Career Skills

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja (Part 1)

menjawab pertanyaan interview kerja

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja. Nervous karena mendapat panggilan interview kerja? Enggak mesti ya. Buat kalian yang tahun ini sedang fokus mencari kerja, kalian bisa memulai dengan persiapan yang matang. 

Persiapan ini bukan maksudnya mempersiapkan apa yang ingin didengar atau diharapkan oleh HRD. Tentunya keberhasilan interview juga ditentukan salah satunya dari kepribadian pelamar.

Dalam artikel kali ini saya yang mempunyai pengalaman di bidang Human Resources/Personalia akan berbagi tentang apa yang diharapkan dari pertanyaan yang sering ditanyakan di dalam interview kerja. 

Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

ceritakan mengenai diri anda

1. Ceritakan mengenai diri anda

Yang Tersembunyi di Balik Pertanyaan

Pertanyaan yang kedengarannya santai ini adalah pertanyaan klasik yang biasa diajukan. Pertanyaan ini melibatkan dua pihak, yaitu pihak HRD dan pihak pelamar.

HRD sudah membaca curricullum vitae kita dan sudah ada gambaran tentang kita sebelumnya. Sekarang mereka ingin melihat dan mendengar bagaimana kita merepresetasikan diri sendiri, seperti bagaimana cara kita mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab kita di perusahaan sebelumnya. 

Yang sedikit orang ketahui adalah 

ketika kita diundang ke sebuah interview kerja, kita sudah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Sekarang waktunya untuk menunjukan, apakah kita dapat menjadi orang yang tepat untuk mengisi posisi itu.

Periksa juga self-image atau citra diri kita. Apakah kita memperlihatkan sisi personal atau profesional?

Di dalam menjawab pertanyaan interview kerja, sebaiknya kita hanya berbicara hal yang berhubungan dengan pekerjaan, kecuali memang mereka bertanya secara eksplisit tentang kehidupan pribadi kita.

Poin Yang Diharapkan

Yang diharapkan dari pertanyaan ini oleh HRD atau pewawancara adalah, 

1. Kekuatan kita mempresentasikan diri sendiri.

2. Bagaimana kita bisa meyakinkan mereka.

Hindari mengeluh tentang pekerjaan di tempat dan berikan kesan positif. Pewawancara akan menyadari, apakah keputusan mengundang kita adalah keputusan yang tepat atau karena kebetulan.

 

That's How You React

Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukan sisi terbaik. Di bawah ini beberapa tips bagaiamana kita seharusnya bereaksi terhadap pertanyaan ini,

1. Pastikan kita tidak menceritakan pengalaman kerja seperti sebuah hapalan, melainkan berkonsentrasi pada benang merah dalam CV, yang mengarah pada satu tujuan, yaitu pekerjaan ini.

2. Ceritakan tentang keberhasilan di pekerjaan kita yang lama dengan fakta dan angka, tentunya hanya menceritakan yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang kita lamar di tempat sekarang.

Misal, jika kita melamar menjadi seorang Team Leader di bagian penjualan, maka ceritakanlah prestasi sebagai Sales di tempat kerja sebelumnya dengan menceritakan keberhasilan kita melampaui target penjualan sekian persen. Ceritakan juga semisal kita bisa memotivasi teman yang lain untuk melakukan hal yang sama.

3. Ceritakan secara mendetil tentang kondisi pekerjaan sebelumnya yang mempunyai kedekatan hubungan dengan deskripsi pekerjaan yang kita lamar. Sebaiknya sebelum hari inteview kerja, kita sudah mencari tahu tanggung jawab apa saja yang akan kita pegang di posisi yang sedang kita lamar.

4. Ceritakan sedikit saja tentang tanggung jawab kita yang lainnya, yang tidak berhubungan dengan yang kita lamar. 

 

menjawab pertanyaan interview

Tips Persiapan

1. Baca lagi daftar riwayat hidup/CV kita.

Untuk menjawab pertanyaan interview “ceritakan mengenai diri anda”, sudahkah kita mengenali diri kita sendiri? Baca sekali lagi pelan-pelan daftar riwayat hidup kita. Jika kita mempunyai riwayat kerja yang panjang, coba pikirkan keyword untuk merecall ingatan kita.  

2. Persiapkan kata-kata efektif.

Ketika kita menceritakan perjalanan pekerjaan kita, seperti yang sudah disampaikan di atas, cobalah mengambil benang merah dari tujuan kita misal berpindah pekerjaan atau berpindah posisi. 

Pergunakan kata-kata yang efektif dalam menyampaikannya. Jelaskan mendetil pada bagian yang punya tanggung jawab mirip atau sama dengan posisi yang kita lamar. Menjelaskan terperinci, bukan berarti ngalor ngidul kesana kemari atau seperti curhat.

3. Tunjukan kepribadian kita.

Ketika menjawab pertanyaan interview ini, tunjukan apa yang sudah kita kuasai agar di pekerjaan yang kita lamar bisa sesukses di pekerjaan yang lama.

apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami

2. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Yang Tersembunyi di Balik Pertanyaan

Untuk menjawab pertanyaan interview ini perlu dipahami maksud di balik pertanyaan interview ini adalah untuk mengenali motivasi dari kandidat. Pewawancara akan melihat apakah si pelamar benar serius mempersiapkan diri. 

Benarkah dia ingin berkarir di perusahaan yang baru atau hanya supaya dia bisa resign dari tempat kerja lama? Seberapa besar usahanya untuk mengetahui perusahaan yang mungkin dia akan bekerja di masa depan?

 

Poin Yang Diharapkan

HRD atau Pewawancara menginginkan kesiapan kandidat untuk diwawancara dan mengerti tentang perusahaan, tentang culture, dan value yang mereka junjung. 

Misalnya, jika seseorang hendak melamar ke IIDN Media, sebaiknya dia mengetahui tentang value Timmyness dalam perusahaan.

 

That's How You React

Tunjukan inisiatif dan interest kita kepada perusahaan, dan jangan terlihat seperti orang yang mampir untuk interview kerja. 

Jika ada pertanyaan terkait dari materi yang sudah kita baca, ada baiknya tanyakan kepada Pewawancara, agar dia juga bisa menangkap kalau kita memang tertarik untuk bekerja di sana.

Saat kita menjawab pertanyaan interview, lawan bicara kita tidak ingin mendengarkan apa yang dikatakan referensi tentang kita, melainkan alasan mengapa kita adalah orang yang paling pas diantara kandidat lain untuk mereka hire.

 

Tips Persiapan

Kunci untuk menjawab pertanyaan “apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami” adalah dengan menunjukan kalau kita mengerjakan PR kita, mencari tahu tentang perusahaan tempat kita melamar

Tentu saja kita harus mencari tahu website perusahaan mereka, produk dan publikasinya, follow semua media sosialnya. Cari tahu juga mereka aktif dimana saja, dan lain-lain.

Mengapa anda melamar di posisi ini

3. Mengapa Anda Melamar Posisi Ini?

Yang Tersembunyi di Balik Pertanyaan

Apa yang terpikir di benak ketika kita harus menjawab pertanyaan interview ini? 

Pertanyaan interview ini sebenarnya untuk melihat kualifikasi, soft skills dan hard skills, motivasi serta kecocokan pelamar dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Poin Yang Diharapkan

HRD ingin melihat seberapa qualified dan termotivasi seorang pelamar. Apa strategi karir yang sekarang dia jalani dan bagaimana dia mereflesikan dirinya lewat keputusan yang diambilnya.

Kemudian apakah kualifikasinya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan? Apa saja tanggung jawab yang pernah dipegangnya dan apakah yang pernah dia kerjakan cocok dengan posisi yang ditawarkan perusahaan?.

That's How You React

Sebutkan pengalaman apa saja yang cocok dengan kualifikasi posisi yang sekarang dilamar. Misalnya saja, projek yang terlibat, ukuran perusahan, pengalaman yang dapat membuktikan dimana kita pernah memaksimalkan potensi dan kualifikasi yang sesuai dengan perusahaan itu.

Ingatlah akan Golden Rules untuk menjawab pertanyaan interview, “Mengapa anda melamar posisi ini?”,

1. Sebutkan darimana kita menemukan lowongan pekerjaan ini.

2. Sebutkan satu, dua alasan, mengapa kita tertarik , misalnya saja pertumbuhan perusahaan, atau value perusahaan yang ramah keluarga.

3. Sebutkan job deskripsi pekerjaan mana yang sudah cocok dengan kualifikasi kita.

4. Sebutkan prospek pekerjaan ini ke depannya.

Tips Persiapan

Cobalah untuk melakukan riset terhadap job deskripsi pekerjaan yang kita lamar ini. Bandingkan dengan kualifikasi kita, lihat di bagian mana terdapat kesamaan, baik itu soft skills maupun hard skills.

Coba berlatih untuk menyusun storytelling agar HRD tertarik dan mempertimbangkan kita.

Kunci Keberhasilan

Selamat jika kalian sudah diundang untuk interview. Sekarang tinggal membuat HRD yakin akan keputusannya untuk merekrut kalian.

Salah satu kunci keberhasilan dari menjawab pertanyaan interview kerja adalah dengan persiapan yang matang. Kenali diri kita dan juga kenali perusahaan serta posisi yang kita lamar.

Baca juga Tips Menjawab Pertanyaan Interview Part 2 yang membahas pertanyaan di bawah ini secara mendetil.

Nr. 4. Apakah kelebihan dan kekurangan anda?

Nr. 5 Apa yang anda harapkan dari perusahaan kami?

Nr. 6. Kenapa kami harus merekrut anda?

Nr. 7. Apa rencana anda 5 tahun kedepan?

Serta 3 tambahan pertanyaan lainnya yang kadang bisa bikin kita sedikit stres menjawabnya.

 

 

Bagaimana pengalaman kalian sendiri saat interview kerja?

 

Stay safe … xoxo

Referensi

Christian Püttjer, Trainingsmappe Vorstellungsgespräch. Karierreakdemie.

19 Komentar

  • beaufo

    Ini Sangat Bermanfaat sekali tipsnya, pernah waktu pertama kali intyerview di tanyak2. kadang suka gimana gitu. tapi ini sangat baik sih

  • Nur Asiyah

    Informasi yang sangat bermanfaat kak. Sering sebelum interview sudah grogi duluan. Jadi penyampaian yang dibuat keurang maksimal. Tapi dengan tips-tips yang diberikan ini sepertinya akan membuat pribadi lebih siap untuk menghadapi interview kerja.

  • Rizky Kurnia Rahman

    Persepsi melamar kerja sering dihadapkan dengan persepsi ingin menciptakan lapangan kerja sendiri. Dan, sepertinya dua persepsi ini akan terus bertentangan sampai hari kiamat, hehe…

    Padahal, keduanya memang berbeda, dan keduanya bisa menjadi pilihan bagi setiap orang. Mau jadi pengusaha, monggo, tidak,juga silakan.

    Jika ingin melamar kerja, memang harus ada persiapan-persiapan. Tujuannya ya tentu agar bisa diterima. Masa inginnya ditolak sih? Informasi di atas bisa membantu siapapun yang ingin kerja secara profesional.

  • mutia ramadhani

    Heeeee, udah lewat ini saya masanya. Namun bener banget, kekuatan kita mempresentasikan diri kita sendiri itu menentukan proses interview kerja berjalan lancar. Istilahnya kita harus bisa ‘menjual diri’ tapi tanpa melebih-lebihkan.

  • fanny_dcatqueen

    No 7&4 aku ada di tanya pas dulu pertama interview :D. Tapi kayaknya perusahaan ku yg pertama aku kamar itu ga terlalu mentingin aku tau ttg perusahaannya, yg ptg bisa komunikasi BHS Inggris lancar Krn sebagai bank asing rata2 nasabahnya bule semua :D.

    Urusan ttg Job desk itu bisa dilatih kalo menurut HRD nya. Lah yg diterima banyak yg kuliahnya dulu ga nyambung Ama bank :p.

    Tp yg paling enak pas suamiku diinterview di perusahaan yg sama. Kami ketemunya memang di bank asing ini. Yg interview dia beda Ama yg aku dapat. Pertanyaan dia juga ada yg kelebihan kamu apa.

    Si suami dgn polosnya, “senyum. Saya gampang tersenyum dengan orang2” . Ga disangka loh HRD yg interview lgs ketawa trus dia diterima hahahahha . Kata dia, dlm bisnis service kayak bank , senyum memang sangat dibutuhkan. 😀 . Aku ga yakin aku bisa lulus kalo interviewerku nanya yg sama 😀

  • Erly Damayanti

    Terima kasih atas tipsnya, nanti saya share ke tetangga kebetulan anaknya barusan lulus kuliah dan masih cari kerja semoga bisa membantu dia dalam mengatasi wawancara kerja yang pasti akan dia hadapi saat melamar pekerjaan

  • Wahid Priyono

    Menjawab pertanyaan interview memang susah-susah gampang, karena perlu jujur pada diri sendiri. Dan menjawab pertanyaan wawancara harus tegas, dan memang harus belajar visi-misi perusahaan/instansi yang dilamar. Thanks infonya.

  • Iim Rohimah

    Melamar kerja susah susah gampang kayaknya Mbak. Ini terawangan saya sih, wkwk… Namun soal behaviour itu yg kadang remang-remang. Soalnya bagi yg belum pernah terjun di dunia seperti saya, kadang harus bersikap dan menjawab seperti apa memang butuh tips khusus. Kaya niat pengen akrab malah menceritakan urusan personal, wkwkwk Ini infonya bermanfaat sekali. Tahun ini semoga bisa lebih up diri ke dunia profesional supaya tidak jalan di tempat.

  • Nara

    Terakhir interview kerja udah 16 tahun yang lalu.
    Saat itu disuruh cerita tentang diri sendiri, kenapa tertarik dengan pekerjaan yang di lamar, gaji yang diinginkan.

    Emang ya, wawancara itu jangan nervous, jangan merendah ataupun melebih-lebihkan

  • Hani

    Udah lama banget ini, kapan yaa terakhir interview. Buat HRD yang berpengalaman suka tahu aja ya, ini calon karyawan punya potensi atau engga. Sebagai calon karyawan harus bisa menunjukkan potensi terbaik, tetapi juga engga sombong yah…
    Ngerepotin kalau karyawan sombong mah…hehe

  • Bayu Fitri

    Ternyata ada tipsnya ya mbak cara menjawab interview kerja kebetulan adik saya besok mau tes dan interview disebuah perusahaan walaupun secara online tapi ulasan ini akan saya sharing supaya ada gambaran ..makasih ya mbak sudah share artikel ini.

  • Eka artjoka

    udah lupa gimana rasanya di wawancara kerja, tapi yang paling inget sih apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami dan mengapa melamar ke perusahaan kami? langsung degdegan jawabnya, takut salah, hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!