Seasonal Affective Disorder
Jurnal,  Kesehatan mental

Seasonal Affective Disorder (SAD) atau Depresi Musiman, Kenali ini di Musim Dingin

Seasonal Affective Disorder

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal Seasonal Affective Disorder (SAD). Aku juga awalnya tidak familiar dengan ini, sampai pindah ke negara empat musim dan mengalaminya sendiri ..

Sad ya … iya betul Seasonal Affective Disorder ini bikin kita jadi sad dan mellow. Buat kamu yang berencana pindah ke negeri empat musim, kayaknya info ini nice to know biar bisa mengantisipasi.

Musim dingin berbeda dengan musim lainnya. Sepertinya bukan hanya terjadi di daratan Eropa saja melainkan juga di negara empat musim lainnya.

Yang membedakan selain suhu yang jauh lebih dingin tapi juga karena kurangnya cahaya matahari dan hari yang lebih pendek. Hari-hari menjadi lebih gelap dan cuaca seringkali mendung dan terkadang hujan setiap hari. 

Suasana jam 9 pagi layaknya jam 6 pagi dan jam 6 sore sudah gelap gulita bagaikan jam 9 malam. Ini lah yang membuat dampak pada suasana hati dan kondisi kesehatan mental. 

 

Apa Sih Seasonal Affective Disorder (SAD)?

Seperti yang sudah aku sampaikan di awal, perubahan musim juga dapat mempengaruhi suasana hati. Salah satu gangguan yang mungkin dialami adalah Seasonal Affective Disorder (SAD) atau dalam bahasa Indonesianya adalah depresi musiman.

Biasanya SAD atau depresi musiman ini terjadi di musim gugur dan musim dingin. Menurut deseret news, kurangnya sinar matahari dan juga hari yang lebih pendek dapat memicu perubahan kimia di otak yang menyebabkan gejala depresi.

Gejala Umum SAD

Menurut Johns Hopkins Medicine, gejala paling umum dari SAD diantaranya adalah 

 

– meningkatnya jam tidur, 

– orang yang mengalami ini juga sering mengantuk di siang hari, 

– sering mengalami kelelahan walaupun lama beristirahat,

– kesulitan berpikir dengan jelas,

– sulit berkonsentrasi

– munculnya perasaan putus asa,,

– menarik diri secara sosial,

– meningkatnya nafsu makan.

Bisa dibilang ini sama persis dengan yang aku alami sekarang. Belum lagi kalau akhir tahun biasanya suka merasa tertekan dengan evaluasi terhadap goal dan seringnya “keras dengan diri sendiri.”

Seperti “Ah, seharusnya ini bisa dikerjakan tapi ternyata belum juga.” Padahal rutinitas dan prioritas juga kadang berubah-ubah. Hanya saja saya akui kalau saya memprioritaskan terlalu banyak aktivitas. Maksudnya, yang urgent dan penting itu banyak. Belum lagi ditambah dengan keinginan dan hobi yang juga tidak kalah banyak. 

Kalau sudah seperti ini suka lelah sendiri dan merasa kalau mental sedang lemah.

Ada yang sama ? huhu ? atau aku aja kayaknya ya yang kurang bagus time management nya … (tuh kan mulai lagi mengkritik diri sendiri)

Yang Bisa Kamu Lakukan Waktu SAD

“Itulah makanya kamu tuh harus mencari pekerjaan yang kamu sukai” ujar salah satu temanku waktu aku curhat karena akhir-akhir ini seperti hilang passion buat beraktivitas.

Ya, mencari pekerjaan yang kita sukai penting tapi walau begitu terkadang kita juga lelah, jenuh dan mungkin putus asa terutama ketika sedang banyak permasalahan. 

Kalau baca buku Finding My Bread sih katanya wajar ya dan memang iya, wajar. Tinggal bagaimana kita mensiasati bagaimana mengatasi kondisi kita dan menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Munculnya rasa lemah ini tidak lantas membuat kita membenci pekerjaan kita. Setelah mengalaminya, biasanya kita akan membaik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan waktu kamu mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD) atau depresi musiman ini diantaranya,

1. Berolahraga. Nggak usah yang susah-susah deh, cobain jalan kaki sambil menghirup udara yang segar (fresh kaya kulkas).  Bisa juga sambil bikin konten estetik. Nah, menangkap ikan sembari menyelam kan.

2. Baca buku kaya Bill Gates. Buat kamu yang pernah nonton film dokumenter bapak Microsoft ini pasti tahu kalau Bill Gates sering menyendiri buat membaca buku selama berhari-hari di ruang bacanya (hmmm apakah di chamber of secret .. (ps: yang suka Harry Potter pasti ngerti?)

3. Menulis. Bisa juga menulis di blog sembari merekam pengalaman karena otak kita mungkin tidak bisa merekam semua kejadian.

4. Bersih-bersih rumah. Musim dingin biasanya rentan sakit, ada baiknya jika rumah lebih bersih untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

5. Menonton.Bisa nonton apa saja, dari nonton film dokumenter, drakor, variety show, konser, nonton di bioskop juga okeh.

6. Main game. Aktivitas main game dapat membantu mengalihkan perhatian kita yang sedang mengalami gejala ini, karena sifatnya memberikan hiburan jadi bisa mengurangi beban mental.

Hmmm, kira-kira ada yang mau menambahkan poin lain?

 

 

Yang Aku Lakukan Waktu SAD

Yang aku lakukan biasanya random, alias semua dicobain. Namun, belakangan ini si gejala mengantuk semakin susah dikontrol. 

Parahnya lagi kalau tidur sebentar di malam hari, sesudahnya susah tidur. Ini yang bikin terjaga sampai pagi, ntah itu dihabiskan baca buku, online shopping yang rata-rata dihabiskan buat beli yang berhubungan sama bersih-bersih dan beres-beres.. cry, dan yang terakhir sih main game online.

Oh, bukan karena aku game gurl, tapi karena nggak sengaja nemu permainan bangun city lego secara online. Kalau kamu suka main lego, kamu perlu nyobain game Build and Protect

Awalnya juga aku mikir ini game apaan … tapi ternyata game ini tentang bangun kota.

 

 

Build and Protect ... Lego Online Game dan Tips & Trick nya

Ah paling game nya begitu-begitu aja”

Eitsss game Build and Protect ini seriusan seru, soalnya kita bisa memperluas bagian kota kita kalau satu area sudah lengkap terisi. 

Kaya game pada umumnya, daerah yang awal mah cepet banget terisi ama bangunan. 

Oh iya lupa, jadi cara mainnya tuh gampang banget. Nggak perlu pakai login, tapi kalau ngehang tinggal refresh aja dan gak akan hilang (soalnya ngalamin sendiri).

Jadi kaya gimana sih gamenya?

Ok, aku ceritain di bawah ini ya step by step nya.

 

Build and Protect Lego Game

Yang kamu lakukan pertama yaitu akses ke website mortgagecalculator dan disana ada money games. Ada banyak banget online games di sana. Cuman berhubung aku suka banget sama lego, termasuk nonton film kartunnya jadi aku pilih si Build and Protect ini.

Gamenya seru dan relatif mudah untuk dimainkan. 

Untuk membangun sebuah kota metropolis, kamu perlu melengkapi beberapa zona atau distrik, diantaranya :

– Downtown (zona pertama)

– Borough

– Suburbia

– Middletown

– Uptown

– Metropolis (zona terakhir)

Bisa kamu lihat di gambar di bawah.

Tips 1: Masing-masing area bisa diisi dengan 25 bangunan dan bangunannya bisa juga kamu ambil dari zona yang nggak sama. 

Misalnya kamu mau bangun Hospital yang merupakan bawaan dari Metropolis di zona Middletown misalnya.

Zona berikutnya akan terbuka kalau kamu sudah melengkapi bangunan di zona aktual. 

 

Build and Protect Zone

Kalau di permainan lain kamu perlu membeli tanah, di permainan ini kamu nggak perlu. Tapi uang kamu perlukan untuk menggali tanah demi mendapatkan item buat bikin bangunan. 

Setiap bangunan punya persyaratan item yang berbeda dan setiap kali kamu mau menggali yang baru, nilainya akan terus naik. Bisa kamu lihat di gambar koin 162.000 itu menunjukan uang yang kamu perlukan buat menggali.

Tips 2: karena ini tentang money games, maka kamu perlu sedikit taktik supaya kamu bisa membeli bangunan yang kamu inginkan. Nah, triknya adalah ketika kamu akan menggali, kamu harus memilih salah satu bangunan. Coba pilih bangunan yang memberi kamu lebih banyak item. Item ini biasanya dibutuhkan juga untuk bangunan yang lain.

Ingat biaya ngegalinya makin lama makin mahal! .. hehe

Uang buat menggali ini kamu dapatkan dari bangunan yang ada. Setiap bangunan menghasilkan pajak/uang yang berbeda.

Tips 3: Setiap zona mempunyai lima bangunan. Bangunan yang paling kiri adalah bangunan yang menghasilkan pajak/uang paling sedikit dan bangunan yang paling kanan adalah yang semakin tinggi.

Fungsi pajak ini adalah untuk mendanai kamu buat mengembangkan kota dan menggali Lego stud lebih banyak.

 

Lego stud Build and Protect

Tips 4: Karena jumlah attempts dibatasi hanya 15 kali saja. Sebaiknya kamu jangan asal klik, tetapi disesuaikan dengan bentuk lego. 

Selain lego studs, kamu juga bisa mendapatkan tambahan koin jika beruntung.

Tips 5: Kamu tidak perlu mengklik satu persatu koin yang muncul di bangunan, cukup tekan tanda +. Kalau di gambar atas, lihat koin kiri bawah yang menunjukan nominal 194.852. 

Jika kamu mengklik itu, semua uang dari semua zona otomatis akan terkumpul.

Tips 6: Usahakan tidak berlama-lama ketika memilih lego stud karena ketika alarm berbunyi entah itu kebakaran atau pencurian, kamu bisa menyelesaikan attempts tanpa harus mengalami kerugian. 

Fun fact: bangunan aku ada yang beberapa kebakaran dan terpaksa mengumpulkan lagi lego stud nya.

 

warning sign build and protect

Tips 7: Kalau kamu melihat warning seperti di atas cukup klik lingkaran notifnya dan nanti kamu akan diarahkan ke TKP. Kalau kamu bisa mencegah terjadinya kebakaran atau pencurian, kamu akan diberikan hadiah uang. Sebaliknya kalau kamu terlambat, bangunan akan hangus atau kamu akan kehilangan uang.

 

fire fighter build and protect

Tips 8: Untuk mematikan api atau mencegah pencurian, kamu cukup mengklik pada lingkaran seperti yang terlihat di gambar.

Tips 9: Sesuai dengan namanya Build and Protectselain kamu membangun juga melindungi warga yang bermukim. Sebaiknya kamu membangun kantor polisi dan juga pemadam kebakaran di setiap zona agar cepat mengatasi kejadian. Kamu cuman perlu masing-masing satu lego stud aja untuk membangun kantor ini.

Tips 10: Kamu perlu membangun penjara, tapi tidak harus di setiap zona. Tempatkan saja di satu atau dua zona tertentu.

Tips 11: Saat kamu membangun, gunakan fitur mempercepat dengan membayar koin yang jumlahnya setengah (50%) dari nilai pajak yang kamu terima.

 

Build and Protect completed

So No More Sad

Jadi sekarang sih gak perlu sad lagi ya. Kalau kamu kurang suka lego, kamu bisa pilih permainan lainnya di website mortgage calculator. Cara seru buat meningkatkan endorfin dan dopamin, juga mengajarkan kita strategi dan membuat keputusan cepat. 

Kalau kamu main, kasih tau aku ya tips lain apalagi atau permainan apalagi yang mesti aku coba.

 

Be happy

 

xoxo

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!