Jurnal

Cara Bersosialisasi Seru dari Rumah, Nr 4 Escape Rooms

cara bersosialisasi

Cara Bersosialisasi Asik dari Rumah. Salah satu perubahan besar yang terjadi dari pandemi corona adalah cara bersosialisasi. Adanya batasan kontak fisik untuk menghindari penyebaran virus menyebabkan kita menjaga jarak (dalam artian sesungguhnya).

Namun, bukan berarti kita menjaga jarak secara perasaan. Untungnya kita hidup di jaman serba teknologi, yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa biaya yang sangat besar.

Di tahun 90’an dan awal  2000, buat kalian yang LDR (long distance relationship) berbeda negara, harus menabung banyak untuk mendengar suara di seberang telepon. Apalagi jika berbeda benua, mungkin bahkan tidak seminggu sekali atau sebulan sekali karena biaya yang dikeluarkan sangat besar.

Hey .. wake up. Kita kan nggak hidup lagi di jaman itu.”

“Makanya dengan kondisi dibatasi seperti ini, cara bersosialisasi secara virtual (cara paling aman) bisa banget kita lakukan … jika kita mau.

Lalu apa yang bisa kita lakukan secara virtual?

Pilihannya banyak sekali, dari mulai yang sederhana sampai yang menantang. Penasaran? Yuk kita mulai listnya dari yang paling sederhana.

Cara Bersosialisasi di Masa Pandemi

1. Social Messenger

Saya adalah generasi yang memulai chat dari mirc lalu ke yahoo messenger, lalu google messenger, terus bbm, Whatsapp dan yang lain-lain.

Saya masih ingat waktu bos saat itu nanya apa saya punya google messenger untuk dia memudahkan chat tanpa harus sms an. Lalu saya menunjukan gawai saya yang saat itu sederhana. Si bos terperangah, karena di jaman dia sudah pakai iPhone 3 baru, saya masih pakai Nokia… ups.

Sebulan sebelum pembicaraan itu, saya kehilangan gawai di kost. Nggak tanggung, 3 gawai. 2 gawai punya saya, 1 cdma dan 1 gsm. Satu lagi gawai titipan. Di masa recovery, saya hanya mampu membeli gawai sederhana, sesuai dengan kebutuhan dan budget tentunya… hehehe.

Kalau jaman sekarang? 

Social messenger banyak banget, dari mulai face time, WA, sampai platform seperti IG dan FB pun punya chat serta fasilitas video call

Kangen dengan seseorang?

Tinggal chat dan janjian video call. 

Tidak ada yang membatasi komunikasi di jaman teknologi ini selain kemauan, perangkat yang sesuai dan kuota.

 

2. Video Conferencing

Jika ingin bertemu secara virtual dalam skala yang besar, kita bisa memakai layanan video conferencing seperti misalnya SkypeGoogle Meet, ZoomBahkan untuk sosialisasi sekolah, rapat orang tua, kajian agama sampai wisuda pun sekarang menggunakan layanan video conferencing.

Sahabat saya di sini bercerita, ketika merayakan hari Idul Fitri, keluarga mereka dengan keluarga besar janjian silaturahmi via ZoomRasanya memang berbeda dengan bertemu langsung dan sungkeman namun tidak mengurangi esensi hari raya. 

Cara bersosialisasi memakai Zoom juga bisa untuk acara hang out dengan teman-teman kerja, yang mungkin tadinya dilakukan offline. Ide ini saya tahu dari salah seorang teman yang biasanya mengadakan acara botram dengan rekan kerjanya di luar hari kerja. 

Setiap dua minggu sekali, mereka bertemu online untuk membedah buku atau membahas satu topik tertentu ( di luar pekerjaan), yang kemudian mereka jadikan podcast.

Yang terbaru adalah Clubhouse. Dengan app ini kalian bisa terlibat dalam percakapan atau diskusi orang lain dari seluruh dunia atau hanya sekedar mendengarkan. Sayangnya app ini baru ada di iOS. Kalian juga bisa gabung jika ada undangan dari orang yang sudah bergabung di app Clubhouse ini.

 

3. Nonton Bareng Online (Nobar)

Jauh sebelum jaman Youtube, Netflix, Amazon Prime dan lain lain – supaya bisa menonton acara dari tv luar negeri, kita harus memasang parabola, atau juga berlangganan TV kabel. 

Acara TV yang ditunggu oleh anak muda biasanya MTV, dimana kita bisa menonton video musik 24 jam. Walau banyak pengulangan, misal acara tengah malam adalah acara yang ditayangkan di pagi hari. 

Langganan tv kabel ini hanya bisa di dipergunakan bagi penghuni satu rumah saja dan hanya di rumah. Berbeda dengan jaman sekarang yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja dan bisa nonton bareng online.

Cara nonton bareng online jaman sekarang mudah banget. 

Kalian bisa menggunakan layanan Teleparty (dulunya Netflix Party), yang bisa diinstall di Chrome browser atau browser internet lainnya. Ini berlaku untuk layanan Disney, Netflix, Hulu dan HBO. Dengan Teleparty, kalian bisa nonton bareng online dengan teman, saudara, siapapun yang kalian mau ajak. 

Jika kalian menekan tombol “pause” maka seluruh yang nonton juga akan berhenti. 

Layanan nonton bareng online ini bisa juga kalian nikmati di Amazon Prime, dengan menekan icon party.

Baik itu Teleparty maupun Prime party menawarkan fasilitas nonton bareng online sekaligus chat dengan yang lain.

 

4. Escape Rooms Online

Siapa bilang cara bersosialisasi dari rumah itu sulit? Ada yang suka dengan permainan Escape rooms? 

Dari sebelum pandemi Corona pun permainan ini sudah banyak digemari. Partisipan akan dikunci di dalam ruangan dan harus menemukan misteri sebelum waktu yang ditentukan berakhir. 

Beberapa permainan bisa kita beli gamenya, dan ada juga Escape Rooms online, yang bisa kita mainkan bersama teman-teman. 

Kalau di Jerman, kalian bisa bermain online di locked-adventures.de, Culinario Mortale.

 

escape games online
Culinario Mortale. escape games online

Game yang banyak digemari adalah dinner crime, dimana kita harus menemukan siapa pembunuh diantara tamu yang diundang makan malam. Seperti apa gamenya, kalian bisa melihat di cuplikan video Youtube di bawah ini.

Konsep dinner crime ini sepertinya mengambil dari salah satu buku Agatha Christie yang sangat terkenal, And There were None.

5. Kursus Masak Online

Kalau cara bersosialisasi dari rumah nomor 5 ini bisa membuat kita juga menjadi pintar dan/atau terampil. Kursus masak online bisa diikuti oleh kamu yang ingin belajar jenis masakan tertentu atau memang belum bisa memasak.

Berbagai macam alternatif diberikan kursus masak online, dari yang berbayar sampai yang gratis. Untuk yang berbayar pun, ada juga yang mengirimkan bahan makanannya ke rumah. 

Mengikuti kursus ini tentunya menguntungkan buat kita karena masak menjadi life skills yang mesti dimiliki saat lockdown pandemi corona.

Kesimpulan

Pandemi corona merubah cara kita hidup termasuk cara bersosialisasi. Entah sampai kapan ini akan berlangsung namun kita harus mensiasatinya agar hidup selama corona lebih mudah dan menyenangkan untuk dijalani. 

Jika memang pada saat kalian membutuhkan seseorang, tidak ada yang sedang online atau dalam kesibukan masing-masing. Kalian bisa juga berkomunikasi dengan chat bot app misalnya saja Veronika dari Telkomsel, atau di app seperti Andy untuk berlatih bahasa Inggris. 

Untuk yang sudah berkeluarga, bisa juga membaca artikel “Dengarkan Hatimu Agar Tetap Bahagia Walau di Rumah aja” dari Kak Deris

Selamat bersosialisasi.

 

Stay safe … xoxo

16 Komentar

    • renov

      hehehe iya beda banget sih rasanya bersosialisasi langsung dengan virtual karena manusia mahluk sosial ya. Semoga pandemi covid-19 ini bukan trailernya kalau film mah dan segera berakhir.

    • Maria tanjung

      Mbaa renov…. pernah merasakan jaman jaman pake YM yah. Dulu aku suka pergi ke warnet demi bisa nyalakan Y.M ya ampuun udh tahun berapa itu ya mbak. Sekrng udh canggih lg dr hp saja kita sudah bisa komunikasi.

  • i n n a

    Semua serba online, sampai jalan-jalanpun online ya kak, tapi ya gak seru juga biasanya kalau sosialisasi
    kalau ada yang seru kan ketawa bisa pukul, atau colek orangnya ini kita ketawa sendirian hahah, dan gak bisa comot makanan kalau bersosialisasi online hehehe, semoga segera selesai ahhh pandeminya.

  • Noven Novrasilvia

    Hmmm.. Memang banyak banget segala app selama pandemi, tinggal pilih yg mana kita butuh. Tapi tetap juga, namanya mahkluk sosial pastinya butuh untuk saling interaksi, ya. Apalagi kadang keinginan besar buat ngumpul bareng n tertawa bareng tanpa ada rasa takut itu muncul tiba2. Semoga pandemi segera berlalu.

  • Ipeh

    Sosialisasi online masih terus lanjut tapi yang offline juga masih kak. Tapi seperlunya aja emang. Palingan ngobrol sebentar dari jauh sama tetangga kanan kiri. Biar ngga lupa cara ngomong sama ngga keki pas ketemu orang. Soalnya aku termasuk yang suka awkward kalo ketemu orang lain.

  • Bayu Fitri

    Sosialisasi lewat virtual sudah jamak dilakukan ya mbak apalagi banyak platform aplikasi pendukung cuman yaitu masih belum afdol kalao ga tatap muka langsung hehehe

  • Elva

    Salfok sama games dinner crime, soalnya kusuka main games tapi games yg satu ini belum pernah mainnya, kayaknya seru dan menantang. Entar mau coba download dan mainin deh

  • citra

    Mantap sekali ya belajar online dan nonton online, tapi sayang aku belum pernah nonton online tapi kursus online memasak, Sangat seru

  • Icha Marina Elliza

    Hihi zaman kita hampir samaan ya kak. Aku pun melewati di saat LDR hanya bisa tatap muka lewat camera di warnet sambil Yahoo an. Trus bisa video call pake hp. Setelah menikah baru deh ketemu bbm dan akhirnya berjamaah pake android. Semua kemudahan bisa kita dapatkan gak kayak zaman dulu. Memang agak beda sosialisasi nya, tapi tetep bisa keep in touch.

  • Aisyah Dian

    Pandemi ini memang merubah segalanya ya kak, tapi masih bersyukur lagi kita sekeluarga bisa tetap sehat. Pertemuan fisik bisa kapan-kapan yang penting menjaga kesehatan dulu apalagi pertemuan virtual toh bisa kapan saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!