Pengembangan Diri

Sang Motivator Kehidupan yang Penuh Inspirasi

motivator kehidupan

Sang Motivator Kehidupan. Apa yang ditawarkan hidup? Tentunya jawaban setiap orang beragam. Buat saya, hidup menawarkan kesempatan untuk menjadi berkembang, lebih baik dan lebih waras.

Klise … iya, saya tahu. 

 

Namun, waktu yang tak pernah bisa kembali itu akan menjadi lebih menghasilkan value ketika kita bisa menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Lalu apa yang bisa kita lakukan agar bisa menjadi lebih baik dan bahkan mencapai impian?

Untuk itu kita membutuhkan tujuan, membutuhkan aksi sebagai kendaraannya dan motivasi sebagai bahan bakar. 

Pemandangan yang kita lalui tidak selamanya indah dan kita sukai, terkadang juga gelap dan suram. Perjalanan juga terkadang harus berhenti ketika bahan bakar habis. 

Lalu dimana mendapatkan bahan bakar? 

Ada yang mendapatkannya dari luar dirinya. Ada juga yang berasal dari dalam dirinya, biasanya orang-orang seperti ini adalah mereka yang strong willed.

Motivasi KBBI

Dari tadi kita hanya memperkenalkan motivasi sebagai bahan bakar. Siapa sebenarnya motivasi menurut KBBI?

Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Motivator KBBI

Pengertian motivator seperti yang ada di dalam KBBI,

Motivator adalah orang atau perangsang yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu; pendorong; penggerak: jadilah–yang mampu menggerakkan.

Sang Motivator Kehidupan

Untuk motivasi yang berasal dari luar, orang membutuhkan motivator. 

Siapakah motivator kehidupan?

Pada dasarnya motivator bisa siapa saja, tetapi intinya dia mampu menggerakan orang lain lewat perkataan atau perilakunya. Atau setidaknya buat saya seperti itu. 

Atasan terkadang bisa juga menjadi motivator, karena saya menemukannya inspiratif dan saya bersyukur bisa diberikan kesempatan mengenal mereka. 

Motivator kehidupan lain buat saya, terkadang teman sendiri, karena kagum atas perjuangan hidupnya. Ibu saya juga merupakan salah satu motivator buat saya. Begitu pula dengan Nabi Muhammad S.A.W, saya berpikir beliau adalah motivator sekaligus leader yang sangat hebat.

Motivator yang terkenal yang sering saya tonton video talk show dan mengajarnya adalah Professor Jordan Peterson. Di balik dia yang terkenal kontroversial di Amerika dan Kanada, saya menemukan kata-katanya menggerakan hati saya, yang terkadang mengiris perasaan.

 

Kalian bisa menonton salah satu video nya di bawah ini.

 

Seseorang termasuk kita juga bisa menjadi motivator bagi orang lain. Ada yang sudah terlahir dengan itu, ada juga yang harus berlatih. Motivasi tidak datang hanya dalam bentuk perkataan, namun juga tindakan, ide. 

Mereka yang dapat memberikan motivasi mempunyai 4 personality traits yang ada di dalam dirinya. Apa saja itu?

1. Mereka dapat menantang orang lain melakukan sesuatu. 

2. Mereka percaya bahwa setiap orang mempunyai potensi. 

3. Mereka tidak merendahkan siapa pun. They are encouragers. They encourage and build up person to be more than we thought we could be.

4. Mereka menumbuhkan rasa memiliki. Tanpa rasa memiliki, orang cenderung tidak memiliki rasa tanggung jawab. 

Apakah kamu mempunyai salah satu dari karakter di atas? Kalau belum, mari kita berlatih bersama setidaknya kita lakukan dulu untuk diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Motivator kehidupan yang lain buat saya bentuknya adalah musik. Ada beberapa lagu, yang ketika saya mendengarkannya, saya merasa ada suntikan pikiran positif ke dalam otak. 

Salah satu lagu itu adalah “High” dan “Lost in Space” dari Lighthouse Family. 

Setiap kali mendengarkannya, saya merasa tenang dan bisa mengumpulkan saya kembali jika sudah merasa in pieces.

Motivator kehidupan lainnya buat saya datang dalam bentuk buku motivasi dan self-help. Bahkan kadang ada buku yang berbicara tentang diri kita saat itu. Mungkin ini objek tempat saya mencari motivasi dan inspirasi yang paling sering, padahal setelah membaca sekian buku .. ya intinya kurang lebih sama. 

Namun, yang saya temukan menarik adalah fakta ilmiah yang mereka temukan dari serangkaian observasi, penelitian dan analisa. Walau intinya sama, namun ilmu yang melatarbelakangi dapat berbeda. 

Bagaimana denganmu? Apa atau siapa motivator kehidupanmu?

 

Stay safe … xoxo

 

  

Referensi

Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI web.id

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!