Career Skills

Ingin Bekerja di IDN Media? 10 Timmyness yang Penting Diketahui

timmyness IDN

Ingin Bekerja di IDN Media? 10 Nilai Timmyness Ini Penting Kamu Ketahui. Jaman sekarang siapa yang tidak ingin bekerja di sebuah perusahaan yang visinya mendemokratisasi akses ke informasi yang akurat, seimbang, berguna dan positif dan pada akhirnya menjadi suara kaum milenial dan generasi Z di Indonesia? 

 

Bukan hanya itu saja, perusahaan ini juga menomorsatukan karyawannya dan menjadikan mereka sebagai keluarganya.

Perusahaan apakah itu?

IDN Media.

Sekarang ini IDN Media mengoperasikan IDN Times, Popbela.com, Popmama.com dan Yummy, GGWP.ID, Duniaku.com, IDN Creative, IDN Event, IDN Creator Network, IDN Foundation, dan IDN Programmatic OOH.

Tertarik buat gabung dengan perusahaan ini?

Ternyata syaratnya adalah mempunyai visi  yang sama dengan mereka, yaitu memberikan dampak positif kepada masyarakat. Visi ini merupakan visi lain selain yang sudah disebutkan sebelumnya di atas.

Agar visi perusahaan dan karyawan dapat tercapai, beberapa nilai fundamental (core values) pun diciptakan sejak perusahaan ini berdiri oleh Founder dan CEO IDN Media, yaitu Winston Utomo.

 

Nilai fundamental ini disebut dengan Timmyness, yang mana kata Timmy sendiri mengacu pada karyawan yang bekerja di IDN Media.

Apa saja nilai fundamental IDN Media ini, simak penjelasan lebih lanjut jika kalian tertarik untuk bergabung dengan mereka.

Timmyness di IDN Media Jakarta Creative Lab

10 Nilai Fundamental Timmyness IDN Media

Timmyness Budaya perusahaan IDN Media

1. Bringing creativity, sincerity and passion to the work (membawa kreativitas, ketulusan dan semangat dalam bekerja).

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang  bisa mengembangkan dan  mengeluarkan kreativitas dalam dirinya ke dalam sebuah karya. Untuk menjadi kreatif sendiri dibutuhkan ketulusan dan semangat yang tinggi, tidak mudah menyerah ketika dihadapkan pada situasi sulit mendapatkan inspirasi.

Mengacu kepada salah satu dari tiga core mindsets dari IDN Media, yaitu kerja keras. Ketulusan ini adalah kemauan yang datang dari Timmy untuk bekerja keras.

Budaya perusahaan IDN Media

2. Communicating properly and acting ethically (berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis).

Di dalam segala bentuk hubungan, tidak terkecuali hubungan pekerjaan membutuhkan komunikasi di antara semua pihak yang terlibat. 

Mengacu kembali kepada salah satu dari tiga core mindsets lainnya, yaitu customer obsessed culture, IDN Media mengatakan bahwa mereka mempunyai lima customers yang hubungannya harus dijaga dengan baik. Lima customers itu antara lain adalah Timmy, Pembaca, Client/Advertisers, Partners, dan Investors

Dengan mereka menerapkan nilai nomor dua ini di dalam lingkungan kerja, diharapkan mereka juga sama menerapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimanapun juga karyawan adalah sebagai perwakilan dari citra sebuah perusahaan.

Timmyness IDN Media

3. Thriving in ambiguity and fast paced environment with constant changes (berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis).

Mindset pertama dari core mindsets yang dianggap penting adalah focus and speed (fokus dan kecepatan). Intinya adalah fokus pada hal yang penting dan mengeksekusi hal itu dengan sangat cepat. 

Bisnis media sendiri adalah bisnis yang bergerak dengan informasi dan trend perubahan yang sangat cepat pula. Timmy diharapkan dapat nyaman beradaptasi dengan perubahan itu.

 

Bukti kesuksesan dari IDN Media sampai sekarang sendiri adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan jenis platform dan content yang disukai oleh pembacanya.

Budaya perusahaan IDN Media

4. Being active and collaborative rather than competitive (bersikap aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif).

Kompetisi menyebabkan orang menjadi lebih individual, dan bisa menghalalkan segala cara untuk memenangkan kompetisi. Ini dapat mempengaruhi suasana kerja sangat signifikan.

Salah satu hal yang berperan dalam produktivitas kerja adalah rendahnya turnover karyawan. Angka ini dapat kita tekan dengan menghindari politik kantor sehingga membuat  tempat kerja yang nyaman bagi mereka, dan membuat mereka merasa penting dan menjadi bagian dari keluarga perusahaan itu. 

Faktor ini sangat penting sehingga Winston merumuskannya ke dalam nilai fundamental Timmyness nomor 4.

Timmyness IDN Media

5. Embracing diversity (menghargai perbedaan).

Timmy yang menjadi prioritas nomor satu perusahaan, karenanya IDN Media berusaha menciptakan tempat kerja yang disebut sebagai Creative Lab sebagai tempat yang nyaman bagi Timmy untuk bekerja dan mengembangkan kreativitasnya. 

Hal ini tercermin pada proses perekrutan Timmy yang mengambil dari nilai fundamental Timmyness no 5 ini. 

IDN Media tidak merekrut orang berdasarkan latar belakang mereka. Perusahaan tidak melihat suku, ras, agama, jenis kelamin, karakter dan pandangan dunia. IDN Media hanya mencari kandidat Timmy yang mempunyai kepribadian baik, etos kerja yang kuat dan semangat yang tinggi

Timmyness di IDN Media HQ 2
Budaya perusahaan IDN Media

6. Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way (mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan).

Timmyness keenam ini adalah fokus pada solusi yang bisa dilakukan ketika suatu hal berjalan tidak sesuai dengan harapan adalah cara yang efektif dan berkaitan erat dengan produktivitas karyawan. 

Dengan ritme kerja yang cepat, setiap hal yang memperlambat proses seperti misalnya marah dan mengungkit ungkit kesalahan, akan berdampak pada efektivitas. Selain itu, hal ini bisa mengganggu nilai fundamental yang lain, untuk menjadikan IDN Media sebagai tempat kerja yang nyaman bagi semua Timmy.

Budaya perusahaan IDN Media

7. Assisting others in the group with their work for the benefit of the group (membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok).

Working as a team is the new black.

Agar bisa mengikuti ritme pekerjaan di bisnis media, setiap Timmy tidak akan mungkin bisa bekerja dengan optimal tanpa bantuan Timmy yang lainnya. Tujuan individual pun dilebur menjadi tujuan team, setiap Timmy akan menganggap satu permasalahan bukan menjadi permasalahan individu melainkan team.

Hal ini tercermin pada nilai fundamental Timmyness ketujuh ini.

IDN Media

8. Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it (memuji rekan kerja saat mereka sukses dan membantu mereka saat mereka membutuhkannya).

Masih berkaitan dengan hubungan antar Timmy, nilai fundamental Timmyness ke-8 ini menitikberatkan pada situasi kerja yang kondusif.

 

Ketika seseorang mendapat penghargaan dari perusahaan dan support dari rekan kerjanya, mereka akan cenderung melakukan hal yang sama kepada lainnya. Rasa iri yang tidak produktif dapat dipangkas, dan semua orang akan berpikir pada tujuan lebih besar yang mereka dapat capai bersama. 

Winston Utomo

9. Doing the right thing even when no one is watching (melakukan hal yang benar bahkan ketika tidak ada yang melihat).

Pentingnya untuk memiliki integritas tercermin ke dalam Timmyness poin ke- 9. Integritas sendiri adalah apa yang kita lakukan ketika tidak ada orang yang melihat kita. Integritas juga berarti konsisten dan memegang setiap perkataan kita.

IDN Media

10. Seeing the company’s success as one’s own success (melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri).

Keberhasilan perusahaan tentunya tidak luput dari peran serta orang-orang yang terlibat di dalamnya. IDN Media ingin setiap Timmy merasa dilibatkan dalam keberhasilan perusahaan.

 

Bahwa tanpa Timmys, IDN Media tak akan berhasil mencapai mimpi tersebut. Hal ini tentu juga akan meningkatkan sense of belonging, rasa memiliki terhadap perusahaan”

 

Itulah yang menjadi nilai fundamental terakhir dari Timmyness ini.

Kesimpulan

Nilai fundamental mengekspresikan apa yang diyakini oleh pemimpin perusahaan yang berujung pada kesuksesan sebuah perusahaan. Mereka adalah prinsip petunjuk pengambilan keputusan untuk perusahaan.

 

Nilai fundamental ini akan berjalan karena adanya peran aktif dari karyawan jika culture yang direpresentasikan sesuai dengan motivasi dan nilai mereka juga. Culture ini yang akan menjadi dasar dari employee’s engagement dan meningkatkan sense of belonging terhadap perusahaan.

 

Jadi siapa yang tertarik bekerja di IDN Media dan mengimplentasikan Timmyness? 

 

Coba saja tengok websitenya karena mereka selalu mengupdate lowongan kerja disana. Semoga kalian bisa bergabung ya.

38 Komentar

  • viand

    aku suka nilai-nilainya terutama tentang saling membantu, memberi apresiasi, sama kolaboratif
    sudah gak jaman yang namanya kompetisi saling merugikan

  • Ghina

    gara-gara baca ini aku tetiba jadi pengen kerja kantoran kayak di idn media, teh. pasti seru yaa lingkunganny bakalan membuat kita senang bekerja dengan timmyness ini

  • fanny_dcatqueen

    Poin 9&10 kayak ga asing :D. Inget moto di perusahaan lama :D. Integritas nomor 1 buat pekerja Bank , trutama yang di cabang dan ngadepin nasabah tiap hari. Tiap saat akses ke uang kadang sampai milyaran sehari. Ato kadang ada nasabah yg saking percayanya sampe kasih blank form ke staff tersebut. Dilarang keras, tapi itu msh ada. Dan kalo sampe si staffnya ga punya integritas , dengan gampang dia bisa mindahin dana nasabah ke rek fiktif yg lain. Jd kalo ga yakin bisa jaga integritas , jgn kerja di bank :D.

    Tapi memang prinsip begitu udah hrs dilakuin di semua bidang. Toh ini sebenrnya ajaran agama juga kan. Ga akan ada yg melihat kalo kita ga jujur, tapi Tuhan tetep tau. Sekeras apapun kita kerja, semuanya berpulang utk cari ridho Nya juga. Jd percuma kalo ga punya integritas :).

    Poin 10, berkali2 aku juga diingetin, perusahaan tempat kita kerja, itu ibarat rumah kedua kita. Kita bisa makan Krn perusahaan ttp berjalan. Jadi anggab ini milik kita yg hrs kita jaga, kita pertahankan supaya ttp berproduksi. Company sukses, berarti kita ikutan kecipratan setidaknya dari bonus :D. Kalo cuma nganggab ini hanya tempat kerja terpaksa supaya bisa dapet duit, mau sampai kapanpun etos kerja kita ga akan bisa maksimal. Ngapain kerja keras, toh ini perusahaan orang. Ciri2 orang yang mau duitnya doang, tapi ga peduli utk mengurus perusahaan :p

    • renov

      Hallooooo Fanny,
      aku pun kurang lebih sepemikiran.
      Pada akhirnya kembali ke basic ya kalau we are what we repeatedly do. Jadi kalau kita mau merusak diri sendiri dengan kelakuan kita, ya kita sendiri yang menanggung akibatnya. Kalau kita tidak menganggap seperti rumah sendiri, rasa memiliki menjadi tidak ada dan juga tidak menjaga perasaan orang lain yang tinggal di rumah yang sama.

  • Wahid Priyono

    Paling suka dengan point yang ke 3, bahwa betul sekali bahwa pihak perusahaan harus bener-benar cepat beradaptasi dengan perubahan dunia digital, jika tidak akan tertinggal. Maka memenuhi kebutuhan pengguna sangat penting untuk ketahanan perusahaan dari gulung tikar. Thanks sudah berbagi, sudah saya baca artikel di atas.

  • Chairina

    Nanti aku buka juga deh web nya jadi penasaran. Hehe
    Keren sih nila-nilai dari perusahaan ini. Kalau bisa di implementasi kan oleh semua yang bekerja di IDN pasti akan sukses semuanya.

  • Jihan

    Nilai kolaborasi ini sih yang penting ya kak ren. Kebanyakan di tempat kerja mah sikut2an, siapa yg unggul ya dia yg dapat bonus atau tampil baik di depan atasan. Jadi kerja timnya kurang. Eh tapi tergantung perusahannya jg sih, cuman Salut banget deh sama nilai2 timmyness ini

  • eka fitriani larasati

    perusahaan IDN memang gak diragukan lagi sebagai perusahaan media yang cukup besar. walau bisa dikatakan baru tapi karena performa perusahaannya bagus, salah satu nya adalah karena kualitas karyawannya. cocok untuk generasi milenial dan z yang masih berjiwa muda dan bersemangat serta suka dengan teknologi dan multimedia ya

    • Shafira Adlina

      Idn ini unik ya para pengawalnya diberi nama Timmy, jadi inget kartun Nickelodeon hehe. Semua nilai nilai kebaikan ini pasti akan mendorong kinerja para seluruh pengawai idn

  • mutia ramadhani

    Saya pribadi kagum sama perusahaan-perusahaan media baru, seperti IDN Media dan Kumparan. Ini dua favorit saya. Soalnya baca artikel dan berita kekinian dari sini nyambung langsung ke otak, gak berat, dan bisa cepat dicerna. Berita yg enak dibaca itu susah. Makanya kalo ada media yg bisa memanusiawikan berita, itu jempol banget.

  • Enny

    Doing the right thing even when no one is watching itu juga diterapkan di kantor saya. Lebih tepatnya kami menyebutnya integritas. Jadi kerja nggak melulu hanya karena diawasi atau mengharapkan pujian, tapi lebih kepada value kita sebagai pekerja yang baik.

    • elva s

      Point No.04 aku setuju, karena sebagai karyawan di dalam suatu perusahaan perlu banget bersikap aktif dan sesekali saat pendapat kita dibutuhkan dalam rapat perusahaan disitulah sumbangkan ide.
      Tapi biasanya kalau kita terbilang menonjol di depan atasan biasanya pimpinan tak segan segan tuk mendapat foto kita.

  • Helmiyatul Hidayati

    Oke jadi IDN Times ini beda ya dengan IDN Pictures yang rumah produksi film itu..

    tapi ngebaca nilai fundamentalnya bagus banget. ini semacam core values perusahaan yaa.. seneng deh kalo bisa kerja ama mereka..

  • Nurhilmiyah

    Suka banget dengan timmyness ke 6 Mbak Ren… “Maintaining a positive attitude even when things do notgo one’s way”. Jadi meski sometimes sesuatu gak berjalan sesuai harapan, penting untuk fokus pada solusinya ya agar kerja tetap efektif.

  • BayuFitri

    IDN Media ini pendirinya milenial jadi konsep nya juga milenial sesuai ya dengan perkembangan zaman yang masuk ranah digital. Bisa ada didalamnya dan bekerja dalam satu tim pasti luar biasa ya ..bisa jadi kebanggaan tersendiri karena bisa belajar dan menyuarakan ide yang kreatif.

  • Damar Aisyah

    Kalau saya masih muda, tentu saya tertarik bekerja di IDN Media karena ada passion saya di sana. Sayangnya udah Emak-emak, haha. Cukup melihat anak muda zaman now berkarya di tempat profesional seperti ini.

  • Lidia

    IDN ini memang sudah gaungnya besar di jagat Indonesia, dari jaman kuliah pernah juga ambil artikel referensi dari IDN. Baru tau tentang Timmyness aku mb, ternyata maksudnya seperti itu ya, bekerja dimanapun harus banget menerapkan 10 nilai tersebut yaa

  • Aisyah Dian

    Keren banget memang ya kak idn ini, kalau benar-benar bisa kita implementasikan dimanapun itu bagus banget ya kak, nggak harus dunia kerja misal di organisasi kecil disekitar kita saja pasti banyak nilai-nilai kebaikan yang bisa kita petik

  • Nanik Nara

    Banyak banget ya jaringannya IDN Media ini.

    10 nilai Timmyness sangat bagus sekali. Pantas aja IDN media berkembang dengan sangat baik dan makin besar, rupanya visi yang dituangkan dalam 10 nilai ini adalah rahasianya

  • Arai Amelya

    Sebagai mantan pekerja media besar, related banget sih sama Timmyness ini. Aku belajar banyak waktu kerja di media, dan memang semua nilai yang dipaparkan itu sama. Persaingan tapi tetap inovatif dan membantu. Cuma memang kalau melihat hasil output dari IDN Media saat ini, nggak diragukan sih gimana proses menggodoknya. Keren!

  • Hanat Futuh Nihayah

    Seru banget pasti deh bisa jadi bagian dari IDN Media. Pas awal-awal lulus nggak kepikiran daftar kerja di sini. Eh gara gara tulisan ini, aku jadi pingin daftar kerja di IDN Media. Pingin banget ngrasain jadi Timmy 😬

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!