Hidup di Jerman

5 Tempat Wisata di Jerman yang Wajib Kamu Kunjungi

tempat wisata di Jerman

5 Tempat Wisata di Jerman. Sebagai WNI yang menetap di negara Jerman, rasanya kurang afdol kalau enggak menuliskan tempat wisatanya disini.

Tentunya terdapat perbedaan besar antara Eropa dengan Asia Tenggara terutama dilihat dari arsitektur bangunannya, yang terkait dengan sejarah dan kebudayaan.

Kita akan melihat banyak kastil di Eropa, sementara di Asia Tenggara lebih banyak temple / candi.

Bangunan di Eropa mengadopsi gaya Renaissance, Neoclassical, Gothic, Idiosycncratic, Revivalist sampai ke Modern. Gaya arsitektur ini kemudian diadopsi di Asia Tenggara terkait sejarah kolonialisme di negara tersebut.

Nah penasaran tempat wisata di Jerman apa saja yang wajib kamu kunjungi kalau berkunjung ke sini? Yuk kita lanjutkan pengalaman virtual kita.

5 Tempat Wisata di Jerman

Setiap daerah di Jerman memiliki banyak warisan budaya. Alasannya adalah karena pada abad ke-18 sebelum bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur terwujud, selama 100 tahun masyarakat hidup merdeka dan berkembang.

Saat ini juga setiap pengembangan daerah di Jerman yang paling menjadi prioritas utama adalah pelestarian warisan budaya. Oleh karena itu kota-kota di Jerman tetap mempertahankan bentuk masa lalu di samping bangunan masa kini.

 

walt disney pictures logo
walt disney pictures logo. Sumber: disney.fandom.com

Apakah kalian tahu logo Walt Disney? Logonya itu ada di gambar di atas. 

Apakah kalian juga tahu kalau ilustrasi istana terinspirasi dari sebuah kastil di Jerman?

Yup, kastil ini terletak di Bavaria, Jerman bagian Selatan. Kastil ini juga merupakan pembuka jalan-jalan kita kali ini

kastil Neuschwanstein
Kastil Neuschwanstein. Sumber: Wikipedia

1. Kastil Neuschwanstein

Di musim panas bulan Agustus tahun 2015 saat saya dan Akang tinggal di kota München, kami kedatangan Amri.

Amri adalah sahabat dari Indonesia yang sedang dikirim menjalani training selama 3 bulan dari perusahaannya, Siemens.

Hari itu Amri yang menjalani training di kota Erlangen, Nürnberg datang ke Deissenhofen, München menemui kami. Ini adalah kali kedua kami bertemu, setelah sebelumnya kami menghabiskan hari cerah saat summer itu dengan berjalan-jalan mengeliling München.

Kali ini kami berencana jalan-jalan ke Kastil Neuschwanstein, kemudian mengunjungi Zug Spitze dan ke Praha. Kebetulan teman kerja Akang dari Portugal juga ingin ikut, jadi kami pergi berlima saat itu.

Untuk sampai ke kastil yang ada di atas bukit, kami harus berjalan lumayan jauh. Sayang sekali di hari itu, antrian begitu panjang sehingga kami tidak masuk ke dalam istana. 

Kami mencoba mengambil photo seperti yang ada di wikipedia, sayang langit saat itu gelap sehingga tidak dapat mengambil photo yang bagus.

Gereja Katedral Cologne
Gereja Katedral Cologne

2. Gereja Katedral Saint Peter dan Maria

Tempat wisata di Jerman yang kedua di dalam list adalah sebuah gereja. Gereja Katolik ini terletak di kota Köln / Cologne. Nama latin Cologne adalah Kollonia yang berarti koloni, jajahan. Dulu Jerman pernah menjadi jajahan Romawi.

Bangunan dengan arsitektur Gotik terbesar di Jerman ini memiliki tinggi 157m. Dibangun pada tahun 1248 dan membutuhkan waktu 600 tahun untuk membangunnya.

Keseluruhan kota Cologne dapat terlihat hanya dengan satu mata dari atas observatorium di atas menara yang terletak di atas Gereja Katedral Cologne.

Pada tahun 1996 diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya dunia. Nama formalnya adalah Gereja Katedral Saint Peter dan Maria.

Saya pernah mengunjunginya di tahun 2013, sayang tidak banyak photo tersisa karena file hilang. Beberapa yang bagus kami print di photo book tahunan.

3. Dresden Zwinger

Dresden Zwinger adalah komplek istana dengan arsitektur Barok.

Dresden merupakan pusat kota pada masa kerajaan Saxony sebelum Jerman bersatu. Pada abad ke-18 dibangun berbagai fasilitas budaya serta dinobatkan sebagai kota seni dan budaya yang terkenal dengan nama Firenze Jerman.

Kerajaan Zwinger didirikan pada tahun 1773 oleh Raja August I, raja kerajaan Saxony. Saat ini terdapat lima galeri seni dan museum, di antaranya yang paling terkenal adalah Galeri Seni Dresden.

Di dalam Galeri Seni Dresden dipamerkan karya-karya yang mendunia seperti “Ratu dari Sistin” karya Rafaelo dan “Perempuan Tahiti” karya Gauguin. 

Tetapi pada tahun 1937, karya-karya yang terdapat di galeri seni dieliminasi oleh Nazi dengan alasan kemunduran. 

Terlebih lagi, sekitar 200 karya mengalami kerusakan dan hilang selama perang, dan pada tahun 1945 tentara Soviet mencuri banyak karya.

Untungnya pada tahun 1955 sekitar 1240 karya lukisan dikembalikan. Beberapa tahun kemudian keseluruhan bangunan diperbaiki dan menjadi galeri seni yang mendunia.

istana sansoucci
Sansoucci Palace / University of Postdam. Koleksi Pribadi

4. Istana Sanssouci

Istana Sanssouci terletak di wilayah Brandenburg, Berlin dan juga sekarang menjadi Universitas Postdam. 

Saya mengunjunginya saat musim gugur tahun 2016 bersama Galya, seorang teman di sekolah bahasa saat di München. Kami cukup dekat, sehingga dia tidak segan mengunjungi dan menginap sewaktu saya di Berlin. Kebetulan Akang waktu itu bekerja di Preston, Manchester.

Untuk ke sana, kami harus naik kereta kira-kira sekitar 1 jam. Cuaca saat itu lumayan dingin karena memang sudah memasuki musim dingin. Hujan juga sempat turun, belum lagi angin yang lumayan bertiup.

Jika kita ke Postdam, tidak hanya Istana Sansoucci yang bisa kita kunjungi tetapi banyak banget tempat lainnya

Mungkin saya akan menuliskan kisah lengkapnya di postingan berikutnya tentang istana Sanssouci. Banyak photo yang hilang karena casing yang berfungsi sekaligus hard disk hilang saat liburan terakhir di Bali tahun 2021 lalu, termasuk photo di Sansoucci.

kastil heidelberg
Sisi Dalam Kastil Heidelberg. Koleksi Pribadi.

5. Kastil Heidelberg

Di bulan Agustus tahun 2014, saya dan Akang mengunjungi tempat wisata di Jerman yang terakhir dalam list yaitu Kastil Heidelberg.

Heidelberg terletak di dekat kota Frankfurt dan terkenal sebagai kota universitas, tetapi sebenarnya dari total 13 juta penduduk yang merupakan mahasiswa hanya sebanyak 27 ribu jiwa. 

Universitas Heidelberg sedikit lebih muda daripada Universitas Prague dan Universitas Vienna. Jurusan yang paling terkenal di sini adalah Kedokteran.

Untuk sampai ke kastil Heidelberg, kita menyusuri Jalan Filsuf.

Jalan Filsuf adalah merupakan area jalan kaki yang terkenal di Heidelberg. Tempat yang ditemukan oleh para filsuf yang sedang berkumpul di tengah-tengah Universitas Heidelberg. Hegel, Jaspers, Goethe dan cendekiawan lainnya senang berjalan di jalan itu sambil merenung.

Kerajaan Heidelberg pertama kali dibangun pada abad ke-13. Sejak saat itu terus menerus diperluas sehingga memiliki gaya arsitektur percampuran Gotik, Barok dan Renaissance.

Di ruang bawah tanah kastil Heidelberg terdapat gudang wine yang sangat besar. Siapa saja yang mau boleh meminumnya.

Bagaimana Menurutmu?

Jika kalian punya kesempatan mengunjungi Jerman, apakah kalian juga akan mengunjungi 5 tempat wisata di Jerman di atas?

Jika Eropa yang kebanyakan tempat wisatanya adalah istana. Apakah kalian juga mempunyai tempat wisata favorit di Indonesia?  Suka pantai atau gunung? 

Tempat wisata yang pengen saya kunjungi ketika pandemi berakhir salah satunya adalah Pantai Kemala di Balikpapan. Mungkin juga bisa sekalian mengunjungi Kak Aisyah, teman Blogger yang tinggal di sana.

Apa rencana wisata kalian sesudah pandemi? Share di kolom komentar ya.

 

Stay safe … xoxo

21 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!