Kesehatan

Sehat dan Awet Muda dengan Air Putih, Sederhana Namun Hasilnya Mencengangkan.

Sehat dan Awet Muda dengan Air Putih, Sederhana Namun Hasilnya Mencengangkan. – Tidak dapat dipungkiri buat sebagian orang penampilan fresh dan muda adalah yang dicari. Kalau dulu ketika internet belum seperti sekarang, kita termakan kampanye marketing produk dari iklan di televisi. Lalu bagaimana dengan jaman sekarang? Hmmm … jauh ke level yang lebih tinggi.

 

Buat kaum Hawa seperti saya, yang dicari adalah kulit glowing dan kencang yang terpancar walau tanpa filter aplikasi sekalipun. Ketika browsing di Internet, misalnya di Instagram, lagi-lagi yang muncul di search feed kita adalah kaum hawa dengan kulit glowing tadi yang bikin kita terkadang jadi insecure

 

Lebih insecure lagi jika kita melihat seseorang yang separuh baya tapi masih terlihat muda atau kaum Adam yang kulitnya nggak kalah glowing bikin gemes. 

 

Untuk menenangkan hati kita bilang, 

“Ya si doi kan punya banyak uang. Kita juga bisa punya kulit kaya gitu kalau saja uang tidak lagi menjadi masalah”

 

Benarkah urusan kulit hanya bisa diperbaiki dengan perawatan estetik dari luar saja?

 

Awet Muda dengan Air Putih

Sehat dan Awet Muda dengan Air Putih

Beberapa bulan ke belakang, saya sempat mengobrol dengan salah satu teman di WhatsApp. Setiap kali dia menaruh update di story, saya selalu membukanya. 

 

Ada yang menarik dari teman saya ini. Di usianya yang mendekati kepala 4 ini, kulitnya seperti kulit yang berumur 25 an. Dia hampir tidak pernah menggunakan filter, jadi fotonya ya apa adanya saja.

 

Dengan kesibukan sebagai seorang Ibu dengan dua orang anak, dan juga mengelola online shop, dia selalu tampak segar, bugar dan kulit kenyal hehehe.

 

Kulitnya tidak saja kenyal, tetapi juga tidak memiliki noda hitam akibat paparan sinar matahari, yang kalau orang Sunda bilang kokoloteun. Jika kita sudah terlanjur memiliki flek atau noda hitam ini, tidak ada yang banyak dilakukan dari dalam. Ini sendiri harus dilakukan sejak dini, dengan mengoleskan sunscreen/sunblock.

 

Apa yang bisa sekarang kita lakukan dong? Jawaban simple, yaitu melakukan apa yang di dalam kendali kita, yaitu mengatur pola makanan, minum air putih, berolahraga dan menjauhkan dari stress permanen.

Hal yang sama diutarakan oleh teman saya itu. Waktu saya berkata, “ah masa sih… bisa awet muda dengan air putih”. Dia berkata khususnya untuk air putih, dia selalu rutin setiap jam setidaknya mengkonsumsi satu gelas air. Ketika dia berolahraga, dia akan mengkonsumsi lagi lebih banyak air putih.

Sehat dengan Air Putih

Awet Muda dengan Air Putih menurut Expert

Tahukah kalau kulit yang menutupi badan kita, sebenarnya menceritakan banyak tentang diri kita? Ada banyak yang bisa dibantu dengan teknologi seperti perawatan dari luar tetapi faktor yang paling penting sebenarnya dari dalam, yang berhubungan dengan gaya hidup.

 

Kulit tergantung dari apa yang kita konsumsi.

Yup, kalian tidak salah baca.

Konsumsi dari apa yang kita makan, yang kita minum, juga konsumsi untuk otak dan mental kita. 

 

Ketika kita tidak dapat mengelola stress dengan baik, misalnya, akan dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan kulit. Ketika kita tidak menjaga pola makan misal banyak makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi, dapat menyebabkan kulit menjadi break out. Ketika kita kurang mengkonsumsi air putih, salah satunya akan menyebabkan kulit kusam.

 

Niti Patel, seorang dietitian dari New York menerangkan bahwa dengan menjaga pola hidup aktif, konsumsi makanan dan minum air putih yang banyak, kita akan mendapatkan kesehatan yang optimal.

 

Dia menambahkan,

 

“semua sel tubuh kita mengandung air, dan sel itu membutuhkan air agar dapat bekerja efisien. Dari mulai pelumasan sendi sampai proses memompa darah ke otot, kita membutuhkan air untuk melakukan hampir semua fungsi organ tubuh”.

 

Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, kurangnya konsumsi air minum terkait dengan karakteristik demografi, termasuk usia tua. 

 

Orang tua mengkonsumsi air lebih sedikit karena berkurangnya rasa haus.

 

Orang tua juga rentan terhadap dehidrasi, karena peningkatan prevalensi penyakit kronis dan konsumsi obat-obatan. Gejala dehidrasi berupa mulut kering, pusing, lelah dan kram otot. Jadi semakin bertambahnya usia, jangan lupa ya Sahabat, untuk mengutamakan minum air putih.

 

Oleh karena itu, penting sekali untuk menerapkan kebiasaan minum air putih selagi muda, walaupun kita sendiri sebenarnya tidak haus.

 

Patel menyarankan ketika di pagi hari sesudah bangun, untuk minum segelas air hangat dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Alasannya karena sepanjang malam, tubuh kita mengalami dehidrasi, tidak minum. Air lemon ini akan mempunyai efek menyegarkan tubuh. Usahakan juga mulai melakukan rutinitas minum air teratur dan konsumsi makanan atau buah yang mengandung air.

 

Awet muda dengan air putih terbukti mudah dan murah. Tinggal kita saja yang mulai konsisten melakukannya. Jika kalian mau ikutan Tanos challenge bulan Oktober, bulan ini adalah water challenge. Lengkapnya lihat artikel Menemukan Diri Sendiri dan Tanos Water Challenge.

 

Bagaimana dengan kebiasaan minum kalian sendiri?

 

Stay safe … xoxo

 

 

Reference:

 

Newsbreak.com, Why drinking enough water is the key to healthy aging.

Jurnal Ilmiah CDC gov, Behaviors and attitudes associated with low drinking water intake among US Adults, food attitudes and behaviors survey, 2007.

 

 

 

17 Komentar

  • Dodo Nugraha

    Minum air putih itu udah dari dulu rajin aku lakukan, mbak. Sejak SD udah bawa air minum ke sekolah tiap hari. Apalagi pas SMA, aku bawanya minum yg 1,5 liter 😅 sebab sekolah + bimbel sampe sore. Wal hasil, temen2 ku suka minta minum, walopun kadang2 kesel sih dimintai terus hahah

    • renov

      Kebiasaan bawa air minum Kak Dodo kerennn banget, bahkan udah diterapkan dari SD.
      Saya dulu soalnya paling ogah bawa air minum, alasannya berat .. ngeyel banget huhu.

      Hahaha nasib bawa persediaan minum ya, padahal kebayang pasti minum dari botolnya kan.

      • Dewi Adikara

        Dewi harus rajin minum air putih nih, masa-masa musim yang mulai dingin gini sering bgt jadi kelupaan minum. Padahal sehari minim. 8 gelas ya kak… Makasih sdh diingatkan utk minum segelas air hangat dg perasan jeruk di pagi hari:)

  • Hani

    Aku usahakan sih minum 8 gelas air putih sehari itu. Walaupun kadang engga dihitung juga sih. Kalau di rumah sih mudah ya. Tapi kalo ke luar rumah, walaupun bawa jug isi air putih, tapi males minum. Karena kalo banyak minum, pipis, trus aku takut WC umum-nya engga bersih or engga ada air. Hiii…

  • kyndaerim

    Jadi auto sering minum air akutu, hihi.. Aku lebih suka air putih sih dari pada di campur apa-apa gitu, mungkin karena memang nggak biasa minum begituan yak, hehe..

    Btw, sukses untuk Tanos Water Challenge !

  • Laily Masruro Octavia

    Air putih emang sederhana namun manfaatnya banyak banget. Makanya aku juha ngerutinin minum sehari minimal 8 gelas

  • Nurhilmiyah

    Saya gak haus juga berusaha untuk sering2 minum Mba Ren… auto aja gitu ambil gelas dan minum. Trus kl sedang bekerja di depan laptop segelas air putih wajib ada. Wah, ada Tanos Water Challenge ya!

  • Putu Sukartini

    Saya setiap pagi selalu mengawali hari dengan minum segelas air hangat
    Kalau lagi punya jeruk ya diisi jeruk, kalau lagi gak ada cukup air putih hangat saja
    Awalnya terasa agak mual, tapi makin ke sini makin terbiasa dan terasa nyaman di badan
    Baca ini, jadi makin semangat minum air putih deh

  • Fanny_dcatqueen

    Air putih itu aku sehari 3-4 liter mba. Trutama setelah pandemi yaaa, Krn aku banyak konsumsi suplemen dan vitamin. Jd supaya kerja ginjal ga berat, mau ga mau minum air putih itu wajib banget hrs banyak.

    Dulu pas masih ngantor, aku punya tempat minum khusus yg isinya 2 liter. OB ku udh ngerti tiap pagi itu botol hrs diisi air anget, trus bawa ke mejaku. Pokoknya sampe jam pulang kantor, itu minuman hrs udh abis. Trus aku banyakin minum LG pas udh di rumah.

    Skr Krn udh ga kerja, aku pake gelas tinggi yg isinya 700 ml sekali minum. Jd pagi aku minum segelas. Trus tiap 2 jam minum trus . 4 liter berarti aku butuh 7-8 gelas tinggi yg biasa aku pake :D.

    Efeknya berasa banget, walo harus ke toilet Mulu, tp bdn jd enakan. Beda kok rasanya kalo kurang minum dr biasanya. Badan kayak letih, gampang capek, dan ga terasa seger.

    • renov

      ach soo .. iya sih kalau minum suplemen, emang mesti banyak minum air putih.
      Emang bawaannya juga udah minum air putih banyak ya, jadi ngga kerasa kaya kewajiban kalau minum air putih.

      Aku sekarang sih indikatornya air minum 1,5 liter itu minimal 1,5 botol tiap hari mesti abis.
      Cuman kemarenan emang sempet dibantu sama app reminder tiap jam. Kalau lagi hectic kadang suka lupa.

      Agak susah itu kalau puasa, karena waktunya panjang pas di Summer dan Spring. Jadi sulit untuk menyesuaikan dengan target minum.
      Cara lain mesti olahraga, tapi udah ngga ada tenaga juga biasanya hehe.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!