Jurnal

Marah-Marah, Self Discovery Day 16

Marah-Marah #SelfDiscovery #Day16 – Pernahkah terpikir kenapa kita marah? Atau bahkan kenapa kita sering marah-marah. Ada berbagai penyebabnya, bisa karena kehilangan kesabaran akibat perilaku seseorang, atau karena ketidak-adilan, atau perasaan tidak dihargai.

Marah-marah

Bisa juga penyebabnya adalah trauma. Ini terjadi jika ada peristiwa di dalam ingatanmu yang ketika terpicu oleh suatu kejadian atau ucapan menyebabkan kamu menjadi marah.

 

Marah-Marah

Pertanyaan di jurnal self discovery hari ini adalah apa yang menyebabkan saya marah dan apa alasannya.

 

Beberapa tahun terakhir ini saya menyadari, ketika cuaca panas, bisa membuat saya lebih short tempered alias cepat marah. 

Hal lain yang biasanya membuat saya marah adalah terkait dengan hal-hal yang saya kurang suka dalam postingan sebelumnya. Terutama yang berhubungan dengan trauma, saya lumayan struggle menghadapinya.

 

Jika saya marah atau sedang stress cukup berat biasanya langsung berdampak pada kesehatan. Sakit kepala sudah pasti langsung menyerang.

 

Apakah marah-marah itu baik?

 

Menurut saya, marah seperti juga perasaan yang lain, sebaiknya harus dikelola. Marah itu baik, karena dengan begitu kita mengerti perasaan kita sendiri dan kenapa itu muncul.

 

Marah adalah reaksi terhadap apa yang kita pikir sebagai ancaman. Ya betul, sebagai ancaman. Otak kita langsung tuh mengirimkan signal emergency, sehingga tubuh melepaskan adrenalin. 

 

Mengenali perasaan kita menurut saya penting, sehingga kita tau bagaimana kita bereaksi jika hal yang tidak membuat kita nyaman itu terjadi.

 

Anger Management

anti stress

Saya sendiri menerapkan prinsip TANPA KAMU atau jika memang terlalu intense perasaannya, saya akan mengurung diri di dalam gua dulu, menenangkan diri. Yang saya masih struggle adalah, menyampaikan perasaan saya dengan baik dan tanpa emosi.

 

Bagaimana dengan kalian? Apakah yang kalian lakukan jika marah?

Stay safe …. xoxo

 

Baca juga, Perjuangkan Apa yang Harus Diperjuangkan, self discovery journal hari ke-15

Baca selanjutnya, Keahlian Unik, self discovery journal hari ke-17

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!