Hidup di Jerman

5 Kegiatan Saat Libur Kerja Jika Kamu Tinggal di Jerman

kegiatan saat libur kerja

Kegiatan Saat Libur Kerja di Jerman agak sedikit berbeda dengan di Indonesia, karena terkait dengan beberapa aturan yang ada di negara ini.

Di Jerman, semua pekerja berhak libur di hari Minggu kecuali untuk mereka yang bekerja di public service seperti misalnya Rumah Sakit, Pemadam Kebakaran, transportasi, Polisi dan lain-lain.

Hari Minggu adalah satu-satunya hari di dalam satu minggu yang menurut hukum di Jerman, tidak memperbolehkan ada yang bekerja. Hari Minggu adalah hari beristirahat.

Namun di dalam satu tahun, ada beberapa hari kali hari Minggu dimana toko diperbolehkan buka setengah hari. Ini berlaku sejak tahun 1994.

Jika kita adalah karyawan yang bekerja dari hari Senin sampai Jum’at, maka kita akan mendapatkan libur di hari Sabtu dan Minggu. Jika kita semisal bekerja di Restaurant atau Supermarket, kita akan mendapatkan libur bisa di hari biasa atau mungkin juga di hari Sabtu.

Lalu apa saja sih kegiatan saat libur kerja penduduk yang tinggal disini? 

Kegiatan Saat Libur Kerja di Jerman

1. Hari Sabtu, waktu berbelanja

Sabtu adalah waktu yang sibuk, dimana kita menyelesaikan pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan di hari kerja. Termasuk berbelanja karena hari Minggu tidak ada Supermarket yang buka.

Jika kita mau bertemu atau hang out dengan teman di cafe atau tempat perbelanjaan, Sabtu adalah waktunya.

Ini juga berlaku untuk hari sebelum libur nasional karena tidak ada toko atau restoran yang beroperasi saat libur nasional.

Sesudah bebelanja, biasanya dilanjutkan dengan menyiapkan food preparation untuk minggu depan.

2. Hari Sabtu, waktu bersih-bersih

Di Jerman mengenal sistem pembuangan sampah terpilah, dimana karton dan kertas, gelas, alat elektronik dan pakaian ada tempat pembuangannya tersendiri. 

Kita hanya bisa membuang sesuai dengan jam yang ditentukan.

Tempat pembuangan lainnya adalah bahan bangunan dan alat elektronik besar, dimana kita harus membayar agar bisa membuang disini. Kita juga harus memperhatikan jam operasi karena di hari Minggu juga tutup.

Jika kamu tinggal di apartemen, maka hari Sabtu adalah hari terakhir kamu bisa menyalakan vacuum cleaner dan alat pembersih lain yang berisik. Begitu juga ingin menyalakan mesin cuci.

Hari Minggu adalah hari istirahat, artinya tidak boleh ada keributan.

3. Hari Sabtu dan/atau Minggu, waktu berolahraga.

Kedua hari ini biasanya dihabiskan penduduk disini untuk berolahraga. Namun menariknya di hari Minggu biasanya akan kita lihat banyak keluarga yang berolahraga bersama. Apalagi jika hari cerah, sudah dipastikan akan kita temui banyak yang berolahraga.

Jenis olahraga yang dilakukan biasanya adalah bersepeda, main di hutan,  jogging, power walking dan roller blade. 

Tidak hanya anak muda yang beolahraga, bahkan saya sering melihat Opa dan Oma yang lari, jalan dan bersepeda dengan kecepatan melebihi kecepatan saya. 

4. Hari Minggu, waktu brunch bersama keluarga atau teman.

Karena biasanya hari Minggu bangun lebih siang, sarapan pun menjadi lebih siang. Biasanya waktu ini dihabiskan bersama di meja makan bersama keluarga atau teman. 

Kadang ada Restoran dan cafe yang buka untuk menawarkan brunch (breakfast lunch)

5. Hari Minggu, waktu pergi beribadah

Hari Minggu adalah waktu beribadah bagi umat Kristiani. Buat yang tidak beribadah, bisa menghabiskan waktu di rumah untuk tidur, membaca buku, atau  menonton serial TV kesayangan.

Di sore hari, mereka biasanya sudah mempersiapkan agenda untuk seminggu ke depan. Itulah kenapa terkadang orang Jerman berharap libur di hari Senin karena hari Minggunya masih sibuk.

Tipikal Kegiatan di Akhir Minggu versi Keluarga Kami

Hari Sabtu seperti tipikal Sabtu yang disebutkan di atas. Hanya saja kami punya keleluasaan untuk bersih-bersih di hari Minggu karena tinggal di rumah dan jarak ke tetangga cukup jauh sehingga tidak akan terdengar oleh tetangga.

Di hari Sabtu minggu pertama, biasanya kami menyiapkan laporan pajak untuk dikirimkan kepada konsultan pajak.

Hari Minggu, saya biasanya menghabiskan waktu untuk bersih-bersih di kebun dan menyetrika sambil menonton film. 

Tidak lupa mengecek apa yang harus dilakukan di minggu depan.

Kalau kamu sendiri apa rutinitas di akhir Minggu? cerita di kolom komentar ya.

 

Stay safe … xoxo

#BPNRamadan2021 #Day18

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!