Tanos Challenge,  Jurnal

Yakin Terhadap Diri Sendiri, Tanos Gratitude Journal Day 1

Yakin Terhadap Diri Sendiri, Tanos Gratitude journal day 1Seperti janji kami untuk memberikan update tantangan TANOS bulan ini yaitu Gratitude Journal/ Jurnal Bersyukur, inilah update hari ini tanggal 10 Agustus 2020.

 

Tarik Nafas

 

Smile…

 

Mari kita mulai cerita beryukur hari ini

Gratitude Journal DAY 1

kolam plastik di kebun belakang

 Alhamdulillah, masih bisa diberikan kesempatan untuk membuka mata pagi hari ini, dan langsung mandi karena hareudang pisan. Kesang kuat ka ngucur, rambut komo lepek. Tapi angger panas oge, tidur mah disimbut keneh (artinya langsung mandi karena kegerahan, keringat sampai bercucuran, apalagi rambut lepek, tapi meski panas tetep pakai selimut waktu tidur ). 😂

Cuaca di Jerman belakangan ini, berhubung sedang Summer, kira-kira berkisar di 37°- 38°. Cuaca bagus buat berendam di kolam plastik walau air di kolam hanya berkisar 20°

Di Jerman, kalau ada yang mempunyai kolam renang biasanya indoor, karena cuaca yang kebanyakan dingin ketimbang hangat. Dengan suhu 15°, biasanya saya sudah mengucapkan Alhamdulillah.  

Fenomena kolam renang plastik ini umum saat Summer buat mereka yang tinggal di rumah atau aparteman lantai dasar dengan akses teras/halaman belakang. Ukuran kolam berbeda-beda, dari yang kecil sampai super besar.

 

– Alhamdulillah, masih bisa ketawa enak waktu  nonton video konser RSD. Jadi, di  tengah konser mereka bercerita kenangan lucu di masa lalu. Dari mulai cerita fans, salah nama antara Rida dan Sita sampai dengan “Prestasi”.

 

Buat yang belum nonton videonya, silahkan ditonton (yang paling lucu mulai di menit ke-47), dijamin ketawa-ketawa enak.

 

Masih dalam suasana Dee Lestari, karena baru saja selesai ngikutin Kaizen Writing Workshopnya. Jadinya saya meluncur ke youtube untuk mencari konser RSD, dan ternyata ngga cuman melepas kangen sama lagu 90  an akhir dan tahun 2000 an, juga karena ketawa ketiwi. Mangga bisa di cekidot itu videonya.

– Alhamdulillah, ketawa bareng sahabat saya Michelle, liat video Maya the samoyed dan soal Fulgozo (karena saya lupa nama orang ini, jadi dikasih panggilan fulgozo. Namanya sendiri memang dengan awalan F dan akhiran O.)

 

Berawal dari nonton dari link IG yang dikirim Mich, link doggy selebgram Maya, yang kebeneran tinggal di Jerman juga. Kita jadi ngomongin soal kalau punya doggy, responsibility yang utama adalah ngajakin gassi atau ngajakin jalan doggy kita (di video Maya, ada juga video Maya nge-mall hihi). 

 

Jangankan doggy yang besar, doggy yang kecil pun, mereka membutuhkan gassi. Gassi ini juga relatif jauh ya, jaraknya ngga 200-300 meter, tetapi mungkin minimal sekitar 1 km. Untuk doggy dengan ukuran besar, gassi bisa dilakukan 2 kali dalam sehari atau lebih dengan jarak tempuh yang lebih jauh. 

 

Kalau cuaca bagus, tentu ngga masalah, yang ngajakin gassi pun seneng tapi pas cuaca lagi dingin … itu namanya kasih sayang. Jadi punya binatang peliharaan itu memang bukan sekedar pengen lucu-lucu an sama mereka, tapi ini nyangkut ke komitmen dan tanggung-jawab.

 

logika karsa

– Alhamdulillah dapat temen banyak dari Kaizen Writing Workshop nya Dee Lestari. Workshopnya sendiri sudah berakhir hari Sabtu kemarin, tapi ada yang menginisiasi dibentuknya kelompok WAG dan IG.

IG nya diberi nama Logika Karsa. Filosofi yang diambil cukup dalam, bermakna Yin and Yang.

Karena cowok mayoritas berpikir & bertindak mengutamakan logika/nalarnya. Jadi logika adalah cerminan pria” yg berpikir di grup kita. 

 

Sedangkan karsa adalah daya/kekuatan yg mendorong makhluk hidup untuk berkehendak. Arti karsa disini adalah wanita” hebat sbg pendorong segala aksi yg ada di group kita. 

 

Jika disatukan pria dan wanita adalah dynamic duo yg berkolab dengan nalarnya utk melakukan sesuatu yg hebat buat sesama.

– Alhamdulillah, hari ini walaupun udara lumayan cukup panas tetapi ada beberapa waktu yang dikasih kepala dingin.

 

– Alhamdulillah, teman dekat waktu SMP ngasih insight soal menulis, soal pentingnya cross cultural check.

 

– Alhamdulillah, @artjoka menang juara pertama Guest Paid Article di salah satu blog.

yakin terhadap diri sendiri

Yakin Terhadap Diri Sendiri, Insight of the Day

Hari pertama selain excited juga sangat menantang buat saya.

 

Sepanjang hari ini saya terus mengingatkan diri kalau gratitude journal ini adalah bagian dari mencintai diri sendiri, karena itu harus berusaha sungguh-sungguh mengerjakan jurnalnya walau sulit.

 

Fakta: kita tidak dapat benar benar mencintai orang lain, kecuali jika kita punya kepercayaan, respect, dan keyakinan terhadap diri sendiri.

 

Langkah pertama yaitu yakin terhadap diri sendiri.

Ketika kita tidak memperlakukan diri kita dengan baik, kita akan menunjukan itu ke lingkungan sekitar. Ini akan membentuk kita menjadi negative person, dan orang akan enggan untuk berada di sekitar kita.

 

Baik itu yang belum menemukan cinta atau sudah menemukan cinta. Percaya kalau kita layak untuk dicintai.

 

Berikan yang terbaik untuk diri sendiri, kelak yang terbaik pasti datang buat kita.

 

Yakin terhadap diri sendiri dan percaya kalau kita punya semua yang kita butuhkan dalam diri kita.

 

Ingat kita dilahirkan ke dunia dengan semua yang sudah kita butuhkan, yaitu diri kita sendiri.

 

Kita adalah kendaraan yang membawa kita dari titik sekarang ke titik yang kita inginkan.

 

Sekarang renungkan lagi potensi apa yang bisa kita kembangkan?

 

Afirmasi

Buat sebagian orang, yakin terhadap diri sendiri ini sangatlah sulit. 

 

Afirmasi adalah alat yang terbukti dapat membantu kita mengatasi hal ini. Dengan pernyataan positif dan spesifik, afirmasi dapat mengirimkan pesan tersebut menembus bawah sadar kita, agar kita lebih percaya diri, untuk mencintai diri kita sendiri.

 

Silahkan pilih salah satu kalimat di bawah ini, tutup mata dan ulangi selama 10 kali. Kemudian buka mata dan rasakan perasaan itu mulai memasuki tubuhmu.

 

1.    Saya layak untuk dicintai.

2.    Saya pantas dicintai karena saya mencintai diri saya.

3.    Saya punya semua yang saya butuhkan di dalam diri saya.

4.    Saya bangga dengan diri saya dan apa yang sudah saya capai.

5.    Saya berkonsentrasi pada kekuatan saya, dan mencoba mengurangi kekurangan saya.

6.    Saya pantas berada di lingkungan yang positive bagi saya. 

7.    Saya pantas mendapatkan teman yang memprioritaskan saya.

 

Hmmm … Bagaimana dengan Eka Artjoka hari ini ya? 

 

Bagaimana dengan kalian?

Adakah sesuatu yang bisa kalian syukuri hari ini?

Bisa langsung ditulis di kolom komentar .

 

Stay safe … xoxo

Baca juga, Menantang Diri Sendiri-Tanos.

Baca selanjutnya, Menyimpan Photo di Cloud, gratitude journal hari ke-2

9 Komentar

  • kartika

    Halo kak renov, salam kenal yaaa

    Aku baca soal tanos ini sejak kemarin lho 🤠 Selama ini aku juga membuat jurnal, tapi lebih fokus ke soal perasaan apa yang aku rasa hari ini. Macem2 jadi isinya.

    Nah setelah membaca soal tanos, aku lihat lagi isi jurnalku. Kok banyak mengeluh ya. Banyak soal marah, kesal, sebel, sedih. Gak ada yg isinya gratitude. Sedih banget yak hidupku kesannya 😱🤪🤧 Padahal tentu banyak sekali yang bisa disyukuri setiap harinya.

    Jadi aku mulai menambah isi jurnalku sejak kemarin. Menambah hal2 yang bisa disyukuri hari ini. Dan ternyata banyakkk sekali 😇😇😇

    Keren euy tanos, bisa menginspirasi orang lain lho. Sukses buat challengenya yaaa, aku mau berkunjung ke artjoka abis gini 😊😊

  • Kyndaerim

    Masya Allah.. semoga bersyukur nggak akan pernah kita lupa ya kak 🙂
    Buat artojka a.k.a teh Eka, selamat lho yaa, ikut seneng akutu..

    Btw, kalo tentang bersyukur, apapun itu yg di kasih Allah, aku berusaha untuk syukuri sih kak, baik atau buruknya 😀

    Makasih sudah berbagi kak Rnv :*

  • Renov

    Hallo Non, makasih sudah mampir. Alhamdulillah ternyata sudah mempraktekan rasa bersyukur. Semoga saya juga ngga lupa akan nikmat yang diberikan oleh Allah. xoxo

  • Renov

    Hallo Non, salam kenal juga
    Alhamdulillah, ternyata dirimu juga sudah menambah gratitude list di jurnalmu. Congratulations!

    Wah, makasih banyak apresiasinya. Syukur Alhamdulillah sudah dapat menginspirasi orang lain. xoxo

  • Lia The Dreamer

    Kak Renov ternyata ikutan Kaizen Writing ya! 😍 Keren! Keren! Pasti banyak banget ilmu yang didapat dari workshop tersebut 😍

    Syukurlah awal bulan ini masih bisa merasakan banyak nikmat yang diberikan Tuhan 🥰 semoga bisa terus mensyukuri apapun yang terjadi dalam hidup ya kak 😁

  • Renov

    Hallo non, iya kebetulan bisa ikutan. Seru dan banyak banget ilmunya walau buat saya yang dari scratch pisan mah cukup banyak pisan pr nya, karena belum banyak pengalaman menulis.

    Aamiin, semoga kita terus mensyukuri hidup kita sekarang.xoxo

  • fanny_dcatqueen

    Aku suka dgn challenge kalian berdua ini :D. Td udah baca jurnal2 yg dibuat mba artjoka, skr aku mau baca yg punya mba juga :).

    Setuju mba, mencintai diri sendiri itu perlu banget, sebelum kita bisa bener2 sayang dengan org lain. Aneh aja kalo bilang sayang terhdap seseorang, tp malah ga peduli dengan dirinya sendiri. Malah menganggab diri nya ga punya kelebihan yg patut dibanggakan. Sedih dengan orang yg punya pemikiran begitu.

    Aku jg slalu tekanin ke anak2, kalo mereka itu pintar , cantik dengan apa yg mereka punya skr. Supaya selalu PD saat ketemu dengan temen2 nya yang lebih the Have 🙂

  • Renov

    Hi Fanny … makasih buat apresiasinya… jadi berbunga-bunga nih tau ada yang suka dan nyempetin baca jurnal perjalanan kami.
    ah Fanny, … kamu kece banget, udah sadar sama self-love bahkan udah menekankan ke anak-anak buat self-love ini. Itu pelajaran penting banget, ibaratnya kaya life safer mereka ketika sudah besar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!