Tips,  Career Skills

10 Cara Bekerja Online serta Keuntungannya yang Menarik

cara bekerja online dari rumah

Cara Bekerja Online. Di jaman pandemi seperti sekarang, buat sebagian diantara kita harus berhemat mengencangkan ikat pinggang dan mengatur keuangan.

Untungnya kita hidup di jaman internet yang membuka peluang tidak terbatas untuk apapun. Siapa yang memiliki sedikit waktu untuk disisihkan, bisa menemukan banyak cara bekerja online menghasilkan uang.

Bahkan kebanyakan cara di bawah ini dapat membantu kita menghasilkan penghasilan online tanpa modal. Sehingga kita mampu memberikan pendapatan tambahan di kas keuangan keluarga.

Namun tentu saja, semuanya itu membutuhkan kesabaran, dan sedikit kehati-hatian karena ada juga cara-cara yang tidak halal.

Hati-Hati dengan Ciri-Ciri Perusahaan Penipu

Kalau kita perhatikan sekarang ini, banyak sekali iklan di internet menawarkan pekerjaan online mudah dengan penghasilan sekian juta per bulan dalam kurun waktu sebentar.

Sounds too good to be true, right? Kedengerannya muluk-muluk kan?

Berhati-hati lah jika menemukan iklan pekerjaan online dengan ciri-ciri perusahaan penipu seperti ini,

1. Mengharuskan kita membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

2. Banyak janji yang ditawarkan tapi tidak ada penjelasan detail apa yang harus dilakukan.

3. Hanya merujuk pada satu website dengan sedikit penjelasan.

4. Website tidak mencantumkan Impressum atau Legal disclosure, kepemilikan atas perusahaan berbadan hukum. Tidak ada keterangan dan alamat perusahaan.

5. Pemasang iklan hanya dapat dihubungi lewat telepon seluler.

6. Banyak review buruk tentang perusahaan ini atau sebaliknya, review yang terlalu bagus.

 

Apapun yang ingin kita peroleh pasti sebanding dengan usaha, waktu dan effort yang kita lakukan. Jika kita tekun dan mempunyai grit, seiring berjalannya waktu apa yang kita usahakan pasti menunjukan hasil. Begitu pula dengan usaha online yang kita lakukan.

 

Keuntungan Bekerja Online Dari Rumah

Ada banyak alasan mengapa orang memilih bekerja online dari rumah. Tentu yang mendasari adalah banyaknya peluang yang diberikan internet dan setiap orang pasti menemukan mana yang paling cocok dengan kebutuhan mereka.

Setahun terakhir ini bahkan pencarian menghasilkan uang online menjadi sangat populer. Dikarenakan di masa pandemi corona, banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, mengurangi kontak dengan orang lain.

Beberapa poin di bawah ini merupakan keuntungan bekerja online,

1. Mengatur sendiri beban pekerjaan.

2. Dapat mengkombinasikan beberapa cara memperoleh penghasilan online.

3. Fleksibel secara waktu dan tempat.

10 Cara Bekerja Online

Di bawah ini ada 10 cara memperoleh penghasilan online tanpa modal yang dapat dicoba dan tentunya aman.

BLOGGING

1. Membuat Blog

Kini blog bukan saja menjadi tempat mencurahkan isi hati dan kepala secara online, namun juga kita juga bisa menghasilkan uang online. Tentunya ada waktu dan kerja keras yang dibutuhkan di awal untuk membangun blog sehingga bisa menghasilkan.

Berbagai keuntungan menjadi blogger, antara lain:

– Mengikuti perlombaan blog.

– Paid post. Bekerja sama dengan produk ataupun agency.

– Program afiliasi. Kita bisa mencarinya dari market place besar yang mempunyai program. Syarat dan ketentuan tergantung market place.

– AdSense atau iklan kerjasama.

Jika ingin mengandalkan AdSense, kita harus bisa membawa traffic setidaknya minimal 1000 pengunjung per hari. Sementara untuk paid post, biasanya agency menetapkan syarat seperti minimal pengunjung, DA dan PA.

Untuk meningkatkan kemampuan menjadi blogger, kita bisa mengikuti pelatihan yang diberikan komunitas menulis blogger seperti komunitas ODOP misalnya.

 

1.a. Redirect link blog

Jika kalian adalah tipe orang yang senang membagikan link artikel ke sosial media dan banyak mendapatkan visitor dari sana. Bisa mencoba peluang yang ditawarkan oleh website seperti ad.fly.

Di dalam website ini, akan merubah linkmu menjadi redirect situs lain yang menampilkan ads baru kemudian ke link artikelmu.

 

1.b. Sponsored Content

Buat kalian yang sudah rutin mengisi blog dengan artikel, bisa juga mendaftarkan blog kalian ke website seperti vira.id, dan sosiago. 

Disana kalian bisa mendaftarkan diri sebagai influencer dengan mengisi data dan mendaftarkan website kalian. 

Jika blog sudah disetujui, kalian bisa mendaftarkan untuk penawaran yang sedang berlangsung. Waktu pengerjaan berkisar 2 hari dari setelah disetujui.

Berapa yang bisa kita peroleh untuk satu artikel? 

Sebagai contoh, sponsored article di vira ID kira-kira senilai Rp 105 ribu. Kalian bisa coba mengerjakannya sesuai dengan kemampuan kalian, atau bisa juga memilih produk yang sesuai dengan niche kalian.

2. Mengisi Survey Online

Tergantung dimana kita tinggal, namun di beberapa negara ada layanan survey online yang dapat kita isi. 

Saya pernah mengisi beberapa survey online di website Jerman. Nominal yang saya peroleh diakumulasikan di PayPal dan hanya bisa diambil atau ditransfer ke akun kita, jika sudah mencapai nominal tertentu. 

Beberapa website mengisi survey online bisa kalian temukan referensinya di dalam artikel “50 Best International Paid Survey for 2021

Atau kamu bisa coba website seperti instagc.com, earnably.com. 

Disini terdapat beberapa pilihan selain mengisi survey. Seperti menonton video Youtube yang terdiri dari beberapa kategori (musik, masak, dll). Dalam website ini kamu hanya memerlukan akun PayPal.

Setiap tugas yang diberikan akan mendapatkan poin. Insentif yang kamu terima, nantinya bisa diakumulasikan dan dicairkan melalui PayPal.

 

3. Menjadi Penterjemah Online

Beberapa perusahaan membuka lowongan pekerjaan menjadi penterjemah bahasa asing ke dalam bahasa ibu. Kebanyakan pekerjaan mencakup beberapa bahasa asing dengan mayoritas pengguna.

Materi yang diterjemahkan bisa dalam bentuk text, ataupun suara. Bentuk kerjasama yang ditawarkan bisa tergantung ke dalam tugas yang diberikan.

4. Menjadi Copywriter

Jika literasi menjadi kelebihanmu, selain menjadi blogger, bisa juga menjadi copywriter. 

Sekarang ini ada banyak agency dari dalam negeri maupun luar negeri yang merekrut freelancer copywriter. Tarif yang mereka berikan biasanya tergantung jumlah kata yang kita tulis.

Untuk panduan menulis dengan teknik copywriter, kalian bisa melihat artikel yang ditulis Kak Ipeh.

5. Memperoleh penghasil online dari Youtube

Tidak sedikit Youtuber yang memperoleh kekayaannya dari video yang mereka buat dan upload ke Youtube.

Kecil kemungkinan kita mendapatkan jutaan views untuk satu video, tapi jika kita sudah mempunyai niche sendiri dan target audience, seiring berjalannya waktu pasti akan mendapatkan pengunjung organik.

Konsisten dalam membuat video, sajikan dalam bentuk dan format yang menarik, dan mempunyai jadwal reguler untuk upload video terbaru. Selain itu juga update meningkatkan pengetahuan terkait youtube seperti algoritma, dan lain-lain.

detox sosial media

6. Membangun kanal Instagram

Menjadi influencer adalah alternatif karir yang bisa seseorang jalani. 

Dengan menjadi influencer, kalian bisa bekerja online darimana saja. Bahkan pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan idaman bagi anak muda jaman now.

Dari photo maupun video yang kita upload, kita mempunyai kemungkinan untuk menambah followers, dan memperoleh penghasilan online. 

Tidak perlu menunggu followers sampai jutaan, bahkan akun dengan followers di atas 1000 pun bisa mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan perusahaan. Jika pemilik akun mempunyai blog, bisa mendapatkan nilai tambah karena terkadang ada permintaan berasal dari tulisan blog baru ke media sosial.

 

7. Menjadi Tester untuk Computer Game

Buat yang menyukai game di komputer atau di app, para game developer biasanya mencari gamer yang mempunyai kesempatan untuk mengetes sebelum peluncuran.

Test yang dilakukan adalah untuk mengetahui error atau bugs yang muncul, pengalaman dalam bermain seperti kemudahan dalam mengoperasikan, dan lain-lain.

Para tester yang mencoba game, harus meneliti dan mendokumentasikan kesalahan dan pengalaman yang mereka alami agar bisa menghasilkan uang di internet. 

 

8. Afiliasi Marketing

Afiliasi marketing atau afiliasi pemasaran adalah bekerja sama dengan market place, dengan memberikan link dan/atau kode atas rekomendasi produk yang kita berikan.

Kita bisa mengoptimalkan blog atau website atau kanal Youtube atau kanal media sosial untuk merekomendasikan produk yang sudah kita coba atau kita temukan bagus.

Ketika seseorang membeli produk melalui link dan/atau kode yang kita berikan, kita akan mendapatkan provisi.

Beberapa market place seperti tokopedia, shopee, dan lainnya  menawarkan juga afiliasi semacam ini. Atau jika kalian ingin membidik market luar negeri, bisa juga program afiliasi amazon yang banyak digemari.

9. Berjualan online

Salah satu cara bekerja online dan mendapatkan penghasilan online tanpa modal adalah dengan berjualan dan memanfaatkan media sosial dan juga berbagai market place seperti misalnya Lazada, Tokopedia, Shopee.

Untuk berjualan tanpa modal, kalian bisa menjadi dropshipper. Atau jika kalian mempunyai bakat, bisa mengembangkan kreativitas lewat jasa seperti misalnya jasa ilustrasi atau lukisan atau bahkan produk DIY yang unik.

10. Menjadi Freelancer Online

Jika kalian merasa lebih nyaman bekerja online dari rumah, terlebih mempunyai kemampuan berbahasa asing seperti misalnya bahasa Inggris, kalian bisa menjadi freelancer pada website asing seperti freelancer.com atau upwork.com.

Salah satu pekerjaan yang dibutuhkan adalah sebagai personal asistant online. Job deskripsinya antara lain seperti menyiapkan presentasi, mengatur meeting dan pertemuan, korespondensi e-mail, dan lain-lain.

Kesimpulan

Apapun itu bentuk dan cara bekerja online dari rumah, membutuhkan kerja keras dan usaha yang konsisten. Kita bisa memulainya dengan pengetahuan yang kita miliki, atau juga keterampilan yang baru dipelajari ketika menekuni kegiatan itu.

Jangan lupa untuk memperhatikan kredibilitas perusahaan tempat kita nanti bekerja supaya tidak ada masalah.

Kira-kira pekerjaan apa yang ingin kalian tekuni dengan mengoptimalkan bantuan internet? Cerita di kolom komentar yaa.

 

Stay safe … xoxo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!