Kesehatan,  Kesehatan mental

6 Tips Anti Stress yang Manjur, TANPA KAMU

Dalam kehidupan tidak kita tentu tidak akan luput dari yang namanya stress. TANPA KAMU adalah tips anti stress bagi kita yang mengalami kejadian tidak terduga, mengejutkan dan kurang mengenakan. 

 

Saat keinginanmu belum terwujudkan, ingatlah bahwa “manusia hanya bisa berencana, tetapi Allah SWT sebaik-baik perencana”- Q.S. Ali Imran:54

 

Pagi ini saya bangun dengan “feel good”, mengawali pagi dengan bangun relatif lebih pagi , disambung rutinitas A, B, C kemudian mengganti pakaian berkebun dan duduk di teras belakang sambil menikmati secangkir kopi tanpa gula, kesukaan saya. Saya tidak terpikir kalau hari ini akan stress.

Matahari yang bersinar di pagi ini, menyinari sisi kiri wajah, indah sekali. Sambil menyeruput kopi, saya pun memikirkan kegiatan menarik apa yang akan saya lakukan di kebun hari ini. 

Tiba tiba di tengah lamunan saya, saya teringat akan paket pempek yang saya pesan yang kini berada di  Packstation/stasiun pengambilan paket. 

Begini Cerita Sebelumnya

Cerita nya saya pesan pempek di kota sebelah, kemudian paket dikirim lah ke Deutsche Post (kantor pos) pada hari Selasa. Setelah bukti pengiriman dikirimkan via wa chat, saya pun memasukan kode pengiriman di app DHL untuk mengetahui Sendungverfolgung / pelacakan pengiriman. Dari situ saya men-track pengiriman. Terutama karena ini dikirim oleh DHL, biasanya kurir pengiriman tidak sesabar jika pengiriman oleh kurir Amazon. 

Siang itu saya lihat statusnya sedang dikirimkan. Sore hari nya sekitar pukul 16:00 saya cek kembali ternyata statusnya berubah kalau paket tidak bisa dikirimkan dan mulai jam 19:00 bisa diambil di Packstation. Kemudian saya cek kotak post di rumah tetapi tidak ada  Post Benachrichtigungszettel / slip pemberitahuan pos, biasanya ini diberikan jika penerima tidak ada di tempat.

Pagi ini, setelah saya teringat akan paket, saya pun segera berganti baju, jarak ke Packstation sendiri hanya sekitar 1,2 km dari rumah. Hitung hitung jalan jalan pagi, pikir saya.

Sembari berjalan ditemani lagu koleksi Simply Red dari Amazon Musik, saya membayangkan wah hari ini bakal makan pempek nih. Perasaan senang langsung muncul memenuhi dada, dan saya pun mempercepat langkah.

 

Kotak Kuning Besar itu Bernama Packstation

Packstation

Setibanya di Packstation, saya hanya melihat sederetan loker berwarna kuning kira kira sepanjang tempat pemberhentian bus. Di sudut kanan atas terdapat tulisan Packstation, dan di tengah di antara loker loker itu terdapat semacam mesin mirip seperti mesin ATM. 

Saya tengok mesin itu dan terdapat instruksi cara pengambilan paket. Sebelah kiri adalah memasukan Abholcode /kode pengiriman dan sebelah kanan adalah scan Post Benachrichtigungskarte/ kartu notifikasi.

 Saya yang belum pernah berhadapan dengan model pengambilan seperti ini pun menengok ke kanan, ke kiri, ke belakang Packstation dan berharap di sekitar ada semacam kantor kecil DHL . 

Harapan saya pupus ketika saya melihat ada kurir pos memasukan setumpukan paket ke dalam loker dengan melakukan serangkaian prosedur di mesin. 

Kemudian saya mencoba menelpon no  Customer Service yang tertera di layar bawah mesin. Singkat cerita, si mbak menjelaskan bahwa pengambilan paket tidak dapat diproses tanpa kartu. 

Saya pun meminta kode tapi dia bilang kode dikirimkan bersamaan dengan kartu melalui app. Kemudian si mbak berkata bahwa mungkin kartu notifikasi akan dikirimkan melalui pos hari ini tetapi kalau dalam beberapa hari tidak ada saya harus menelpon kembali CS. Kalau sampai harus beberapa hari sih kemungkinan pempek sudah rusakbegitu pikir saya

Di jalan pulang, saya pun teringat kalau nama di list bel rumah sempat diganti karena kita mengganti telepon yang tersambung dengan bel. 

Astagfirullah …. Kok bisa sampai kelupaan sih,  begitu pikir saya. Tag nama saya terdapat di tombol yang tidak berfungsi. Selama ini biasanya kurir post (selain DHL) akan mencoba tombol dengan nama suami yang berada tepat di atas tag nama saya misalnya.

Tombol bel depan rumah yang udah lumayan jadul, membuat kami kesulitan mengganti tag nama. Saya teringat dua bulan yang lalu saya minta suami mengganti karena saya tidak berhasil membukanya. Dia hanya bilang ya, nanti diganti. Seperti yang kalian duga, sampai sekarang ya belum diganti . 

Kalau sudah kejadian seperti ini, hanya bisa merenung, duh siapa sih yang bakal kepikiran kalau cuma urusan ambil paket berubah jadi drama dan saya mulai sedikit stress

Mungkin kalian pernah mengalami hal yang kurang lebih sama, hal sederhana tetapi berujung sesuatu di luar dugaan. Tapi bukankah itu hidup, penuh dengan kejutan. Apa yang kita inginkan dan kita rencanakan walau sudah matang bisa berubah 180 derajat di ujungnya.  

Saya lanjut merenung, bisa aja sih saya terus nyalahin A, B, C tapi berarti saya mengorbankan “feel good” pagi tadi dengan hal yang di luar kendali saya. 

Kemudian saya teringat catatan saya tentang tips anti stress yang ampuh. Tips anti stress itu membantu supaya saya bisa kalem, ngga stress ketika menghadapi kejadian yang tidak terduga yang mungkin kurang menyenangkan. 

6 Tips Anti Stress dalam Menghadapi Kejadian Tidak Terduga (yang Kurang Menyenangkan)

anti stress
6 Tips Anti Stress TANPA KAMU

 Jika kalian mengalami kejadian yang tidak terduga dan mengejutkan, ingat saja akan Tips Anti Stress – TANPA KAMU

1.    Tenang dan jangan panik. Ketika kita panik, kemampuan untuk berpikir jernih memecahkan masalah akan menurun.

2.    Ambil Nafas dalam-dalam untuk beberapa saat. Jangan bereaksi langsung terhadap apa yang terjadi, sebaliknya tarik lah nafas dalam dalam. Ini dapat meredakan ketegangan dan menjaga diri kita agar tidak panik.

3.    Pikirkan langkah apa yang bisa diambil sekarang untuk mengatasi masalah.

4.    Abaikan pikiran menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Mencari tau apa penyebabnya hanya dengan tujuan untuk antisipasi kejadian di masa mendatang.

5.    Kenali Apa eMosi mu. Ketika kejadian tidak menyenangkan terjadi, perasaan sedih, emosional biasanya muncul. Bicarakan dengan sahabat, orang terdekat atau orang yang kita rasa dapat membantu memecahkan masalah. Cobalah juga untuk tersenyum walau perasaan tidak menentu, ini akan dapat membantumu untuk lebih legowo.

6.    Ubah keadaan atau emosi/perasaan. Kita tidak dapat melakukan apa apa yang di luar kendali kita tetapi perasaan kamu sepenuhnya milik kamu. Jika keadaan tidak dapat dirubah, maka kamu lah seorang yang dapat merubah keadaanmu.

Nah sekarang tinggal saatnya kita berlatih dengan Tips Anti Stress, Supaya ingat, ingat aja Tanpa Kamu

Jangan pantang menyerah ya karena latihan ini memerlukan kesabaran sampai kamu bisa menguasai emosi mu. 

Tahukah juga kamu ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stress

 

Akhir Cerita

karma

Ketika saya sampai di rumah, saya bergegas memindahkan tag nama di bel rumah bersatu dengan nama suami, daftar di app DHL supaya ke depannya saya mendapatkan notifikasi melalui e-mail atau no telepon, menghubungi kembali CS karena kartu notifikasi tidak juga datang hari ini dan sore nya saya coba cek ke kantor pos.

Saya juga sempat curhat dan baru tersadar  kalau ini mungkin adalah tindakan preventif gara gara kasus durian kemarin kemarin ini di salah satu kantor pos yang bikin heboh karena bau nya. Ketika saya membaca berita itu, saya memang tertawa dan sekarang saya merasa karma sedang menyapa Hallo pada saya. Duh.

Kalau kalian pernah kah mengalami kaya yang saya alami sekarang?

 

Stay safe … xoxo

16 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!