Tanos Challenge

Kebiasaan Tidur Unik Tokoh Terkenal Dunia – TSC Day 7

kebiasaan tidur

Kebiasaan Tidur Unik Tokoh Terkenal Dunia. Selama ini mungkin kita hanya mengetahui pola tidur berdasarkan lamanya waktu tidur. Ternyata tokoh terkenal dunia ini mempunyai kebiasaan tidur yang unik, yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

Penasaran yuk kita cari tahu apakah salah satu idolamu termasuk ke dalamnya.

Oh iya, hari ini adalah hari terakhir dari Tanos Sleep Challenge, tantangan yang diadakan di bulan Februari ini. Kita ngobrol dikit tentang Tanos dulu ya.

Cerita TANOS

Tanos singkatan dari TAntangan NaON Sih adalah program kolaborasi saya dengan kak Eka ‘artjoka yang diadakan berkala setiap bulannya. “Naon” diambil dari bahasa Sunda, yang artinya “apa”. Tanos diadakan di minggu kedua / ketiga setiap bulannya dengan durasi selama 7 hari.

Tujuannya adalah challenge diri sendiri untuk melakukan good habit yang berhubungan dengan self-love. Harapan dari tanos sendiri adalah good habit ini tetap continue dilakukan walau program Tanos periode itu telah berakhir.

Selain program tantangan 7 hari, kami juga punya program sebelumnya yang sudah berjalan yaitu

– Tanos Walking Challenge (TWC),

– Tanos Reading Challenge (TRC), dan

– Tanos Photo Challenge (TPC)

Peserta Tanos challenge ini datang dari kalangan blogger dan non blogger. Selain tantangan 7 hari, pendaftaran dibuka setiap saat.

Buat kalian yang ingin berpartisipasi, hayu kita ramaikan dan bentuk kebiasaan sehat yang baru. Caranya mudah, bisa follow IG @tanos.challenge agar tidak ketinggalan update challenge bulanan.

Siapa tahu ada challenge yang kalian tertarik untuk ikut atau mau ikut program yang sedang berjalan. Yuk Mari Ramaikan!

tanos sleep challenge

Tanos Sleep Challenge (TSC)

Tanos Sleep Challenge berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 21 Februari 2021. 

 

Di dalam tantangan ini, Tanos memberikan tantangan yang berbeda setiap harinya. Tantangan di hari itu akan berlanjut ke tantangan di hari berikutnya. Begitu seterusnya.

 

Kebiasaan Tidur Unik Tokoh Terkenal Dunia - TSC Day 7 | Tanos Challenge | kebiasaan tidur | RenovRainbow

Checklist yang dibuat adalah untuk membentuk kebiasaan baik sebelum tidur sehingga kualitas tidur kita pun bertambah.

kebiasaan tidur TSC D7
sleep challenge what

Kebiasaan Tidur Tokoh Terkenal Dunia

Tidur memang terbukti ada hubungannya dengan produktivitas seseorang. Tidur yang tidak mengalami gangguan walaupun sebentar lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan tidur lama tetapi banyak terbangun. 

Tokoh terkenal dunia di bawah ini mempunyai kebiasaan tidur unik. Mau ikutan mencobanya?

Leonardo Da Vinci

Siapa yang tidak mengenal Leonardo Da Vinci. Tokoh dunia yang hidup di abad 14 dan 15 ini adalah seorang jenius yang mempunyai banyak bakat. Dia tidak hanya terkenal sebagai pelukis dan lukisannya yang sangat terkenal yaitu Monalisa. 

Dia juga seorang penemu, pemikir hebat walaupun tidak pernah mengecap bangku pendidikan formal. Atas dasar keingintahuan yang besar, dia mempelajari itu semua dengan otodidak. 

Pola tidur Da Vinci termasuk ke dalam polyphasic, yaitu beberapa kali dalam sehari. Dia tertidur selama 20 menit setiap empat jam sekali. Bahkan ada sumber yang menyebutkan kalau ide manusia vitruvian itu juga berasal dari mimpinya.

Winston Churchill

Tokoh terkenal dunia adalah bekas perdana menteri Inggris yang berjasa di dalam Perang Dunia kedua ini mempunyai kebiasaan tidur yang tidak kalah unik. 

Dia selalu tidur pendek selama 2 jam setelah pukul 17:00. Dia mengatakan kalau tidur pendeknya ini membantu dia menyelesaikan pekerjaan 1,5 hari di dalam waktu 24 jam.

Tidak terbayang pasti pekerjaannya banyak sekali, apalagi saat itu masih masa-masa perang.

Nikola Tesla

Buat sebagian kecil orang ternyata mereka masih bisa produktif walaupun tidurnya hanya sebentar, salah satunya adalah Nikola Tesla.

Nama Tesla mungkin ada yang mengenal sejak munculnya mobil Tesla yang super mahal itu. Memang benar, Elon Musk mengambil nama Tesla dari salah satu ilmuwan yang gemar bekerja dan tidak menyukai tidur.

Sama seperti Leonardo Da Vinci, Tesla juga mengadopsi pola tidur polyphasic yaitu 20 menit tidur setiap 4 jam. 

Tesla lebih suka menghabiskan waktu untuk membaca dan bekerja dibandingkan tidur. Dia bahkan mengatakan kalau waktu tidak pernah cukup melakukan hal-hal yang dia sukai.

Charles Dickens

Tokoh terkenal dunia berikutnya adalah seorang penulis cerita klasik, Charles Dickens. 

Dickens juga menderita insomnia atau kesulitan tidur. Dia mempunyai kebiasaan tidur membawa kompas dan akan tidur menghadap ke utara. 

Begitu pula dengan menulis. Dickens percaya ketika dia menghadap ke utara, dia mampu menulis sesuatu yang kreatif.

Mariah Carey

Diva musik dunia ini adalah kebalikan dari tokoh terkenal dunia lain yang tidurnya kurang. 

Untuk menjaga kualitas suaranya, dia tidur selama 15 jam dengan 20 humidifier yang menyala. 

Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang

Salah satu cara menghilangkan kebiasaan begadang adalah membentuk kebiasaan baik sebelum tidur.

Kebiasaan ini dimulai dari menentukan kapan kita harus bangun dan berapa jam waktu tidur yang kita perlukan. 

Selain itu kalian juga bisa mencoba check list Tanos sleep challenge yang bisa kalian gratis download di bawah ini

 

Tanos Sleep Challenge Day 7

Dalam Tanos Sleep Challenge hari ketujuh, saya tidur nyenyak apalagi hari ini berolahraga lumayang lama, yaitu selama 7 jam 15 menit.

Kualitas tidur kalau dilihat dari report sleep watch, saya mengalami sleep disruption selama 5 menit. Average sleeping rate ada di 45 bpm dan tidur REM selama 4 jam 10 menit.

Penutup

Kebiasaan tidur dari tokoh terkenal dunia mana yang mau kalian adopsi? Bagaimana dengan pola tidur yang sekarang? Apakah sudah cukup baik?

 

Jangan lupa pantengin IG tanos.challenge ya, siapa tahu challenge selanjutnya menarik hati kalian. Share juga pengalaman bermimpi yang menarik di kolom komentar.

 

Stay safe … xoxo

 

Baca juga: Mimpi Lucid, Rahasia Mengendalikan Mimpi, TSC Day 6.

Baca juga: Review Tanos Sleep Challenge Day 7

Referensi

Berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!