengaja cari foto spot yg banyak daun gugurnya hahahhaah. Tapi aku sebelnya kalo autumn, hujannya juga jd sering yaaa? Pas ke Berlin itu disambi hujan muluuuu , jadi dinginnya LBH gigit :p.

    Tapi btw, season fav ku ttp winter sih. Ga akan bisa berpaling ke musim lain pokoknya hahahah.

    Kalo perayaan rasa syukur gini, di indo sih pasti banyak. Apalagi tiap daerah biasanya ada. Walo jujur aja aku ga inget :D. Yg baru2 ini aku baca ttg Seren tahun kasepuhan Banten di sukabumi. Itu juga upacara tradisi bersyukur Krn panen yg bagus. Menarik juga tuh. Ntr deh, aku mau cari tau apa dari kampungku di Sibolga sana ada perayaan begini ato ga.

    • renov

      wahhhhh benerrr kayaknya kita seumuran hihihi.
      November udah dingin banget dong ya …
      Di Jerman kebanyakan hari memang abu-abu sih, telebih lagi waktu musim gugur. Bisa seharian.

      hihihi winter girl forever ya.

      Nuhun infonya soal seren tahun, aku baru denger itu.
      Tampaknya saya kalau pulang sekarang ke Inodnesia, mesti membuka mata dan telinga ketika berkunjung ke satu daerah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!