Blogging

ICE (Indonesia Creators Economy), Platform untuk Kreator Terbesar di Indonesia

ICE Indonesia creators economy

IDN Media sebagai perusahaan media besar meluncurkan ICE, Indonesia Creators Economy, sebuah platform revolusioner untuk para kreator. 

Begitulah kurang lebih headline yang saya baca di salah satu media online. 

“Keren, inovatif dan relevan.” Kata-kata yang pertama terbersit di pikiran.

Sebagai kreator konten dengan jam terbang masih sedikit alias pemula, saya memang banyak mencari tahu tentang platform atau wadah yang bisa membuat hobi ini jadi cuan. 

Sederhananya kalau kita mendapat pekerjaan atau projek dan bisa diterima sesuai dengan standar si pemberi kerja, sedikit banyak bisa menambah kepercayaan diri kita kalau ada peningkatan kinerja di dalam membuat sebuah konten.

Nah, uang hasil ngonten buat saya masih sebagai bonus karena nilainya yang belum signifikan dapat menutupi kebutuhan sehari-hari. 

Tentu ke depannya saya menginginkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik, dan bisa menjadikan bikin konten menjadi profesi utama.

Kalau kamu sendiri bagaimana?

Dari situlah saya merasa excited banget dengan peluncuran ICE, Indonesia Creators Economy karena ini berbeda dengan platform untuk kreator lainnya.

Mau tahu seperti apa?

Tapi sebelum kita masuk ke pembahasan itu, sahabat sendiri apakah sudah  paham dengan pengertian kreator konten (content creator)? 

Yuk, kita bahas itu dulu 

 

Apa itu Konten?

Apa yang kamu lihat di dalam iklan atau juga akun-akun sosial media yang kamu ikuti?

Ya, itulah yang dinamakan konten

Di dalam marketing, konten adalah sebuah strategi yang berfokus pada menciptakan dan menyebarkan konten yang memuat pesan yang diharapkan dapat membawa traffic konsumen untuk mengunjungi website kita atau membeli produk kita.

Peran konten menjadi sangat penting di dalam dunia digital karena mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi orang lain sampai menjadikan mereka pelanggan setia.

Isi konten yang baik adalah yang mempunyai story telling, relevan dengan apa yang dirasakan oleh yang melihat dan dapat menggugah emosi. 

Memilih kreator konten (content creator) untuk merepresentasikan brand sebuah perusahaan adalah penting dan merupakan bagian dari strategi marketing. 

Oleh karena itu banyak perusahaan yang mencari freelance kreator konten (content creator) sebagai bagian dari kampanye iklan produk mereka. 

Inilah yang membuat banyak bermunculan agency yang menjadi penghubung antara perusahaan dengan kreator konten (content creator) .

Tipe-tipe Kreator Konten (Content Creator)

Ada beberapa tipe kreator konten yang bisa menjadi pilihan tergantung pada target audiens yang ingin kamu bidik.

Tipe-tipe kreator konten (content creator)  antara lain 

– Kreator untuk media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, YouTube, TikTok dan lainnya.

– Kreator untuk website.

– Kreator untuk blog.

ICE, Indonesia Creators Economy

Winston Utomo and William Utomo
Winston Utomo, CEO IDN Media (kanan) dan William Utomo, COO IDN Media (kiri)

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal artikel, IDN Media tahun  2022 ini akan meluncurkan ICE, Indonesia Creators Economy.

ICE sendiri merupakan evolusi dari IDN Creator Network yang sudah bekerja-sama dengan lebih dari 10.000 kreator dan 300 brand. 

Pemimpin IDN Media yaitu Winston Utomo dan William Utomo mempunyai komitmen untuk membangun perusahaan yang mempunyai dampak positif bagi masyarakat, termasuk keberadaan kreator di Indonesia. 

Hal ini telah dibuktikan dari sejak pendirian IDN Creator Network di tahun 2017 yang mempunyai rekam jejak yang sangat baik dalam industri kreator di negara kita tercinta ini.

Komitmen ini yang kemudian diadopsi menjadi visi ICE,Indonesia Creators Economy yaitu mendemokratisasi creators economy di Indonesia melalui teknologi.

IDN Media akan membangun ICE menjadi sebuah platform kreator dan marketplace terbesar di Indonesia.

Yang ditawarkan dari ICE dan menjadi kelebihannya adalah sistem kerja yang lebih mudah dan efektif dengan bantuan teknologi terdepan untuk kolaborasi antara brand dan kreator, seperti misalnya sistem pembayaran dan produk finansial untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam setiap kolaborasi.

 

Apa itu Creators Economy?

Seiring dengan perkembangan dunia konten, sekarang ini ada yang signifikan yaitu para kreator dapat langsung dibiayai oleh audiens, tanpa harus melalui pihak perantara seperti penerbit, surat kabar, televisi, label rekaman, dll.

Di dalam bentuk baru ini, audiens menentukan konten apa yang ingin mereka lihat atau terima. 

Inilah yang disebut dengan demokratisasi konten karena konten bukan lagi ditentukan oleh media besar atau label yang memfilter apa yang menurut mereka layak atau menjual.

Audiens dapat langsung memilih kreator mereka, mendanai dan request konten seperti apa yang ingin mereka lihat atau dengar.

Layanan yang Diberikan ICE, Indonesia Creators Economy

Di tahun pertama pendirian ICE, tepatnya di tahun 2022 ini akan ada lima layanan yang ditawarkan, yaitu antara lain:

1. Content creator marketing.

2. Content creator trading.

3. Content creator representation.

4. Financial technology solutions.

5. Brand & product development.

 

Mengapa Kamu Harus Join dengan ICE, Indonesia Creators Economy?

Winston Utomo selaku CEO IDN Media mengharapkan dengan keberadaan ICE dapat memberikan kontribusi positif yang masif bagi dunia kreator.

Inilah yang kemudian oleh IDN Media ditransformasikan ke dalam platform ICE yang menawarkan kemudahan baik itu bagi brand maupun kreator konten.

Yang ditawarkan dari ICE dan menjadi kelebihannya adalah sistem kerja yang lebih mudah dan efektif dengan bantuan teknologi terdepan untuk kolaborasi antara brand dan kreator, seperti misalnya sistem pembayaran dan produk finansial untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam setiap kolaborasi.

Jika tahun ini kamu sedang berencana untuk menjadi kreator yang menghasilkan uang dari konten yang kamu buat, segera daftarkan diri kamu di ICE , https://www.ice.id.

Jadilah bagian keluarga ICE, Indonesia Creators Economy.

 

Stay safe and healthy

xoxo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!