Jurnal

Target yang Ingin Dicapai di Tahun 2021 dan Solusi

target yang ingin dicapai

Target yang Ingin Dicapai di Tahun 2021. Tahun ini sudah memasuki minggu ketiga bulan April. Yang artinya seperempat tahun sudah kita lalui. Lalu seberapa jauh kita dengan target yang ingin dicapai?

Saya pun ada beberapa target yang ingin dicapai di tahun ini. Tentunya saya memakai tips mencapai target yang mudah direalisasikan.

Nah apa saja target itu?

Penasaran?

Yuk lanjut baca.

1. Meningkatkan Page View Blog s/d 10.000 PV per Bulan

Target yang ingin dicapai pertama ada hubungannya dengan menulis blog. Sebagai orang yang struggle dengan menulis dan butuh waktu lama buat menyelesaikan satu artikel, waktu adalah hal yang paling mahal buat saya.

Belum lagi ditambah dengan keinginan saya menulis yaitu memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada pembaca. 

Muluk-muluk gak sih? 

Kalau saya meninggal kan sudah tidak bisa berusaha (sekuat tenaga) biar bermanfaat. Mumpung masih hidup, menabung amal dulu gitu.

Terus harapannya begitu tapi enggak muncul di mesin pencarian dan jarang share di media sosial, apa bisa?

Ya, bisa aja kalau ikut ngelist blogwalking. Cuman ikut ngelist itu harus ketika kondisi otak kita sedang fresh

Kenapa saya bilang begitu?

Jika kita ngelist blogwalking, berarti setidaknya bisa belasan sampai puluhan blog yang harus kita kunjungi. Untuk mencerna informasi yang beragam dalam waktu yang cepat lumayan membuat saya lelah dan tidak menikmati apa yang saya baca. Belum lagi jika deadlinenya pendek, berasa dikejar-kejar.

Tentu saja blogwalking bisa mengasyikan, bahkan saya mengenal banyak blogger lain dari sini. Namun harus ada jalan lain yang bisa mengcover kebutuhan saya ketika saya misal tidak punya banyak waktu, atau masih hutang di list sebelumnya atau sedang dalam kondisi otak tidak segar.

Jalan lain yang disarankan para pakar SEO adalah mencari pengunjung organik, hasil rekomendasi Mbah Google

Nah jalan lain ini yang saya utamakan, yaitu meningkatkan persentase di mesin pencarian supaya bisa meningkatkan page view.

Kalau sudah ngomongin meningkatkan page view, pasti ada hubungannya dengan struktur SEO on page dan SEO Off page. 

Hal yang membuat lupa waktu

Ok buat breakdown target, kita pakai Hukum Pareto 20-80, artinya 20% artikel yang saya tulis dapat membawa traffic 80% ke blog.

Dengan asumsi 1 bulan 30 hari, jika target saya 10.000 PV/bulan (333 PV/hari) , maka 20% artikel harus bisa menyumbangkan 8.000 PV/bulan (267 PV/hari)

Artinya saya membutuhkan minimal 267 visitor yang nantinya akan menambah PV tambahan untuk artikel lain sebanyak 66. Dengan begitu saya bisa mencapai target total 333 PV/hari.

Berapa banyak artikel yang saya butuhkan untuk ini?

Jika rata-rata PV dari artikel terpopuler sebanyak 5 PV/artikel, maka saya membutuhkan 54 artikel yang menyumbangkan 80%. 

Jika rata-rata PV dari artikel terpopuler sebanyak 10 PV/artikel, maka saya membutuhkan 27 artikel yang menyumbangkan 80%.

Baik itu 54 atau 27 artikel, mereka harus ada di page 1 supaya persentase klik menjadi lebih tinggi supaya bisa meningkatkan page view yang saya inginkan.

 
 

Analisa September 2020 s/d April 2021

meningkatkan page view
GSC Website RenovRainbow.com dari bulan September 2020 - April 2021

Jika melihat dari grafik di atas yang diambil dari Google Search Console (GSC) menunjukan terjadi kenaikan signifikan dari awal yang baru belajar mempraktekan SEO sampai sekarang yang masih belajar. 

Mengapa fokus pada GSC?

Karena fokus saya adalah artikel muncul di page 1 mesin pencarian supaya persentase impresi bisa dikonversi menjadi lead.

PV sampai bulan April 2021 baru mencapai 40% dari target yang ingin dicapai. Rata-rata PV artikel yang bisa mendatangkan pembaca berkisar 5 PV. Ada 1-2 artikel yang menonjol tapi tidak bisa dijadikan rata-rata karena perbedaannya yang signifikan. 

Jumlah artikel dengan 5 PV itu masih di bawah angka 10, artinya saya masih harus menuliskan sekitar 45 artikel populer sesuai niche yang sesuai dengan kaidah SEO.

Jika 45 artikel ini adalah 20% dari total artikel yang saya tulis. Maka saya harus menulis sekitar 200 artikel lagi supaya bisa mencapai target yang diinginkan. 

Kendala Selama Ini

Selain menulis artikel yang cukup lama buat saya, juga saya masih belum konsisten untuk membagikannya di sosial media. Ide menumpuk itu enggak baik. Jadi seharusnya setiap sudah menulis di-share juga di semua platform medsos. 

konsisten

Langkah yang harus dilakukan

Berdasarkan analisa di atas, ini langkah konkret yang harus saya lakukan:

1. Mengumpulkan KW populer dan evergreen sesuai niche yang tidak terlalu tinggi persaingannya. Ingat persaingan saya bisa jadi dengan website besar.

2. Menuliskan 200 artikel sesuai niche dengan membidik KW yang populer tapi tidak terlalu tinggi pencariannya. Dengan harapan 20 % nya dapat mendatangkan lead/visitor

Artinya setiap bulan saya harus menuliskan 25 artikel. 

atau,

3. Menganalisa artikel lama dan mencari KW yang lebih baik agar bisa bersaing di mesin pencarian.

atau gabungan antara nomor 1 dan nomor 2

4. Target update artikel adalah 25 artikel, bisa diperoleh dengan menuliskan artikel organik dan mengupdate artikel lama. 

5. Tidak mengotak atik artikel yang sudah menghasilkan traffic yang baik.

 

Untuk mengatasi kendala yang muncul sebelumnya

6. Konsisten dalam men-share artikel di media sosial. 

7. Membuat kalendar editorial.

8. Mempraktekan tips mencegah writer’s block yaitu 

Nulis aja, edit belakangan. Jangan kebanyakan mikir dan sok pengen perfect, nulis aja dulu.

 

Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca

2. Target Membaca 52 buku di Tahun 2021

Berkat Tanos Reading, saya lebih konsisten membaca. Habit aneh saya yaitu menumpuk buku yang sedang dibaca juga sudah berkurang banyak, walau habit baca aneh lainnya masih berlaku.

Sampai bulan April, saya sudah membaca 22 buku. Relatif slow sih karena sebulan terakhir, saya jarang menyentuh buku. Ada yang urgent dan menyita pikiran yang saya kerjakan. 

Namun, di bulan Mei saya sudah siap mengembara dengan list buku yang udah banyak banget pengen dibaca.

Solusi

Selain mendisiplinkan diri juga mempraktikan ilmu yang didapat dari pelatihan Master Class “Cara Membaca Cepat dan Paham” yang diberikan oleh Jim Kwik, seorang pakar yang mendalami tentang Superbrain.

detox sosial media

3. Update Media Sosial untuk Branding

Masih berhubungan dengan poin 1 dan sedikit poin 2, target yang ingin dicapai kali ini berkaitan dengan branding, baik itu personal branding juga community branding.

Sayangnya saya tidak menetapkan Metode SMART untuk mencapai target yang ingin dicapai di poin ketiga.

Biasanya saya menggunakan media sosial jika urgent dan mendesak (quadran nomor 1 Metode Eisenhower). 

stress

Kendala

Saya ada kecenderungan kepala sakit dan pening jika terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial. 

Makanya saya jarang banget buka IG atau FB atau Twitter kecuali perlu aja. 

Masalahnya sesudah perlu itu, saya bisa berselancar di IG misalnya dan itu enggak baik. Enggak baik buat waktu saya dan kepala saya yang berdenyut pusing. 

Buat saya, Whatsapp saja sudah terlalu banyak informasi yang mesti dicerna dan kadang membuat exhausted.

Langkah yang harus dilakukan

Seperti saran Dr. Cal Newport dalam bukunya Deep Work, saya harus memperlakukan media sosial secara profesional. 

Untuk mencapai target yang diinginkan, saya akan menggunakan kalendar untuk mengatur jadwal kapan saya mengakses medsos dan untuk kepentingan apa. 

Untuk whatsapp, saya masih akan mengaktifkan di jam 12:00 siang CET sementara medsos lain, sesuai jadwal. 

Sekarang ini saya mengelola dua akun IG, yaitu akun pribadi dan akun tanos challenge.

Target yang Ingin Dicapai Lainnya

Pelajaran yang saya dapatkan dari menulis artikel ini adalah lebih bekerja keras dan fokus. Walau begitu tidak saya pungkiri dari hobi baru ngeblog ini, sudah ada sih target yang dicapai yaitu terpilih bergabung menjadi Eco Blogger Squad, yaitu kumpulan blogger yang perduli dengan isu-isu lingkungan terutama masalah hutan.

Nah kalau tadi saya menyinggung mencapai target untuk hobi yang berharap bisa jadi profesi ke depannya. Saya masih ada beberapa target yang ingin dicapai di tahun 2021 ini terutama menyangkut sekolah, pekerjaan, keluarga dan juga ibadah. Kita bahas lain kali saja kalau ini ya.

Nah kamu sendiri apa target yang ingin dicapai tahun ini? Adakah yang sudah tercapai sampai bulan April ini?

Share pengalamannya di kolom komentar ya.

Stay safe … xoxo

#BPNRamadan2021 #Day7

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!