Blogging

Mengapa Ngeblog? 10 Alasan Membuat Blog yang Perlu Kamu Tahu

alasan membuat blog

Alasan Membuat Blog yang Sebaiknya Kamu Tahu. Di usia yang tidak bisa dikatakan muda lagi, saya memulai menulis blog. Tadinya tidak terpikir sama sekali untuk menjadi blogger. 

Kenapa bisa jadi terpikir? Jawabannya adalah,

The power of kepepet

Karena kebutuhan, akhirnya saya menerjunkan diri walau tanpa dasar jurnalistik. 

Berawal dari kegagalan ujian kemudian diputus dari pekerjaan karena pandemi Covid, akhirnya saya bertekad untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Tentunya agar saya bisa lulus ujian, dan mendapatkan pekerjaan yang sepadan.

Saya pernah membaca satu artikel, kalau kemampuan berkomunikasi tidak tergantung kepada bahasa yang dipergunakan. 

Dalam arti lain, bahasa asing bisa menjadi kendala. Namun, jika kita memang mempunyai kemampuan berkomunikasi baik, maka akan dapat menyampaikannya lebih terstruktur.

Dan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan satu ini adalah dengan menulis. Cerita lengkapnya, saya ceritakan di artikel saya yang berjudul Rahasia Manfaat Menulis dan Membaca (Pengalaman Pribadi).

Dunia baru penuh warna warni

Siapa yang mengira ternyata banyak banget ilmu dan peluang yang saya dapatkan dari menjadi blogger. 

Selama proses pembelajaran, saya jadi mengenal kalau menulis blog tidak hanya sekedar “menciptakan sebuah tulisan”. Seperti juga sebuah produksi, saya belajar mengemas dan memasarkannya. 

Lalu ada alasan membuat blog apalagi yang bisa membuatmu tertarik menjadi seorang blogger?

Sebenarnya banyak banget alasan yang mendasari seseorang membuat blog, tapi kali ini saya hanya akan menyebutkan 10 alasan saja yang semoga bisa menginspirasi dan menciptakan peluang.

10 Alasan Membuat Blog

Alasan membuat blog di bawah ini adalah beberapa poin yang saya temukan dari berbagai artikel di pencarian google dan yang paling dekat dengan kondisi di Indonesia.

1. Kamu ingin berbagi pengalaman dan cerita

Sedih sih waktu saya menyadari kalau banyak pengalaman yang terlupa dalam ingatan karena enggak ditulis. 

 

Bukan hanya urutan peristiwanya saja yang saya lupa, tapi juga emosi yang terlibat. Bagaimana perasaan saya, keputusan dan pertimbangan yang saya lakukan, dan makna sesudahnya.

 

Apalagi saya juga bukan tipe yang rajin update media sosial. Sehingga saya hanya mengandalkan memori yang terbatas ini. 

 

Pelajaran lain yang saya dapatkan adalah terkadang pengalaman yang biasa buat kita, adalah pengalaman yang berharga untuk orang lain. 

begadang

2. Kamu menyukai bertemu orang baru

Sebelum jadi blogger, saya berpikir kalau jadi blogger itu single fighter. Ternyata banyak banget support group yang berisikan para blogger. 

 

Beberapa support group dan/atau komunitas blogger yang saya tahu diantaranya 1 Minggu 1 CeritaBlogger Perempuan Network, Kumpulan Emak-Emak Blogger, One Day One Post (ODOP), Indonesia Social Blogpreneur, SEO Moms dan masih banyak lagi.

 

Beberapa komunitas juga memiliki WAG (WhatsApp Group) sehingga menambah erat kedekatan anggotanya. 

3. Kamu excited belajar ilmu baru

Dari WAG komunitas blogger, saya banyak mendapatkan informasi tentang pelatihan, dari mulai basic blogger seperti pengenalan Blogspot atau WordPress, tips menulis, photografi sampai SEO. 

 

Tentu saja pelatihan berarti juga kesempatan bertemu orang baru selain mendapatkan ilmu. 

 

Ilmu yang nantinya bisa kita sharing kembali dengan pembaca dan punya kesempatan mendapatkan traffic pengunjung.

Selain ilmu yang didapatkan dari pelatihan juga, banyak ilmu baru yang kita peroleh dari praktek menulis di blog.

 

4. Kamu ingin menciptakan peluang

Menciptakan peluang kerja adalah alasan membuat blog keempat. 

 

Ketika sudah tahu ilmunya, dan menerapkan di dalam tulisan. Hasil dari belajar itu terutama SEO akan berdampak pada performa blog kita. 

 

Semakin baik performa blog, tentu bisa dilihat dari tingginya nilai Domain Authority (DA), Domain Rating (DR), Page View (PV) dan rendahnya nilai Alexa.

 

Jika angka yang di atas bisa terpenuhi, akan berdampak pada rate card atau bisa juga merupakan persyaratan yang diminta klien. 

Klien apa sih yang dimaksud?

Klien yang menginginkan kerjasama dengan blog kita, misal supaya kita memberikan review produk mereka. Terkadang bukan saja nominal uang yang didapat tapi juga produk.

Atau peluang juga bisa dari hasil membranding diri sebagai blogger . Blog bisa kita jadikan sebagai resume atau bekal kita misalnya membuat seminar yang relevan dengan bidang kita.

 

Merubah Hidup Menjadi Lebih Baik

5. Kamu ingin membantu orang lain

Bergantung kepada apa niche kamu, tapi alasan membuat blog yang kelima ada hubungannya dengan orang lain. 

Passion saya pada pengembangan diri membuat kebanyakan artikel di dalam blog ini didominasi dengan tema itu baik itu dalam karir maupun personal. Termasuk juga di dalamnya buku yang saya baca dan puisi yang saya gemari.

Dengan pengalaman atau ilmu yang saya bagikan, mungkin dapat membantu mereka yang juga mengalami hal yang sama dengan saya. 

6. Kamu bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik

Seperti juga alasan yang kelima, dalam poin ini alasan membuat blog juga melibatkan orang lain dan isu isu yang tengah kamu perjuangkan.

 

Jika kamu seorang pecinta lingkungan, kamu bisa menyuarakan opinimu dengan berbagi pengalaman dan menuliskan tentang apa yang kamu ketahui berkaitan dengan lingkungan.  

7. Kamu bisa mengembangkan bisnismu

Sekarang ini banyak sekali yang mempunyai bisnis seperti online shop . Blog adalah salah satu tools yang bisa membantumu mengembangkan bisnis. 

 

Jika semisal kamu mempunyai online shop pakaian. Maka kamu bisa menuliskan blog seputar trend pakaian, bahan pakaian, sampai tips memadu padankan pakaian dengan mengambil contoh dari pakaian yang kamu jual.

8. Kamu bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Poin ini adalah alasan memilih blog yang saya pilih. 

 

Menulis bukan saja menuangkan apa yang ada di kepala, tapi juga membuatnya menjadi lebih terstruktur dan dimengerti.

9. Kamu bisa memonetisasi blog

Banyak peluang yang bisa diciptakan dari menulis blog, diantaranya monetisasi blog. 

 

Peluang ini bisa kamu dapat dari konten kerjasama seperti yang sudah dibahas dalam poin keempat, atau juga melakukan afiliasi dengan berbagai market place atau provider yang sesuai dengan niche. 

 

Peluang ini bisa lebih besar lagi jika kamu mempunyai kemampuan bahasa asing yang mumpuni, seperti bahasa Inggris. 

 

Selain jangkauannya lebih besar, kamu juga bisa berafiliasi dengan market place yang tidak ada di Indonesia, seperti misalnya afiliasi dengan Amazon. Provisi yang kamu peroleh pun dalam mata uang dollar.

 

Selain program afiliasi, kamu bisa juga mengajukan untuk Google AdSense.

 

Jika kamu bisa sukses menjadi blogger, kemungkinan untuk mendapatkan passive income lebih besar. 

 

Passive income yaitu pendapatan yang diperoleh saat asetmu bekerja menghasilkan uang sekalipun kamu sedang tidur.

10. Kamu bisa menjadi bos untuk dirimu sendiri

Jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk menjadi blogger full time, maka kamu punya kesempatan mengatur waktu sesuai dengan prioritas dan target yang ingin kamu capai.

Seperti juga pekerjaan online lainnya, menjadi blogger tidak terbatas pada tempat dan waktu. Artinya kamu bisa bekerja di belahan dunia mana saja.

Kesimpulan

Siapapun mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang blogger yang sukses apapun alasan membuat blog yang ia peroleh. 

Kamu sendiri bagaimana? Apakah karena blog dapat menciptakan peluang atau karena kamu tipe extrovert yang menyukai bertemu orang baru, yang membuatmu memutuskan menjadi blogger? Share dong pendapatmu.

Jika kamu menemukan artikel ini berguna, jangan lupa untuk share dengan teman dan kerabatmu.

 

Stay safe … xoxo

Baca juga: 5 Langkah Menemukan Nama Blog yang Tepat Buatmu.

#BPNRamadan2021

Referensi

Berbagai sumber di internet.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!