Blogging

Grup Blogwalking Asik yang Paling Saik

blogwalking

Para blogger pasti udah tau dong yang namanya kegiatan blogwalking (bw). Atau yang bukan blogger mungkin bertanya, “Apa sih ini?”

Saya kasih clue di bawah ini yaa …

Blogger melakukannya untuk menjalin silaturahmi. Ada juga nitip backlink (itupun kalau ada kolom link blog yang bisa diisi), ada yang sifatnya saling support, ada yang cek ombak buat yang ikutan lomba, sampai ada juga yang sekedar suka dengan isi blog disana.

Nah setelah clue di atas, jadi apa sih blogwalking itu?

Blogwalking adalah teknik saling tukar link dalam dunia blogging untuk meningkatkan traffic, dengan meninggalkan komentar yang baik tentunya.

Komentar yang baik adalah komentar positif atau bisa juga kritik membangun dan yang pasti tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. 

Awalnya saya nggak paham, karena saya termasuk yang telat banget ngeblog. Orang lain udah kemana, eh saya baru mulai. 

Saya mengunjungi blog lain kalau semisal ada teman lagi congkak di grup 1M1C atau balas berkunjung blogger lain yang meninggalkan jejak lewat komentar atau karena butuh sesuatu alias hasil dari pencarian google. 

Tapi hari itu, tepatnya tanggal 16 Agustus 2020, jadi hari yang berbeda buat saya. Karena saya menemukan grup blogwalking yang bikin saya betah, termotivasi dan bahkan bantu kalau ada kesulitan teknis soal blog.

Gini Ceritanya

Setelah beberapa saat ngeblog, saya yang awalnya menggunakan layanan blogspot, mempertimbangkan buat migrasi pakai wordpress. 

Saya punya pertimbangan sendiri, tapi butuh pandangan dari ekspert yang udah pernah mempertimbangkan hal yang sama. Akhirnya hari itu saya drop persoalan ini di WAG 1M1C, dengan harapan dapat banyak insight.

Ternyata, memang banyak masukan dan salah satunya adalah Kak Hani yang bahkan beliau bolak balik nanya ke grup sebelah untuk pertanyaan-pertanyaan saya (saya ini ngerepotin banget sih … deuh).

Siapa sangka ini malah berujung dengan undangan untuk masuk ke grup blogwalking asik, sebuah grup WA dimana kita bisa nanya apa aja dan pasti ada yang bantu cari penyelesaian atas permasalahan kita.

Saik kan…. Saik benerrrr

Yang Saik itu Grup Blogwalking Asik

Pas masuk ke group .. wuihhh .. membernya sangat welcome, banyak bercanda dan rata-rata sudah expert  terutama soal lomba (di hari saya bergabung, ada pengumuman pemenang Red Door).

Setiap hari grup ini pasti rame dan banyak berita informatif yang berguna buat para blogger, misalnya aja platform yang lagi happening, yang bisa mendatangkan cuan buat para content writer

Yang menarik lainnya, saya bocorin di bawah ini ya…

Grup support

Buat kita yang sedang ada kerjaan artikel dari client, biasanya butuh support. Misalnya pageview atau likes di sosial media supaya terlihat engagementnya baik. 

Kalau kita minta bantuan dan kasih linknya, mereka dengan senang hati bantu. Untuk pageview dan engagement blog, kita juga bisa ikut jadwal blogwalking sebanyak 3 kali dalam seminggu. 

Jadwalnya yaitu Senin, Kamis dan Sabtu. 

Syarat buat ikut di jadwal Blogwalking Asik ini yaitu sudah menyelesaikan BW sebelumnya jika ada. Admin memberikan keleluasaan untuk menyelesaikan list kita dalam waktu satu bulan. Kalau nggak beres, ya akan di kick dari grup (oh tidaakkkkk).

Yang saya amati, komentar dari para BW-ers dari BW asik biasanya berbobot, karena mereka benar-benar membaca artikel kita dan tidak hanya sekedar menyelesaikan kewajiban. (Saya suka ini .. lope .. lope).

Selain itu beberapa kali grup BW ini mengadakan tali kasih untuk blogger yang tertimpa musibah, bahkan non member sekalipun. Jadi, ada sisi humanis di dalam grup ini.

Kalau ada member yang memberikan pelatihan dan IG live, biasanya kita berbondong menonton buat support. Kekeluargaan banget pokoknya.

Yang sering menang lomba ngumpul disini

Tiap kali pengumuman lomba, biasanya ada aja nama salah satu member di situ yang menang. 

Melihat kualitas tulisan pemenang lomba membuat saya ingin belajar menulis, bagaimana membuat setiap kata mengalir enak dan informatif. Bahkan untuk satu topik yang berat dapat disajikan dengan ringan seperti bulu.

Kalau ada lomba blog, para member akan saling info dan mengingatkan ketika sudah hampir memasuki deadline. Rata-rata member grup BW Asik adalah para deadliners garis keras.

Deadliners yang matang dalam mempersiapkan konsep apa yang akan ditulis tentunya. Buktinya, menang terus hahaha.

Long life learners

Beberapa kali BW Asik ngadain webinar sharing session urusan per blog an dengan tema yang menarik banget kaya bagaimana meningkatkan traffic blog. Animo para member juga tinggi, terbukti banyak yang datang.

Selain itu grup yang isinya berbagai macam profesi ini, dari mulai mahasiswa sampai golongan profesional bisa diajak berdiskusi dan bantu hal yang mereka pahami.

Nyaman

Nyaman ini bukan perasaan yang mudah sebenarnya, dan tidak sering kita dapatkan. Grup blogwalking Asik bisa memberikannya. Tidak banyak aturan yang bikin kepala cekat cekot, memotivasi karena kebanyakan para blogger senior yang udah makan asam garam ngeblog, dan bantu jika ada persoalan soal ngeblog yang kita kurang paham.

Berminat gabung?

Seperti namanya Asik, tujuan dibuatnya grup ini memang buat asik asik an. Grup Blogwalking yang diorganize oleh admin kece, Kak Rini dan Kak Hani, serta dibantu juga oleh Kak Tri saat ini hanya memasukan member baru lewat jalur undangan. Karena, pernah ada kejadian tidak mengenakan ketika mereka memberikan link terbuka. 

Selain itu jumlah membernya sudah gemuk sekarang, dan sedang akan melakukan perampingan di awal tahun yang baru nanti.

Oh iya jika ada yang menanyakan, kenapa tulisan ini dibuat?

Jawabannya, sebagai tanda cinta dari saya.

 

Stay safe … xoxo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!