Hidup di Jerman

Plage Noire ’19, Festival Musik Jerman yang Tak Terlupakan

Plague Noire, Festival musik gothic di Jerman

Plage Noire, Festival Musik di Jerman. Buat kamu yang suka mengunjungi festival atau konser musik, wajib banget datang ke Plage Noire. Disini kamu bakal dapetin pengalaman yang berbeda dengan festival lainnya.

Disini kamu bisa menikmati musik, tapi juga nyaman tidur. Nanti saya cerita alasannya.

Tahun 2019 saat musim semi tepatnya tanggal 1-3 Mei, kami mengunjungi Plage Noire, salah satu dari banyak banget festival musik yang diadakan di Jerman. 

Festival musik ini diadakan setahun sekali, di Ferienpark Weissenhäuser Strand. Lokasinya di dekat kota Hamburg, di pinggir pantai. Festivalnya sendiri tidak diadakan di pinggir pantai, namun di kawasan hotel.

Yuk ikutin terus kelanjutan ceritanya.

Festival Musik Plage Noire

plage noire 2019
Plage Noire 2019. Sumber: website Plague Noire

Plage Noire adalah festival musik rock dengan kostum bernuansa gothic. Serunya menghadiri festival di Jerman adalah karena kita bisa dandan dengan kostum sesuai tema mereka. 

Rata-rata yang datang adalah penikmat musik aliran ini, jadi totalitas mereka juga terlihat dari pakaian kostum yang mereka kenakan. Pengunjung juga datang dari beragam usia, dari anak-anak sampai lansia.

Nggak percaya?

Photo di bawah ini diambil dari galeri photo Plage Noire yang dipajang di sepanjang koridor hotel. Dia adalah salah seorang pengunjung yang selalu setia datang setiap tahunnya. Dari gaya berpakaiannya, kita dapat melihat bahwa dia memang total all in, walaupun sudah berusia lanjut.

Pameran Photo Plage Noire
Pameran Photo Plage Noire 2019. Photo koleksi pribadi.

Festival ini diadakan selama 2 hari 2 malam. Namun satu hari sebelum menjelang acara utama, ada yang namanya Warm-Up Party atau pesta pemanasan dan setelah acara utama, panitia juga mengadakan After Party.

Line Up 2019

line up plage noire
Line Up 2019. Sumber: website plage noire
tenda plague noire
Photo koleksi pribadi.

Band yang manggung disini, diantaranya Eisbrecher, Tanzwut, Diorama dan lain-lain. Mungkin kalian asing dengan nama-nama band ini hehehe. Saya juga sama.

Mereka sebagian manggung di dalam tenda besar kaya di atas, yang bisa menampung ratusan orang, dan ada juga show di dalam aula hotel. Yang di dalam hotel, lebih ke musik ajeb ajeb.

Kebanyakan yang disini, selain karena musiknya juga karena suhu di dalam yang jauh lebih hangat. Di dalam tenda lumayan dingin, jadi kami suka berdiri dekat pemanas gede atau ya loncat loncat deh pas band manggung, supaya badan jadi hangat.

Udara saat itu emang dingin nyecep kalau kata orang Sunda mah alias dingin menggigit. Musim boleh musim semi, tapi ditambah hujan dan angin dingin dari laut, amboyyyy berasa musim gugur.

Oh iya, jumlah tenda besar ada sebanyak 2 buah tenda. Di luar ada juga area food stall dan kamar mandi.

Selain band, ada juga fashion show, make up, body painting dan banyak lagi.

kumpulan photo plage noire 2019
Kumpulan photo plage noire. Photo koleksi pribadi.

Gimana dengan makanan?

Nah ini yang menarik, selain di dalam hotel ada restoran dengan konsep kaya restoran fast food, juga ada cafe yang jual ice cream dengan berbagai macam varian rasa termasuk licorice (warnanya hitam).

Sayang pas bagian saya, ice cream itu habis, jadi ganti deh dengan vanilla. Cone ice cream juga ikutan gothik, alias berwarna hitam. Begitu juga dengan waffle yang warnanya hitam dari licorice. (lihat di photo sudut kiri atas)

Ada apa lagi selain band performances?

Kalau kita berjalan kira-kira 200 meter dari hotel, akan kita dapati satu bangunan permainan indoor, ada juga taman bermain untuk anak-anak dan bangunan besar berisikan pedagang yang menjual berbagai macam merchandise, handycraft/ kerajinan tangan, fashion dan aksesoris.

Akomodasi

preistabelle
Tabel Harga Tiket. Sumber. plague noire.de

Berbeda dengan festival musik lainnya dimana kita biasanya menginap di trailer karavan atau di tenda yang kita dirikan. Plage Noire ini adalah festival musik yang paling nyaman, karena kita menyewa hotel apartemen di dekat hotel penyelenggara. 

Hotel apartemen ini ditawarkan dalam beberapa pilihan, dari mulai satu kamar sampai dengan 3 kamar. Kami memilih sejenis bungalow dengan 3 kamar. 

Bungalow ini bisa dihuni dengan total 8 orang. Kamarnya sendiri nyaman, dengan dua kamar mandi, ruang tamu, ruang makan dan dapur, serta teras belakang. 

Dua kamar tidur dengan queen bed size, dan satu kamar dengan bunkbed. Sofa bed di ruang tamu juga bisa dialih-fungsikan menjadikan tempat tidur, dan ini dijadikan kamar tambahan.

Selesai mengunjungi festival, kami juga menghabiskan waktu bersama yang lain dengan permainan-permainan kecil menjelang tidur.

Oh iya harga tiket yang dipesan itu sudah berikut dengan harga tiket masuk ya per orang ya. 

Referensi

Kalau kalian suatu saat mengunjungi Jerman jangan lupa mengecek apakah waktunya bersamaan dengan festival musik ini. Saking kerennya, ini jadi pengalaman tidak terlupakan buat saya.

Buat yang pengen tahu kaya apa keseruannya, bisa melihat video pendek di bawah ini dari kanal resmi pihak penyelenggara.

 

Stay safe … xoxo

Referensi

21 Komentar

  • Phaiyw

    Seru ya kak bisa menikmati musik lengkap dengan kostum yang sangat artistik, apalagi di luar negeri hmm Makin berasa nikmatnyaa.. Oh kapan yaa bisa ke Jerman, sekarang menyelami dari blog dulu deh wkwk

  • Andayani Rhani

    seneng banget kalau baca artikel festival kayak gini, auto jadi wishlist nih, meski entah bisa ke Jermannya kapan hehe setidaknya punya sedikit pengetahuan tentang festival ini

  • fanny_dcatqueen

    Aaghhhhhhhh KEEEWREEEEWN bangetttttt :D!!! Aku mendingan disuruh nonton ini drpd konser mellow, Java jazz, ato boyband apalagi K-Pop hahahaha.

    Dari dulu aku suka rock mba!. Tiap LG ada masalah, stress, pasti yg diputer rock hahahah. Tapi memang yaa kalo dtgin konser ato festival musik gini LBH seru kalo kita tau lagu2nya jd bisa nyanyi juga. Jujur aku ga tau band2 di atas hahahaha.

    Eh tapi agak susah kalo aku mau liat festival musik gini, karenaaaa suami ga bisa menikmati. Aku Ama dia lagunya beda bangettt. Aku suka musik2 cadas dan rock kayak Motley Crue, Metallica, bon Jovi, skid row dll, nah suami sukanya Backstreet Boya, Westlife, ato yg Indonesia kayak Rossa, Afgan sampe armada, dan ST12 WWKKWKWKKWKW.

    See… Kebanting banget memang. Jd rasanya kami ga bisa nyatu kalo DTG ke festival begini hahahah

    • renov

      hahahaha, wah cocok banget kalau main ke Jerman. Disini festival musik rocknya banyak banget termasuk festival yang mirip-mirip kaya Woodstock gitu. Biasanya ada band luar juga, kalau waktu aku datang ke Wacken tahun 2018 (kalau gak salah), yang main itu Metallica karena disana banyak main band international. Kalau yang di Plage Noire memang band beken lokal.

      Btw siapa tahu suami ternyata jadi suka ketika nonton festivalnya, karena pengalaman yang berbeda.

  • @simbok_li

    Wadidaw! asyik parah dah. Ini semacam hiburan yang menyajikan kenyamanan juga ya mbak renov. Bisa nonton konser tapi bisa istirahat juga dihotel dekat acara konsernya. Awal tahu judul nya, ini apaan ya kok asing banget. Ternyata konser musik dijerman. Wuiih jadi kepo lagi ni tentang ada apa aja di Jerman. Tahu jerman hanya sebatas baca aja ni…xixi. Ayoo mbak renov bedah tuntas kehidupan di Jerman

  • Jihan

    Kalau orang yang ngga suka musik bakal kehibur juga ngga nih kak ren? Hehee becanda. Bayangin bungalownya sih akuuu, duh mudah2an bisa kesanaaaa pas ada festival musik jugaa.

  • kyndaerim

    Salfok sama grandma yg selalu hadir di Plage Noire, totalitas sekali gayanyaa, keren. hihi..
    Aku pas remaja dulu juga sering dateng ke acara beginian, tempatnya kalo nggak dilapangan atau di Lanud gitu, tapi ya nggak sekeren ini, cuma festival biasa, haha..

  • Ghina

    Wiih ternyata ini festival musik metal gitu yaaa, pantesan hitam hitam semua. Aku jadi penasaran tampilan teh ren pas nonton konser itu pake gelap gelap nggak yaaa.. Hihi..

    • renov

      Iya Mbak, Selama Corona tidak ada. Tahun ini rencananya di musim gugur, tapi sepertinya terancam batal juga.
      Kostum saya pasti hitam hitam mbak, dengan model dress gitu lengkap dengan aksesoriesnya hehehe

  • Thessa

    Mba Renoov, seruu ya kayaknya nonton festival musik dingin2 gt. Jd bs loncat2 sekalian buat ngangetin badan yaaa 😍😍 trus pengunjungnya semua totalitas pake hitam ya, bahkan es krimnya juga..
    Kalau aku seunur2 blm pernh nontin konser n blm berminat jg sbnrnya 😅 lbh seneng dengerin musik saat sepi gt. Hehehe..

    • renov

      hiii, buat yang pecinta musik emang rasanya kurang kalau nggak datang ke konsernya langsung, selain itu nambah pengalaman dan emang jadi ajang reunian sama teman-teman disini. Cuman kalau kurang minat sih mending jangan, sayang kalau nggak bisa menikmati hehe. Makasih sudah mampir ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!