Tanos Challenge

Mimpi Lucid, Rahasia Mengendalikan Mimpi – TSC Day 6

mimpi sadar mimpi lucid

Mimpi lucid atau mimpi sadar atau lucid dream. Kebanyakan orang tidak sadar jika mereka berada di dalam mimpi. Tapi ada juga sebagian orang yang memiliki kesadaran dalam mimpinya.

Saya termasuk yang cukup sering mengalami lucid dream. Ketika bermimpi, saya mempunyai kesadaran kalau saya sedang di alam mimpi. Biasanya sesudah bangun, akan dapat mengingat walau hanya beberapa waktu. Ini berbeda dengan suami, yang tidak pernah ingat apa mimpinya.

Apa mungkin karena perbedaan jenis kelamin? Maksud saya, wanita cenderung mengingat “semua”, sementara pria rajin mensortir apa yang layak masuk ke dalam memori otaknya.

Hari ini saya memang mau ngobrolin tentang mimpi lucid/mimpi sadar/lucid dream, fakta lucid dream dan cara mengontrol mimpi, karena ada hubungannya dengan Tanos Sleep Challenge, tantangan yang diadakan di bulan Februari ini.

Cerita TANOS

Tanos singkatan dari TAntangan NaON Sih adalah program kolaborasi saya dengan kak Eka ‘artjoka yang diadakan berkala setiap bulannya. “Naon” diambil dari bahasa Sunda, yang artinya “apa”. Tanos diadakan di minggu kedua / ketiga setiap bulannya dengan durasi selama 7 hari.

Tujuannya adalah challenge diri sendiri untuk melakukan good habit yang berhubungan dengan self-love. Harapan dari tanos sendiri adalah good habit ini tetap continue dilakukan walau program Tanos periode itu telah berakhir.

Selain program tantangan 7 hari, kami juga punya program sebelumnya yang sudah berjalan yaitu

– Tanos Walking Challenge (TWC),

– Tanos Reading Challenge (TRC), dan

– Tanos Photo Challenge (TPC)

Peserta Tanos challenge ini datang dari kalangan blogger dan non blogger. Selain tantangan 7 hari, pendaftaran dibuka setiap saat.

Buat kalian yang ingin berpartisipasi, hayu kita ramaikan dan bentuk kebiasaan sehat yang baru. Caranya mudah, bisa follow IG @tanos.challenge agar tidak ketinggalan update challenge bulanan.

Siapa tahu ada challenge yang kalian tertarik untuk ikut atau mau ikut program yang sedang berjalan. Yuk Mari Ramaikan!

tanos sleep challenge

Tanos Sleep Challenge (TSC)

Tanos Sleep Challenge berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 21 Februari 2021. 

 

Di dalam tantangan ini, Tanos memberikan tantangan yang berbeda setiap harinya. Tantangan di hari itu akan berlanjut ke tantangan di hari berikutnya. Begitu seterusnya.

 

Mimpi Lucid, Rahasia Mengendalikan Mimpi - TSC Day 6 | Tanos Challenge | mimpi lucid | RenovRainbow

Checklist yang dibuat adalah untuk membentuk kebiasaan baik sebelum tidur sehingga kualitas tidur kita pun bertambah.

kebiasaan baik sebelum tidur
sleep challenge what

Pengertian Lucid Dream

Apa itu mimpi lucid/mimpi sadar/lucid dream?

Mimpi lucid pertama kali ditemukan oleh seorang psikiatris berkebangsaan Belanda bernama Frederik Willems Van Eeden di akhir tahun 1800 an. 

Pada 22 April 1913, di dalam meeting the Society for Psychological Research, Eeden melaporkan 325 dokumen tentang mimpi lucid. Juga diketahui Eeden menuliskan beberapa surat kepada Freud tentang lucid dream.

Apa yang disebut oleh Eeden sebagai mimpi lucid, Tholey (Psikolog Jerman) menyebutnya dengan Klartraum atau mimpi yang jelas. 

Jadi apa pengertian lucid dream?

Lucid dream/Klartraum/mimpi yang jelas adalah keadaan yang berbeda dengan mimpi yang biasa. Disini seseorang sadar bahwa dirinya berada di dalam mimpi dan bahkan dapat mengendalikan mimpinya seperti yang dia inginkan.

Fakta Lucid Dream

Semua tentang mimpi lucid berasal dari awareness atau kesadaran kalau seseorang berada sedang tidak di dalam kehidupan nyata atau berada di dalam mimpi.

Tholey menyebutkan juga bahwa ada beberapa kriteria mimpi sehingga dapat dikatakan sebagai mimpi lucid.

1. Kesadaran kalau dia sedang bermimpi.

2. Kemampuan melakukan apa tindakan apapun di dalam mimpi.

3. Tidak bingung dengan apa yang terjadi di dalam mimpi.

4. Menyadari siapa diri kita jika kita nanti terbangun, dan mungkin apa yang kita rencanakan di dalam mimpi.

5. Persepsi akan apa yang dirasakan oleh indera kita terasa intens dan nyata.

6. Kita menyadari kalau kita akan mengingat mimpi ini dan bahkan bisa mengingat mimpi yang lain ketika bermimpi.

7. Kita tahu mengapa kita memimpikan ini dan apa makna di balik mimpi.

Mimpi lucid bahkan sudah didokumentasikan dari jaman Yunani kuno. Kemudian para ilmuwan mulai melakukan penelitian intensif dan menemukan kalau orang bisa mempunyai kesadaran ketika sedang bermimpi. 

Ketika seseorang mengalami mimpi lucid, dia bisa menjadi aktor yang bermain di dalam sebuah scene seperti berinteraksi dengan karakter lain atau hanya sebagai penonton. 

Fakta lucid dream yang lebih mencengangkan lagi adalah seseorang bisa mempunyai cara mengontrol mimpinya seperti layaknya sutradara. Dia bisa membuat mimpinya itu menjadi seperti yang dia inginkan.

 

Cara Mengontrol Mimpi

Di dalam buku “A Field Guide to Lucid Dreaming” ada beberapa cara mengontrol mimpi yang kita dapat lakukan.

Cara mengontrol mimpi itu diantaranya,

1. Niat untuk bisa mengingat mimpi. Bisa juga menggunakan teknik mengucapkan terus menerus “saya akan mengingat mimpi malam ini”dan menuliskan di dalam jurnal. Teknik ini berfungsi untuk memasukan apa yang kita inginkan ke dalam alam bawah sadar.

2. Ketika bangun dan mengingat mimpi, tuliskan segera mimpi kita dan detailnya di dalam jurnal. Letakan jurnal mimpi di dekat tempat tidur. Dengan menuliskan mimpi kita, kita memberikan perintah kepada otak kalau ini adalah sesuatu yang penting dan kita ingin mengingatnya.

3. Cek apakah kita sedang bermimpi. Caranya adalah dengan menekan jari ke telapak tangan dan lihat apakah kita bisa merasakannya.

4. Meneruskan mimpi. Jika kita terbangun ketika sedang bermimpi, kembali lagi tidur. Ada kemungkinan kita mampu meneruskan sequel yang tadi.

Cerita Lucid Dream yang masih saya ingat

Sewaktu saya kecil sering sekali bermimpi hantu, entah karena rumah dulu yang agak angker, atau lupa berdoa sebelum tidur atau mungkin karena pengaruh tontonan. 

Saya sering mengalami ketindihan, dan melihat mahluk menakutkan. Bagi saya di jaman itu,  tidur adalah suatu pertempuran

Satu hari saya bermimpi Miss K (serem, berambut panjang, pakai baju daster putih.. tipikal banget Miss K pokoknya), tapi mukanya kok kenal ya. Miss K itu mengejar saya sampai ke sebuah terowongan panjang. 

Saya meyakinkan pada diri sendiri kalau ini tuh mimpi dan di dalam mimpi, saya bisa punya kekuatan apa aja. Namun, kekuatan itu enggak langsung muncul instan. Saya harus berusaha keras meyakinkan diri sendiri, baru kemudian bisa terbang dan kabur. 

Sayangnya saya memang berhasil kabur dari kejaran, tapi kembali dikejar mahluk lainnya.

Setelah saya sadari, Miss K itu ternyata dia adalah Vina Panduwinata, yang kebetulan posternya mejeng di kamar. Beliau yang diva saat itu memang penyanyi favorit Ibu. Saking sukanya, poster close up itu dibingkai  tapi kok disimpannya di kamar saya gitu loh. Kenapa nggak di ruangan lain? … #cryyy.

Ada yang bilang sih jin akan menghuni gambar mahluk hidup. Setelah kejadian itu, poster Mama Vina diturunkan. 

Kini saya sudah tidak tinggal lagi di sana. Namun yang menarik adalah dari sekian rumah yang saya tinggali, saya sering sekali bermimpi kembali lagi ke rumah masa kecil. Yang membuat saya terkadang merinding karena saya merasa itu nyata.

Ketika semisal saya menyentuh meja makan, duduk di sofa di ruang keluarga, perpaduan antara warna lampu dan cat dinding.

Pernahkah kalian merasakan seperti saya?

Tanos Sleep Challenge Day 6

Dalam Tanos Sleep Challenge hari keenam, saya tidur lama banget, yaitu selama 9 jam 10 menit.

Kualitas tidur kalau dilihat dari report sleep watch, saya mengalami sleep disruption selama 5 menit. Average sleeping rate ada di 54 bpm dan tidur REM selama 5 jam 45 menit.

Nampaknya saya tertidur lelap.

Penutup

Tanpa kita sadari, kita mungkin pernah mengalami mimpi lucid atau lucid dream. Fakta lucid dream ini sudah kita baca di atas kalau kita dapat menemukan cara mengontrol mimpi seperti yang kita mau. 

Buat sebagian orang, bermimpi adalah salah satu jalan berfantasi. Buat yang lainnya menggali lebih dalam alam bawah sadar mereka.

Pastinya memerlukan latihan sampai seseorang ke tahap bisa melakukan cara mengontrol mimpi yang diinginkan. 

Saya sendiri hanya lebih sering berada di tahap sadar, namun belum bisa mengontrol mimpi, membawa apa yang mau kita selesaikan di dunia nyata untuk dipecahkan di dalam mimpi salah satunya. Buktinya, tokoh terkenal dunia banyak yang menemukan ide nya di dalam mimpi. 

 

Jangan lupa pantengin IG tanos.challenge ya, siapa tahu challenge selanjutnya menarik hati kalian. Share juga pengalaman bermimpi yang menarik di kolom komentar.

 

Stay safe … xoxo

 

Baca juga: Kelumpuhan Tidur yang Suka Dikaitkan dengan Setan, TSC Day 5

Baca juga: Tanos Sleep Challenge Day 7

Referensi

Buku Why? Science – The Science of Sleep

Buku A Field Guide to Lucid Dreaming

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!