Career Skills

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja (Part 2)

pertanyaan interview kerja 2

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Part 2. Di bagian pertama saya telah membahas bagaimana kita bisa menjawab pertanyaan HRD tentang perkenalan diri, apa yang kita tahu tentang perusahaan dan mengapa kita melamar di posisi itu. 

Persiapan ini bukan maksudnya mempersiapkan apa yang ingin didengar atau diharapkan oleh HRD. Tentunya keberhasilan interview juga ditentukan salah satunya dari kepribadian pelamar.

Dalam artikel kali ini saya yang mempunyai pengalaman di bidang Human Resources/Personalia akan berbagi tentang apa yang diharapkan dari pertanyaan yang sering ditanyakan di dalam interview kerja. 

Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

kelebihan dan kekurangan anda

4. "Apakah Kelebihan dan Kekurangan Anda?"

Yang Tersembunyi di Balik Pertanyaan

Di balik pertanyaan interview ini ada Test untuk melihat bagaimana kita mengelola stres, kemampuan untuk mengevaluasi diri sendiri, sudahkah kita mengerti personal branding kita dan bagaimana menjaganya dalam artian kesuksesan berkarir.

Poin Yang Diharapkan

Pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan anda ini adalah pertanyaan provokasi. 

Saya tahu, ini tidak membuat nyaman apalagi membicarakan kelebihan dan kekurangan anda dengan orang asing yang tidak kita kenal sebelumnya. Walaupun mereka akan berkata seperti misalnya, “Tidak ada jawaban yang benar ataupun salah.”

Itu mungkin sebagian benar, karena dengan test stres kecil ini HRD ingin melihat bagaimana kita menguasai diri dalam suasana yang tidak membuat kita nyaman.

 

That's How You React

Jika ditanya langsung mengenai “kelebihan dan kekurangan anda”, sebaiknya lebih banyak menyebutkan kelebihan – jadi kira-kira sekitar tiga atau empat – dan satu kekurangan.

Sebaiknya untuk mempersiapkan diri, kita harus tahu dulu apa deskripsi pekerjaan yang kita lamar dan skill apa yang dibutuhkan dan krusial di posisi yang kita lamar. Kemudian apakah skill itu kita punyai atau tidak? Jika memang kita memilkinya, sebutkan satu persatu dan berikan contoh situasi jika diminta. 

Penting: 

1. Tidak menyebutkan kelebihan yang tidak kita miliki.

2. Mempromosikan atau menjual diri kita dan pencapaian yang sudah kita peroleh hanya yang berhubungan dengan pekerjaan saja.

 

dont give up quote

Tips Persiapan

1. Baca deskripsi pekerjaan.

Sebaiknya untuk mempersiapkan diri, kita harus tahu dulu apa deskripsi pekerjaan yang kita lamar dan skill apa yang dibutuhkan dan krusial di posisi yang kita lamar. Kemudian apakah skill itu kita punyai atau tidak? Jika memang kita memilkinya, sebutkan satu persatu dan berikan contoh situasi jika diminta. 

2. Tunjukan kepribadian kita.

Berusaha untuk positif tapi tidak tinggi hati. Jangan membahas ke area pribadi dengan mengambil contoh dari kehidupan pribadi ketika diminta menggambatkannya.

kenapa kami harus memilih anda

5. "Apa yang Anda Harapkan dari Pekerjaan Ini?"/Apa yang Anda Harapkan dari Perusahaan Kami?

Yang Tersembunyi di Balik Pertanyaan

Dari dua pertanyaan ini, antara pertanyaan “Apa yang anda harapkan dari pekerjaan ini?” dengan “Apa yang anda harapkan dari perusahaan kami?” kurang lebih sama apa yang diharapkan.

HRD bermaksud mempertimbangkan gambaran profil posisi yang kita lamar dengan pengalaman kita sebelumnya, apakah mendekati atau tidak. HRD juga ingin mengetahui apakah keinginan kita sebagai pelamar dapat terpenuhi oleh perusahaan dan apakah ada ruang untuk negosiasi.

Di balik pertanyaan ini juga HRD ingin mengenal kepribadian kita termasuk apa pertimbangan kita dari suatu posisi atau perusahaan.

Poin Yang Diharapkan

Dari pertanyaan ini, HRD memberikan kita kesempatan sedikit lebih bebas untuk mengemukakan keinginan dan value yang kita pegang. Cobalah untuk sebisa mungkin dekat dengan nilai yang perusahaan pegang. 

 

That's How You React

Mempunyai gambaran jelas tentang pertanyaan ini dapat membantu kita dalam keseluruhan proses assesment. Di dalam interview ini juga dapat membantu kita untuk mencari tahu, apakah kita dapat membayangkan masa depan bekerja di perusahaan ini?.

Katakan kalau kita ingin bekerja di posisi yang kita lamar ini dengan baik, dibandingkan dengan jawaban mengarah kepada ambisi karir.

Tips Persiapan

Kunci untuk menjawab pertanyaan interview “Apa yang anda harapkan dari pekerjaan ini?” atau “Apa yang anda harapkan dari perusahaan kami?” adalah 

1. Mencari tahu apa yang sebenarnya kita cari dari posisi yang kita lamar dan,

2. Mencari tahu nilai apa yang penting untuk kita bekerja dalam sebuah perusahaan. 

 

Mengapa anda melamar di posisi ini

6. Kenapa Kami Harus Memilih Anda?

Yang Tersembunyi di Balik Pertanyaan

Di balik pertanyaan “Kenapa kami harus memilih anda?” tersembunyi kualifikasi, kemampuan berargumen, test menghadapi stres, dan kecocokan perusahaan dengan kandidat.

Poin Yang Diharapkan

Pada poin ini HRD tertarik ,

– Seberapa qualified kandidat untuk posisi ini.

– Seberapa dia bisa mempresentasikan dirinya sendiri (menjual).

– Dari segi perusahaan, yang terpenting adalah informasi tentang tanggung jawab yang kandidat pegang sekarang ini dan apa yang berhasil kandidat pernah tangani dalam pekerjaannya.

– Keberhasilan dalam pekerjaan kandidat bisa berupa misalnya pekerjaan yang dilakukan sebelum deadline, atau orang yang paling dapat diandalkan oleh atasan kita.

That's How You React

Ini yang sebaiknya kita lakukan yaitu jawab pertanyaan interview ini dengan sangat konkrit. Bagaimana caranya? Lihat tips persiapan di bawah.

Tips Persiapan

Jika kita dihadapkan pada pertanyaan, “Kenapa kami harus memilih anda?, persiapkan hal-hal di bawah ini:

1. Pikirkan sebelumnya apa yang diharapkan dari posisi ini, dan apakah pengalaman dan skills yang kita punya dapat membantu kita untuk mengerjakan tanggung jawab yang baru ini.

2. Baca baik-baik dan telusuri lowongan pekerjaan (job vacancy) dan curricullum vitae kita. Tanyakan pada diri kita, apa yang diharapkan oleh perusahaan dari kita dan apa yang bisa kita tawarkan?

apa rencana anda 5 tahun ke depan

7. "Apa Rencana Anda 5 Tahun Kedepan?"

Yang Tersembunyi di Balik Pertanyaan

Di balik pertanyaan interview, “Apa rencana anda 5 tahun kedepan?” t, HRD ingin melihat rencana strategis , visi kita dalam bekerja, pengetahuan tentang kekuatan kita, loyalitas dan kemampuan mempunyai visi.

Poin Yang Diharapkan

Tentunya jangan memberikan pernyataan seperti kita ingin membangun karir di perusahaan pesaing yang terkenal. Pada prinsipnya adalah lebih kepada goal yang realistis, yang sejalan dengan harapan kita akan perkembangan perusahaan dan juga ambisi pribadi kita.

That's How You React

Di dunia digital kita dapat juga menekankan ketertarikan kita untuk terus belajar. 

Dari pertanyaan “Apa rencana anda 5 tahun kedepan?” juga menyangkut posisi selanjutnya. Apakah itu? Yang bisa kita pikirkan adalah kenaikan secara horisontal atau vertikal? Dalam kata lain posisi lebih tinggi atau tanggung jawab dan tugas yang lebih besar?

Tips Persiapan

Ada yang bisa kita persiapkan sebelumnya untuk menjawab pertanyaan interview “Apa rencana anda 5 tahun kedepan?, yaitu,

1. Cari tahu apa tujuan apa yang ingin kita peroleh dari karir kita.

2. Cari tahu juga apakah ada kesempatan untuk berkembang yang dapat ditawarkan oleh perusahaan.

3. Lakukan riset di internet tentang perusahaan yang kita lamar ini, apakah ada peluang untuk peningkatan karir atau peningkatan pengetahuan. Jika ada misalnya seperti apa? Apakah ada pelatihan yang ditawarkan? dan sebagainya.

Beberapa Pertanyaan Tambahan yang Menguji Ketahanan Stres kita.

"Apa ada rencana menikah/mempunyai anak dalam waktu dekat?"

Untuk menjawab pertanyaan interview ini, cobalah jujur namun diplomatis. Seperti misalnya, “Saya dan suami/istri/pasangan sudah membicarakan ini, dan kami sepakat jika pekerjaan yang sekarang ini utama.”

"Perusahaan akan menghentikan kontrakmu dalam waktu dekat ini kan?"

Pertanyaan ini mungkin diajukan HRD ketika melihat kontrak kita akan berakhir tidak lama dari tanggal interview. Jawablah pertanyaan ini dengan jujur.

Jika memang kita ingin resign atas keinginan sendiri, katakan bahwa kita  sebenarnya bisa memperpanjang kontrak jika kita mau, tapi kita menginginkan adanya perubahan. Kita dapat mengatakan seperti misalnya, “Saya menginginkan posisi di perusahaan anda sudah sejak lama, ketika ada posisi yang ditawarkan yang cocok dengan saya. Saya pun tidak ingin menyianyiakannya.”

Tetap positif, dan jangan menjelekan perusahaan tempat kita bekerja.

"Apakah posisi ini jauh lebih rendah dibandingkan posisi anda sebelumnya?

Tetap tenang dan ramah. Pertanyaan ini biasanya diajukan jika kualifikasi kita jauh lebih tinggi dibandingkan dengan posisi yang kita lamar. 

Kita bisa menjawab pertanyaan interview seperti ini misalnya, “Saya tidak melihatnya seperti itu. Di posisi yang baru atau yang saya lamar ini pasti ada tanggung jawab yang menantang untuk dikerjakan.”

Kunci Keberhasilan

Selamat jika kalian sudah diundang untuk interview. Sekarang tinggal membuat HRD yakin akan keputusannya untuk merekrut kalian.

Salah satu kunci keberhasilan dari menjawab pertanyaan interview kerja adalah dengan persiapan yang matang. Kenali diri kita dan juga kenali perusahaan serta posisi yang kita lamar.

Jika ini masih belum cukup juga, kalian bisa juga mengikuti pelatihan interview kerja yang ditulis oleh Kak Maria. Semoga bisa lekas mendapatkan pekerjaan yang diinginkan ya.

Baca juga Tips Menjawab Pertanyaan Interview Part 1.

Bagaimana pengalaman kalian sendiri saat interview kerja?

 

Stay safe … xoxo

Referensi

Christian Püttjer, Trainingsmappe Vorstellungsgespräch. Karierreakademie.

16 Komentar

  • fanny_dcatqueen

    Pertanyaan ttg ingin jd apa 5 THN ke depan, itu pertanyaan favorit hrd yaaa :D. Aku juga ditanyain itu mba .

    Masih fresh grade saat itu, jujur sbnrnya agak bingung mau jd apa 5 tahun ke depan hahahah. Aku pun lupa sbnrnya cara ku menjawab dulu.

    Tapi kayaknya inti jawabanku jelas kepengin dpt posisi yg LBH tinggi dr saat itu :D. Dan sepertinya si penanya puas sih.

    Kesan yg mendalam banget pas diinterview itu, cara si HRD kyk ngajakin ngobrol. Ramah. Tp sempet dia bilang, “saya akhir2 ini interview lulusan Malaysia Mulu. Kemarin juga ada lulusan Malaysia saya interview”

    Dan aku malah jawab, “oh bukan adek saya kan? Dia lulusan malaysia juga, tapi saya ga tau dia apply kemari ato ga”

    Wah lgs kaget si interviewer :p. Dia nanya nama adekku, dan cek file nya. Ternyata memang adekku hahahahahaha.

    Masalahnya dalam 1 departmen ga bisa saling sodara gitu. Akhirnya aku yg lulus dan adekku ga :(. Tapi kemudian dia dpt kerjaan yg bgs juga sih. Aku msh bertanya2 Ampe skr, seandainya kalo dia g tau kami Kaka adek, apa kami bisa lolos berdua :)?

    • renov

      hehe iya pertanyaan yang selalu ada itu hehehe.
      Wah satu hati nih bisa apply kerjaan sama juga. Alhamdulillah adikmu dapat kerjaan yang bagus juga jadi nggak terlalu kecewa juga ya.

  • Elva

    Tipsnya sangat bermanfaat, kl sebelum interview kerja wajib banget baca ulasannya mbak Renov, jadi saat diinterview udah tau apa yg mesti dipersiapkan biar bisa lolos interview nya

    • Elva

      Intinya kita tuh harus lebih banyak menonjolkan kelebihan ya mbak daripada kekurangan, noted banget nih poin2 pentingnya jika suatu saat diinterview kerja

  • Bayu Fitri

    Zaman now HRD malah lihat rekam jejak di sosmed kita mbak jadi sebagus apapun akademik dan prestasi tapi kalau rekam jejak sosmed nya nylenenh auto ditolak ..gitu yang sy dengar heheh

  • i n n a

    Udah lama gak coba apply CV euyy, memang sih pertanyaan waktu interview serasa menjebak, pernah aku waktu interview ditanya , kamu tahu dari mana ada lowongan ini, dan kau tahu perusahaan ini? , ehh tapi aku mau nanya kalau seperti freelancer, kayanya gak ada interview pertanyaan seperti ini ya.

    • renov

      Interview untuk freelance lebih to the point sih Kak. Langsung kepada tanggung jawab apa yang pernah dia kerjakan sebelumnya, seperti riwayat proyek dan client. Intinya pewawancara akan menggali apakah skill yang dia cari ada di freelance ini atau tidak.

      • citta

        Actually sudah lama banget nggak pernah interview kerja, ada kalanya juga kangen kerja kantoran tetapi apa daya hahahaha. Teringat berkali-kali interview sampai lelah dan bingung dengan pertanyaan yang diajukan hampir sama… Ini mah pencerahan banget bagi calon pencari kerja untuk bisa lulus test interview

  • Ipeh alena

    Waktu awal ngerasain Interview tuh rasanya takut. Sampai bingung mau jawab apa. Pas udah ke sini, jadi paham maksud pertanyaan tersebut. Ternyata engga ada jawaban salah dan benar, yang dibutuhin seberapa baik kita mengenal diri kita terkait profesi ya

  • Icha Marina Elliza

    Hihi.. dulu awal sekali interview kerja saat masih kuliah. Ambil kerja part time. Nah.. ada nih pertanyaan apa kelebihan anda.. dengan pedenya saya jawab “saya orangnya gigih dan bertanggung jawab”
    Ceileee langsung diterima hehe

  • Maria Tanjung Sari

    Jadi aku dulu pas tahun 2005an sering wawancara kerja. Feelingku kalau HRD nya ajak aku ngobrol lama ada kemungkinan diterima ttapi kalau cuma 2 menitan saja rasanya hopeless deh. Aku berusaha menjawab pertanyaan HRD ketika wawancara dan percaya diri itu kunci jg ya mbak

  • www.derisafriani.com

    Jadi pengen interview kerja lagi deh baca ini. Kalau dulu pas interview selalu jawab jujur dan optimis. Tidak berlebihan pastinya. Karena apa yang kita katakan saat menjawab interview harus dipertanggung jawabkan selama nanti bekerja, kalau diterima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!