Jurnal

Liburan ke Afrika Selatan yang Luar Biasa Indah

LIBURAN KE afrika selatan

Liburan ke Afrika Selatan. Yang paling dirindukan dari kehidupan tanpa Covid-19 adalah pergi liburan. 

Malah sempat terpikir buat travelling sendirian kalau memang si Akang nggak mau atau sekedar mengambil “me time” setelah intensitas ketemu selama pandemi ini intensif.

Gimana nggak intensif, kan serumah hehehe.

Negara dan tempat wisata yang mau dikunjungi udah banyak banget listnya. Dari mulai Hongkong di Asia, yang bisa dikunjungi dalam waktu singkat sampai tempat wisata yang maunya sih bisa satu bulan atau bahkan lebih.

Salah satunya adalah Cape Town Afrika Selatan. Saya jatuh cinta pada negara ini semenjak FIFA Piala Dunia 2010. Saya jadi teringat teman saya, Jason. Dia lahir dan dibesarkan di kota ini. Orang tuanya mempunyai bisnis restoran Seafood di dekat pelabuhan. Sementara Jason sendiri lebih menyukai teknik dan sempat lama bekerja di Singapura. Sempat juga dia bercerita bagaimana indahnya kota ini. 

Keindahan Cape Town Afrika Selatan juga kerap saya dengar dari Trevor Noah, seorang komedian dan pembawa acara sebuah program di TV Amerika. 

Hati saya makin mantap ketika membaca cerita yang ditulis oleh Meninao, salah seorang kontributor di buku “Born to Travel”.

Meninao yang bekerja di Restoran dalam kapal pesiar menyempatkan diri mengambil free lunch untuk sekadar jalan-jalan melihat keindahan Cape Town.

Memang apa sih yang membuat Afrika Selatan ini menarik?

Ikuti terus yuks ceritanya

Liburan ke Afrika Selatan

Masih ingat lagu “Waka Waka” dari Shakira? Lagu itu adalah lagu piala dunia 2010 yang bertempat di Afrika Selatan. ( Lagu bisa kalian putar di atas).

Afrika Selatan selain pernah menjadi tuan rumah FIFA Piala Dunia 2010 juga merupakan negara yang mempunyai situs warisan dunia Unesco. 

Enggak tanggung kurang lebih ada 10 situs warisan dunia yang bisa kita kunjungi buat para turis yang suka dengan kebudayaan dan juga alam tentunya. 

Saya sendiri termasuk yang lebih suka dengan keindahan alam dan budaya dibanding dengan yang futuristik fantastis. Di balik indahnya kebudayaan dan alam yang kita temui, biasanya tersimpan banyak cerita.

 

Warisan Dunia Unesco

Dari kesepuluh situs warisan dunia UNESCO di Afrika Selatan, ada yang termasuk warisan budaya dan juga warisan alam.

Situs warisan budaya:

1. Robben Island (1999)

2. Situs fosil Hominid (1999)

3. Lanskap Budaya Mapungubwe (2003)

4. Budidaya dan Tanaman Lanskap Richtersfeld (2007)

5. Lanskap Budaya Komani (2017)

 

Warisan alam:

1. iSimangaliso-Wetland Park (1999)

2. Cape Floral Sanctuaries (2004)

3. Kawah Vredefort (2005)

4. Pegunungan Barberton Makhonjwa (2018)

Kali ini saya hanya akan membahas dua tempat dari list di atas yang dibahas di buku Born to Travel, diantaranya Robben Island dan Table Mountain, yang merupakan bagian dari Cape Floral Sanctuaries.

Penulis memang tidak banyak mengunjungi tempat karena memanfaatkan jam istirahatnya untuk melancong ke luar kapal.

 

Robben Island

 Robben Island adalah pulau seluas kira-kira 5 km sebelum pantai Cape Town Afrika Selatan. Pulau ini merupakan saksi bisu kemenangan Nelson Mandela di akhir abad ke-20 untuk memperjuangkan hak-hak kehidupan masyarakat kulit hitam di Afrika Selatan. 

Sebelum itu, di abad ke-17 sampai abad ke-20, Robben Island dipergunakan untuk berbagai macam aktivitas seperti penjara dengan pengamanan tinggi untuk tawanan politik, rumah sakit dan landasan militer. 

Nelson Mandela pernah dipenjara disini selama kurang lebih 18 tahun. Jika kita mengunjungi Robben Island, kita bisa menengok sel penjara beliau dulu.

Taman Nasional Table Mountain

Table Mountain merupakan satu dari delapan bagian dari  Cape Floral Sanctuaries yang luas sekali. Di sana terdapat begitu banyak biodiversitas, kira-kira sekitar 20.000 dan 20% diantaranya adalah endemik, yang artinya tidak kita temui di negara lain.

Tips Liburan ke Afrika Selatan versi Buku Born to Travel

Ada lima top things to do yang bisa kita lakukan untuk menikmati Cape Town, Afrika Selatan.

1. Menyewa kendaraan pribadi atau berkeliling dengan hop on hop off bus.

2. Mengunjungi kebun anggur dan merasakan kenikmatan wine dari Afrika sambil mendengarkan senandung musik jazz khas Afrika Selatan.

3. Bertualang menjelajah Table Mountain, salah satu keajaiban dunia.

4. Belajar sejarah tentang runtuhnya apartheid di Robben Island, Afrika Selatan.

5. “Menyapa” hiu putih dalam petualangan Great White Shark Cage Diving.

Mari Kita Liburan

Jadi gimana nih? Sesudah COVID-19 kita pergi ke Cape Town Afrika Selatan?

Jangan lupa sebaiknya gunakan juga guide lokal kalau di sana, yang lebih mengenal daerah. Tentunya dapat menghemat waktu lebih banyak.

Kalau kalian sudah kepengen banget liburan, bisa juga dengan staycation di hotel di kota kalian. Buat yang ingin lebih safety, bisa baca tips staycation saat pandemi dari teman blogger saya, Kak Icha.

Stay safe … xoxo

#readingchallengeodop

16 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!