Tanos Challenge,  Review

Business Model Generation, TRC Day 7

business model management

Business Model Generation Tanos Reading Challenge Day 7. Setelah kemarin sudah sampai di Bab 18 Novel The Vintage Girl karya Hester Browne, saya terpaksa menunda membaca akhir Novel karena perlu sedikit penyegaran.

 

Tulisan ini tentunya dibuat dalam kaitan Tanos challenge.

 

Jadi Tanos kembali mengadakan tantangan bulanan nih. Di bulan November ini, kita mengadakan tantangan membaca buku dengan ketentuan yang super mudah tentunya, yaitu meluangkan waktu minimal 15 menit. Itu saja.

 

Harapan dari tantangan ini kita bisa menumbuhkan kembali kebiasaan membaca buku yang mulai tergeser oleh prioritas yang lainnya. Tantangan membaca buku kali ini juga bisa dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan membaca kita.

 

Untuk Tanos Reading Challenge, saya sebelumnya memilih buku The Vintage Girl. Hari ini saya mengganti buku dengan Business Model Generation.

 

Sebelum saya cerita lebih banyak tentang buku ini, saya mau cerita sedikit tentang Tanos nih.

Cerita TANOS

Tanos singkatan dari TAntangan NaON Sih adalah program kolaborasi saya dengan kak Eka ‘artjoka yang diadakan berkala setiap bulannya. “Naon” diambil dari bahasa Sunda, yang artinya “apa”. Tanos diadakan di minggu kedua setiap bulannya dengan durasi selama 7 hari.

 

Tujuannya adalah untuk menantang kita melakukan good habit yang berhubungan dengan self-love. Harapan dari tanos sendiri adalah good habit ini tetap continue dilakukan walau program Tanos periode itu telah berakhir.

 

Selain program tantangan 7 hari, kami juga punya program sebelumnya yang sudah berjalan yaitu Tanos Gratitude Journal Challenge (TGJC), Tanos Walking Challenge (TWC) dan Tanos Drink Water Challenge.

 

Peserta Tanos challenge ini datang dari kalangan blogger dan non blogger. Selain tantangan 7 hari, pendaftaran dibuka setiap saat.

 

Buat kalian yang ingin berpartisipasi, hayu kita ramaikan dan bentuk kebiasaan sehat yang baru. Caranya mudah, bisa follow IG @tanos.challenge agar tidak ketinggalan update challenge bulanan. Siapa tahu ada challenge yang kalian tertarik untuk ikut atau mau ikut program yang sedang berjalan. Yuk Mari Ramaikan!

Tanos Reading Challenge Day 7

Tanos Reading Challenge

Tanos Reading Challenge berlangsung dari tanggal 9 sampai dengan 15 November 2020. Jumlah Pejuang Tanos yang ikutan sebanyak 15 orang termasuk saya dan Kak Eka ‘artjoka’.

 

Rekap TRC 15.11.20

Winner of the Day

Pemenang Tanos Reading Challenge hari ini adalah Kak Dyah Laras dengan bukunya berjudul “Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children ”. Selamat Kak Dyah … hooray.

Business Model Generation, Alexander Osterwalder & Yves Pigneur

Business Model Generation adalah buku yang banyak dipakai sekolah bisnis di dalam list buku yang harus dibaca.

Buku ini juga termasuk koleksi buku yang juga belum tamat dibaca dan saya beli sekitar 2-3 tahun yang lalu. Alasan tidak tamat, saya hanya mencari poin yang saya ingin tahu saja dan tidak membaca keseluruhan.

Mungkin ini salah satu alasannya saya gagal dalam berusaha huhu karena tidak mengerti apa yang saya baca.

 

Hari ini saya membaca sebanyak 281 halaman selama 370 menit.

Overview

Business Model Generation,adalah buku yang pas buat para entrepreneur yang mau memulai usaha. Di dalam buku ini dijelaskan bagaimana agar produk kita bisa menjawab kebutuhan konsumen. Buku ini cocok untuk yang sedang menyusun business plan.

Hal penting yang saya pelajari dari buku ini adalah,

– Kanal market, proporsional value dan grup konsumen adalah tiga landasan dasar.

– kita harus mengetahui terlebih dahulu hubungan seperti apa yang ingin kita jalin dengan konsumen, aset apa saja yang harus kita punya, dan bagaimana mendapatkan modal pembiayaan.

– buat perencanaan operasional harian, siapa saja yang terlibat dan bagaimana struktur pembiayaan.

Di dalam buku ini juga diterangkan bagaimana pentingnya story telling di dalam bisnis.

Kesimpulan

Buku ini sangat recommended buat yang akan memulai usaha di bidang apapun, juga buat yang kuliah Management. Untuk lebih lengkapnya lagi saya akan menuliskan review buku ini di postingan terpisah karena saya mesti mengulang membaca kembali untuk menyamakan persepsi catatan saya.

 

Jangan lupa untuk mengunjungi blog kak Eka artjoka untuk melihat bagaimana keseruan membaca hari ini.

 

 

Stay safe … xoxo

 

Baca Selanjutnya, Review Business Model Generation.

Referensi

Businesss Model Generation, Alexander Osterwalder & Yves Pigneur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!