Pengembangan Diri

Tanya Veronika Asisten Virtual, Siap 24 Jam #TerusMelayani

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual yang 24 Jam #TerusMelayani. Saya dan keluarga adalah pemakai setia Telkomsel. Alaannya sederhana karena jangkauannya yang luas sampai ke pelosok. 

Saya masih ingat ketika dulu harus mengantri untuk membeli nomor di GraPARI Telkomsel. Nomor yang saya peroleh masih 11 digit. Sayang nomor ini sudah hangus sekarang, karena terlambat mengisi.

Biaya membeli kartu yang dikeluarkan kala itu cukup mahal dengan pulsa Rp 500.000. Yang jika dipakai ke luar kota, akan terkena roaming.

Di jaman itu supaya tidak memotong pulsa, ada trik menelpon tiga (3) detik, ada yang masih ingat? Kalau kita kalah cepat menekan tombol tutup telepon, ada Mbak Veronika yang menyapa kita. Kalau dulu ada twitter, mungkin Mbak Veronika masuk trending topic… hehehe.

Dulu hubungan dengan Veronika hanya sebatas mengecek voice mail, mencek sisa pulsa, menukar poin, berlangganan paket seperti paket unlimited menelpon seharian atau menelpon malam. Caranya sangat mudah, cukup dengan menekan *888#.

Tahun-tahun berikutnya Telkomsel terus berinovasi untuk memudahkan konsumen terutama ketika penggunaan paket data bagi smartphone sudah mulai marak.

Nah di tahun 2017 yang lalu tepatnya pada tanggal 24 Agustus 2017, Telkomsel telah mengeluarkan Veronika dengan format baru yaitu Tanya Veronika Asisten Virtual

Adik Minta Pulsa

Paket internet di masa pandemi corona tidak hanya dibutuhkan untuk hanya sekedar surfing di internet, tetapi juga dipakai untuk kegiatan daring, video conference, sampai urusan entertainment. 

Hal ini sering sekali dialami Adik saya yang masih kuliah. Kadang di tengah perkuliahan, tiba-tiba mengirim saya chat, “Teteh, minta pulsa dong”. Kalau diterjemahkan artinya, “Teteh, minta dikirimi kuota.” 

Ini bukan modus penipuan seperti “Mama minta pulsa” yang dulu pernah semarak terjadi, melainkan memang terkadang kita juga dihadapkan di situasi dimana kita tidak bisa keluar rumah untuk membelinya. Nah buat kamu, pengguna produk Telkomsel yang mau tahu cara beli paket yang paling praktis? .. Tenanggg… 

Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan layanan Telkomsel mu. Mau cek pulsa, isi kuota Telkomsel sampai cek Telkomsel POIN mudah banget, karena Telkomsel sekarang punya banyak pilihan. Ada UMB, Asisten Virtual Telkomsel dan Mitra Telkomsel. 

Layanan Telkomsel
Kanal Layanan Telkomsel. Sumber FanPage Telkomsel

Nah kalau soal layanan, saya memilih Tanya Veronika Asisten Virtual dong, yang hadir untuk #TerusMelayani, karena lebih interaktif

Mau tahu gimana caranya?

Yuk baca terus artikel ini.

Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual Chatbot

Ada yang tahu slogan Telkomsel? 

Ya, betul … Slogan Telkomsel adalah,

“Begitu Dekat Begitu Nyata”

Slogan inilah yang dibuktikan Telkomsel dengan adanya Tanya Veronika Asisten Virtual, yaitu layanan digital berbasis chat yang melayani pelanggannya untuk melakukan transaksi seperti pada akses *888#.

Layanan digital berbasis chat itu melayani antara lain,

– pembelian pulsa,

– mengecek sisa kuota internet.

– menukar Telkomsel POIN.

– tanya lokasi GraPARI terderkat,

– serta pertanyaan seputar layanan Telkomsel.

Layanan digital berbasis chat yang dinamakan chatbot ini adalah sebuah program komputer yang mensimulasi percakapan manusia melalui perintah suara, text atau keduanya. 

Chatbot sendiri adalah kependekan dari chatterbot atau Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP) fitur yang dapat disisipkan dan digunakan melalui aplikasi chat.

Itu mengapa Veronika Asisten Virtual hanya dapat kita akses melalui aplikasi chat. Jadi yang membalas pesan kita itu adalah program komputer.  Ini jelas berbeda jika kita menghubungi Customer Service Bank misalnya di kolom chat atau ketika diarahkan ke chat aplikasi Whatsapp.

Teknologi ini sudah kita pergunakan juga misalnya Siri di Apple, Google Assistant, Alexa dari Amazon dan Microsoft Cortana. 

Chatbot seperti Veronika Asisten Virtual Telkomsel ini pintar loh, karena dia bisa belajar dan beradaptasi untuk merespon pertanyaan yang diajukan.

Jadi mengapa sih kita harus Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel?

Alasan yang utama tentunya karena layanan digital berbasis chat ini bisa kita lakukan dimana pun, 24 jam, responnya cepat, mudah diakses karena dia mempunyai banyak kanal yang bisa kita hubungi.

Akses untuk Asisten Virtual Telkomsel ​

Sebagai pelanggan Telkomsel, kita dapat mengakses melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel yaitu,

– Whatsapp, di nomor +62811 1111 1111.

– Situs web Telkomsel.

– Aplikasi MyTelkomsel, yang bisa diunduh di Play Store dan Apple Store.

– FB Messenger, @Telkomsel

– Telegram chatbot, @Telkomsel_official_bot

– LINE, @Telkomsel

Karena  penasaran, saya pun mencoba cara tanya Veronika dari berbagai kanal di atas.

 

Whatsapp

Berikut ini adalah cara kamu mengakses Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel melalui aplikasi Whatsapp:

1. Save nomor Veronika (+62811 1111 1111). Pastikan kamu menchat Veronika dari nomor Telkomselmu, supaya dia bisa langsung terhubung dengan sistemnya dan dapat menginformasikan berapa sisa saldomu, waktu masa aktif serta total kuota internet.

2. Ketik “Hai”

3. Veronika bakal nawarin kamu hal apa saja yang bisa dia bantu. Disini ada 6 pilihan. 

1. Isi Pulsa

2. Beli Paket

3. Tukar poin

4. Kirim paket untuk teman.

5. Ganti Kartu.

6. Bantuan lainnya.

Jika kamu memilih 6. Bantuan lainnya, akan ada pilihan lagi 

1. Ganti kartu

2. Sapa Customer Care

Untuk memilih cukup tekan angka pilihannya atau huruf yang dicetak tebal.

Saat ini saya hanya perlu mengisi ulang, maka saya ketik 1.

4. Veronika memberitahu bahwa pembelian pulsa ini hanya bisa menggunakan LinkAja. Nominal pulsa yang bisa dibeli disini mulai dari Rp50.000,- s/d Rp300.000,-. Keuntungan membeli melalui Veronika Asisten Virtual Telkomsel karena mereka terkadang mempunyai promosi. Seperti periode 1 – 10 Februari 2020, cashback LinkAja sebesar 20%-21%.

Nah gimana mudah kan?

Jika kamu ingin mengetahui lokasi GraPARI terdekat, cukup ketik “GraPARI terdekat” lalu gunakan fitur Share Location.

Cara Tanya Veronika Asisten Virtual Layanan Digital Berbasis Chat

Review Chatbot via Whatsapp

Pro:

– Mudah, bisa dihubungi kapan saja dan tersedia pilihan Menu Sapa Customer Care untuk pilihan selain yang biasa.

Kontra:

– Tidak ada verifikasi kode untuk keamanan.

– Metode pembayaran hanya LinkAja. 

Situs www.telkomsel.com

Sama mudahnya dengan chat di WAG, kita juga bisa Tanya Veronika Asisten Virtual melalui web Telkomsel. Ketika kita memasuki home, akan kita lihat Veronika di sudut kanan bawah.

1. Klik gambar Veronika dan akan muncul kolom chat dengan pertanyaan pertama menanyakan nama kita. Kolom ini wajib diisi ya.

2. Veronika akan menyapa kita dengan “Hallo aku Veronika, asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan tentang Telkomsel, Veronika bisa bantu”

3. Kemudian tanyakan apa kepentinganmu. Keyword chat bisa diambil dari opsi chat di Whatsapp (lihat di atas). Misal, jika kita ingin menanyakan Telkomsel POIN, maka cukup ketik poin. 

4. Veronika nanti akan menanyakan nomor Telkomsel kamu.

Review Chatbot via Situs Telkomsel

Pro:

– Mudah dan bisa dihubungi kapan saja.

Kontra:

– Tidak terdapat opsi seperti pada chat Whatsapp. Jika orang yang tidak mengetahui itu adalah robot, bisa saja menuliskan panjang lebar masalahnya. Sebagai contoh disini saya menanyakan mengenai kartu yang hangus. Jawabannya tidak mengena karena mungkin belum ada di program, sehingga template jawaban yang diberikan adalah mengenai terblokirnya kartu.

Aplikasi MyTelkomsel

Untuk mengakses aplikasi MyTelkomsel yang bisa kita download dari Google Play Store atau Apple Store

1. Untuk mengakses aplikasi, kita harus memasukan nomor Telkomsel. Kemudian T-SEL APPS akan mengirimkan link untuk login aplikasi melalui sms. SMS ini akan kamu terima meskipun lokasi sedang berada di luar negeri.

2. Klik link untuk login aplikasi, dan jangan berikan sms ini ke siapapun.

3. Untuk menambahkan pulsa, klik “add credit” dan untuk membeli paket quota klik “buy package”.

4. Contoh, untuk membeli pulsa. Klik pilihan pulsa yang tersedia disana. Pulsa yang bisa kamu beli dari nominal Rp10.000,- dengan masa tenggang 15 hari sampai Rp1.000.000,- dengan masa tenggang 330 hari.

5. Pilih metode pembayaran yang paling sesuai. Pilihannya kartu kredit, virtual account (BCA, Mandiri, BNI), E-Money (LinkAja, Gopay, ShopeePay).

6. Di layar akan terlihat tanggal, jam dan nomor transaksi serta jumlah kredit yang sebelumnya kita pilih. Kemudian panduan untuk melakukan pembayaran. 

Review MyTelkomsel

Pro:

– Mudah dan bisa dihubungi kapan saja dari ponsel.

– Tersedia menu yang jelas dan juga update promo produk Telkomsel.

– Tidak mungkin terjadi kesalahan nomor ketika membeli pulsa atau kuota.

– Metode pembayaran lebih beragam dibandingkan dengan chatbot Tanya Veronika Asisten Virtual via Whatsapp.

– Tidak ada tambahan biaya untuk pembelian pulsa. Saya biasa membeli lewat internet banking dan biasanya harus membayar biaya tambahan sebesar Rp1.500,-. 

– Mendapatkan Telkomsel POIN. Hal ini saya baru sadari ternyata pembelian melalui bank tidak mendapatkan poin, karena POIN saya 0. 

Kontra:

– Tidak ada tombol konfirmasi “Telah Melakukan Pembayaran”. Sehingga sesudah saya mendapatkan konfirmasi via sms, App langsung saya tutup, karena jika kembali menu, saya melakukan pembelian kembali.

FB Messenger, @Telkomsel

Kamu bisa menggunakan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual lewat facebook (FB), sepanjang kamu memiliki akun FB. Caranya mudah, seperti di bawah ini:

1. Pilih pesan baru di FB Messenger. Ketik Telkomsel.

2. Sapa Veronika dengan “Hai”.

3. Veronika akan membalas pesanmu dengan promosi (jika ada) dan memintamu untuk menyebutkan nomor Telkomsel.

4. Ketik nomor Telkomsel kamu. Veronika akan langsung mengetahui apakah nomor Telkomselmu masih aktif atau tidak. Saya disini memasukan nomor saya yang hangus, dan langsung terdeteksi kalau nomornya sudah tidak atif.

5. Veronika akan membalas dan menyarankan dengan keyword yang ada (keyword seperti pilihan pada Whatsapp.

6. Jika permintaan kita di luar dari pilihan, Veronika akan mengirimkan link melalui SMS yang berlaku selama 3 menit. Kita diminta untuk mengklik link tersebut. Link itu mengarah kepada aplikasi FB Messenger.

7. Setelah nomor terverifikasi, kamu bisa melakukan percakapan kembali dengan Tanya Veronika Asisten Virtual.

Review Chatbot di FB Messenger, @Telkomsel

Pro:

– Mudah dan bisa dihubungi kapan saja selama kita mempunyai akun FB.

– Ada clue kata kunci untuk menanyakan.

– Nomor yang masuk akan diverifikasi terlebih dahulu.

Kontra:

– Di dalam ponsel harus ada aplikasi FB Messenger, karena link sms akan mengarah kesana. Saya yang mengirimkan pesan lewat browser, tidak bisa melanjutkan chat karena nomor tidak terverifikasi.

Telegram, @Telkomsel_official_bot

Buat kamu pengguna aplikasi pesan Telegram juga bisa menghubungi Tanya Veronika Asisten Virtual . Caranya mudah, seperti di bawah ini:

1. Cari @Telkomsel_official_bot di Telegram.

2. Sapa Veronika dengan “Hai”.

3. Veronika akan membalas pesanmu dengan promosi (jika ada) dan memintamu untuk menyebutkan nomor Telkomsel.

4. Ketik nomor Telkomsel kamu. 

5. Veronika mengirimkan kode yang berlaku 3 menit melalui SMS ke nomor yang kita sebutkan tadi.

6. Setelah kita memasukan kode, Veronika akan menyapa kita sesuai dengan nama yang tercantum di kontak Telegram dan kita bisa menanyakan permasalahan kita.

7. Jika dia tidak mengerti pertanyaan kita, Veronika akan memberikan kita clue kata kunci.

8. Untuk pilihan Isi Ulang, voucher yang tersedia sama seperti pilihan pada Whatsapp, yaitu mulai dari Rp50.000.- sampai dengan Rp300.000,-

9. Pilihan metode pembayaran yang ditawarkan ada kartu kredit, E-Banking dan LinkAja serta tombol batalkan. Untuk pilihan E-Banking ada pilihan Bank Permata dan Bank Danamon.

Review Chatbot Telegram, @Telkomsel_official_bot

Pro:

– Mudah dan bisa dihubungi kapan saja.

– Ada clue kata kunci untuk menanyakan.

– Pilihan metode pembayaran lebih banyak dibandingkan dengan yang ditawarkan di Whatsapp. 

– Ada fungsi verifikasi kode.

– Sangat impresif! Saya disini menchat panjang lebar dan bot masih mendeteksi maksud pertanyaan saya dengan benar.

Kontra: 

– Clue untuk kata kunci dapat dibuat seperti metode pembayaran. Mengingat Telegram memungkinkan untuk memilih opsi dengan menekan tombol opsi.

Kesimpulan

Telkomsel dengan produk dan layanannya membuat kita selama masa pandemi Corona ini #DiRumahTerusMaju. Untuk tahu info penawaran apa saja yang sesuai sama kebutuhanmu selama di rumah, langsung Tanya Veronika Asisten Virtual.

Asisten virtual Telkomsel ini bakal siap 24 jam #TerusMelayani kamu untuk menikmati segala penawaran dari Telkomsel. 

Veronika bisa dihubungi dari berbagai macam platform, diantaranya lewat whatsapp, telegram, LINE, Facebook Messenger, MyTelkomsel dan website resmi Telkomsel.

Cara tanya Veronika Asisten Virtual juga mudah banget nih. Tinggal kamu ikuti saja panduan di atas yang sudah saya tulis.

Yuk hubungi Veronika sekarang untuk mempermudah kebutuhanmu.

Referensi

Website resmi Telkomsel

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!