Tanos Challenge

Tidur Setelah Belajar Mampu Tingkatkan Daya Ingat, TSC Day 3

tidur setelah belajar

Tidur Setelah Belajar Mampu Meningkatkan Daya Ingat, Tanos Sleeping Challenge Day 3. Salah satu permasalahan bagi yang belajar, termasuk saya adalah hanya mampu mengingat sebagian kecil yang telah dipelajari. 

Ketika otak kita memanggil informasi itu kembali, ditunggu-tunggu namun entah nyempil dimana.

Jika berada dalam kondisi itu, apakah kamu sudah pernah cek kondisi tidur setelah belajar? Apakah cukup atau malah begadang?

 

Ternyata tidur itu tidak kalah pentingnya dengan belajar. 

Masih ingat bagaimana orang tua selalu menyuruh untuk tidur yang cukup di malam sebelum ujian? Otak itu ibaratnya spons. Dengan kondisi otak yang segar, dia mampu menyerap lebih banyak informasi.

Yuk cari tahu lebih banyak hubungannya. Namun, sebelum itu saya cerita sedikit dulu tentang Tanos Challenge.

Cerita TANOS

Tanos singkatan dari TAntangan NaON Sih adalah program kolaborasi saya dengan kak Eka ‘artjoka yang diadakan berkala setiap bulannya. “Naon” diambil dari bahasa Sunda, yang artinya “apa”. Tanos diadakan di minggu kedua / ketiga setiap bulannya dengan durasi selama 7 hari.

Tujuannya adalah challenge diri sendiri untuk melakukan good habit yang berhubungan dengan self-love. Harapan dari tanos sendiri adalah good habit ini tetap continue dilakukan walau program Tanos periode itu telah berakhir.

Selain program tantangan 7 hari, kami juga punya program sebelumnya yang sudah berjalan yaitu

– Tanos Walking Challenge (TWC),

– Tanos Reading Challenge (TRC), dan

– Tanos Photo Challenge (TPC)

Peserta Tanos challenge ini datang dari kalangan blogger dan non blogger. Selain tantangan 7 hari, pendaftaran dibuka setiap saat.

Buat kalian yang ingin berpartisipasi, hayu kita ramaikan dan bentuk kebiasaan sehat yang baru. Caranya mudah, bisa follow IG @tanos.challenge agar tidak ketinggalan update challenge bulanan.

Siapa tahu ada challenge yang kalian tertarik untuk ikut atau mau ikut program yang sedang berjalan. Yuk Mari Ramaikan!

tanos sleep challenge

Tanos Sleep Challenge (TSC)

Tanos Sleep Challenge berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 21 Februari 2021. 

 

Di dalam tantangan ini, Tanos memberikan tantangan yang berbeda setiap harinya. Tantangan di hari itu akan berlanjut ke tantangan di hari berikutnya.

 

Tidur Setelah Belajar Mampu Tingkatkan Daya Ingat, TSC Day 3 | Tanos Challenge | tidur setelah belajar | RenovRainbow

Checklist yang dibuat adalah untuk membentuk kebiasaan baik sebelum tidur sehingga kualitas tidur kita pun bertambah.

kebiasaan TSC D3
sleep challenge what

Tidur Setelah Belajar

Ketika kita belajar, semua informasi disimpan sebagai ingatan jangka pendek. Seperti namanya, 

Ingatan jangka pendek adalah informasi disimpan sementara dalam otak dan dapat terhapus.

Untuk menjadikan informasi jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang, seseorang perlu mengulangnya beberapa kali. Mungkin ada juga yang bisa mengingatnya langsung setelah belajar pertama kali, tetapi hanya sedikit orang seperti itu. Kalau bukan karena dia cerdas atau bahkan jenius, dia mungkin telah belajar bagaimana bisa menyerap informasi dengan cepat.

Lalu seperti apa informasi jangka panjang yang tadi diinginkan itu?

Informasi jangka panjang adalah informasi yang tersimpan dalam otak dan bisa diingat kapan pun dalam beberapa bulan atau seumur hidup.

Kenapa tidur setelah belajar itu penting?

Tepatnya kenapa tidur REM setelah belajar itu penting?

gelombang otak
Kategori Gelombang Otak. Sumber buku Why? the Science of Sleep

Tidur REM

Salah satu faktor untuk meningkatkan daya ingat, mengubah informasi jangka pendek menjadi informasi jangka panjang adalah tidur REM. 

Tidur REM adalah kondisi dimana gelombang otak seperti ketika kita terbangun, beraktivitas (gelombang Beta), namun sebenarnya kita tertidur pulas. 

Tahap ini disebut juga sebagai ‘tidur paradoks‘ karena tahap ini sangat berbeda dengan tahap non REM (tahapan tidur pertama sampai dengan keempat), dimana gelombang otak semakin melambat.

Para ilmuwan menganggap bahwa tidur REM adalah tahap tidur paling penting. Ini ada hubungannya dengan mesin ingatan dalam otak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur minimal 6 jam memiliki daya ingat yang lebih kuat dibandingkan dengan orang yang tidur kurang dari 6 jam. Dari sini kita bisa melihat bahwa kemampuan mengubah ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang terjadi selama kita tidur.

Bagaimana jika kita terus belajar tanpa tidur?

Lama lama informasi jangka pendek akan dihapus oleh otak.

Ketika kita tidur, otak akan merapikan informasi yang tadi kita masukan. Jika kita tidak tidur, informasi itu akan berantakan dimana mana. Seperti rumah yang berantakan, ketika kita memerlukannya, tidak mudah menemukannya atau bahkan hilang.

Tanos Sleep Challenge Day 3

Kesimpulan

Setelah tahu tentang ini, saya akan memilih tidur setelah belajar dibanding terus menerus memaksakan diri mengingat dan mengulang materi.

Dalam Tanos Sleep Challenge hari ketiga, saya gagal karena jam tidur pun kurang dari yang dibutuhkan. Saya hanya tidur selama 1 jam 45 menit.

Kualitas tidur kalau dilihat dari report sleep watch, saya mengalami tidur gelisah selama 5 menit. Average sleeping rate ada di 62 bpm dan tidur REM selama 25 menit.

Mari kita lihat di hari keempat

 

Jangan lupa pantengin IG tanos.challenge ya, siapa tahu challenge selanjutnya menarik hati kalian.

 

Stay safe … xoxo

 

Baca juga: 5 Tahapan Tidur yang Menakjubkan, TSC Day 2

Baca juga: Manfaat dari Bersyukur, TSC Day 4

Referensi

Why? Science – The Science of Sleep

TED Talk, Sleep is your superpower by Matt Walker

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!