Tanos Challenge

Penyesuaian Diri, Tanos Drink Water Challenge Day 4

Penyesuaian Diri #TanosDrinkWaterChallenge #Day4 – Ketika memulai kebiasaan yang baru, penyesuaian adalah yang pertama kita lakukan, agar kebiasaan baru ini bisa diintegrasikan ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Di jaman sekarang, kita bisa menggunakan bantuan app, untuk membantu kita membangun sebuah habit.

Tanos drink water challenge day 4

Penyesuaian diri buat saya berarti mengalokasikan spesifik waktu.

 

Lalu bagaimana dengan tantangan Tanos drink water ini? Dalam tantangan ini, ada juga panduan jam minum yang bisa dipakai untuk memudahkan kita beradaptasi. Namun buat saya, selain jam minum yang menantang, hal lain yang tidak kalah menantang adalah lupa.

 

Oh iya buat kalian yang belum tahu apa itu Tanos, di bawah ini sekilas cerita tentang Tanos.

Program TANOS

Tanos singkatan dari TAntangan NaON Sih adalah program kolaborasi saya dengan kak Eka ‘artjoka yang diadakan berkala setiap bulannya. Naon diambil dari bahasa Sunda, yang artinya apa. Tanos diadakan setiap minggu kedua. 

 

Tujuannya adalah untuk menantang kita melakukan good habit yang berhubungan dengan self-love. Harapan dari tanos sendiri adalah good habit ini tetap continue dilakukan walau program  Tanos periode itu telah berakhir.

 

Peserta Tanos challenge ini datang dari kalangan blogger dan non blogger. Pendaftaran dibuka setiap bulannya setelah kami mengumumkan tantangan bulan depan. 

 

Buat kalian yang ingin berpartisipasi, hayu kita ramaikan dan bentuk kebiasaan sehat yang baru. Caranya mudah, bisa follow IG kami agar tidak ketinggalan update challenge bulanan. Siapa tahu ada challenge yang kalian tertarik untuk ikut. Yuk Mari Ramaikan!

Tanos Drink Water Challenge

Tanos Drink Water Challenge berlangsung dari tanggal 12 -18 Oktober 2020, dengan total peserta berjumlah 10 orang termasuk kami berdua.

 

Adapun peserta yang ikut antara lain:

  1. Ainun

  2. Anggi.

  3. Ani

  4. Ita

  5. Meti

  6. Sandra

  7. Syifa

  8. Renov (saya)

  9. Eka artjoka

penyesuaian diri

Penyesuaian Diri

Kemarin saya sempat keteteran karena kelewat jam minum terlalu banyak. Hari ini saya merubah setting reminder app, dari 2 jam menjadi setiap 1 jam sekali. Dengan harapan tidak lagi terlewat dan lupa.

 

Kadang kita memang tidak bisa langsung segera mengerjakan ketika reminder muncul. Namun buat saya, menunda ini ternyata membuat saya lupa sampai beberapa jam. #duh.

 

Untuk dapat konsisten melakukan kebiasaan baru, seseorang harus menanamkan di pikirannya kalau kebiasaan itu penting. Ketika kita menganggap itu penting, bawah sadar akan mengingatkan kita.

 

Pernahkah kalian berkata kepada diri sendiri sebelum tidur, agar bisa bangun jam tertentu, misalnya kita mau belajar untuk ujian, atau shalat tahajud atau harus pergi berangkat jam tertentu. Yang mengherankan, bahkan sebelum alarm berbunyi, kalian sudah bangun.

 

Contoh di atas, adalah karena kita menganggap itu penting, sehingga alam bawah sadar kita mengingatkan.

 

Buat saya, rupanya alasan di balik penting ini harus digali lagi. Sekedar untuk memenuhi target minum 2 liter sehari tidaklah cukup buat saya untuk mengingat. Saya harus menemukan alasan di balik segudang manfaat air untuk tubuh.

Ini jadi Pekerjaan Rumah saya di hari mendatang.

 

Kita akan lihat juga apakah penyesuaian diri dengan setting alarm setiap 1 jam sekali, bisa membuat saya konsisten untuk minum air putih. Setidaknya dengan reminder yang lebih sering, lama kelamaan saya menjadi terbiasa dan akhirnya penyesuaian diri dengan kebiasaan baru akan menjadi lebih cepat.

 

Pengalaman TDWC Day 4

Peserta TDWC kali ini tidak semua konsisten dalam hal pelaporan. Walau begitu, alhamdulillah beberapa masih konsisten.

Kesimpulan hari ini,

 

Nggak ngemil.

Tenggorokan terasa lebih enak.

Sesuai rekomendasi jam minum + tambahan.

√  Perut tidak kembung selama periode.

√  Badan lebih segar.

Χ Muka tidak break out.

Χ Tidur nyenyak.

Hari ini saya berhasil minum 2,974 liter dari target 2 liter.

Tingkat kesulitan di hari keempat: hard.

Lalu bagaimana kabarnya Eka artjoka hari ini ya?

 

Lalu bagaimana kabarnya Eka artjoka hari ini ya? 

 

Bagaimana dengan kalian sendiri? terutama ketika sedang puasa, punya tips supaya tidak kekurangan pasokan air putih untuk tubuh?

 

Stay safe …. xoxo

 

Baca juga, Keteteran, TDWC jurnal hari ke-3

Baca selanjutnya, Ngemil dan Minum Air Putih, TDWC jurnal hari ke-5.

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!