Tips

Bansos 300 Ribu/Bulan, Ini Cara Dapetinnya!

Bansos 300 ribu

Bansos 300 Ribu/Bulan adalah program bantuan sosial tunai (BST) dari pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat tidak mampu. 

Program yang telah diperpanjang sampai tahun 2021 diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok selama masa COVID-19.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial yang lama, Juliari Batubara dan ditegaskan kembali oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Pemerintah telah menyiapkan dana Bantuan Sosial Tunai sebesar 12 Triliun dengan jumlah penerima bantuan sebanyak 10 juta keluarga. Nominal besar Bantuan Sosial ini adalah sebesar Rp 300 ribu per bulan dan akan diberikan selama empat (4) bulan yaitu dari bulan Januari – April 2021.

Berikut adalah syarat dan kriteria serta cara mendapatkan Bantuan Sosial Tunai yang teman-teman bisa lakukan.

Syarat dan Kriteria Penerima Bantuan

1. Seorang warga miskin/kurang mampu.

2. Belum pernah menerima Bansos lain.

3. Berusia 18 tahun ke atas.

4. Memiliki KTP.

5. Memiliki Kartu Keluarga.

Cara Mendapatkan Bansos 300 Ribu Per Bulan

1. Mendaftarkan diri  di kantor desa atau kelurahan masing-masing dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga.

2. Menanyakan kepada kantor desa atau kelurahan tentang informasi tentang daftar penerima bantuan sosial pemerintah. Kabarnya ada perubahan dan penambahan, jadi tanyakan kembali.

3. KTP dan KK yang kita serahkan akan diverifikasi oleh desa dan diserahkan ke Dinas Sosial setempat.

Cara Mencek Bantuan

Bagi yang sudah mendaftar dan ingin mengetahui apakah kita berhasil mendapatkan bantuan atau tidak, adalah dengan cara sebagai berikut,

1. Mengunjungi situs website dtks.kememsos.go.id.

2. Cek tabel berwarna hijau toska terletak di paling atas situs tersebut. Pilih NIK atau ID DTKS/BDT atau Nomor PBI JK/KIS. Kemudian isi data yang diminta di sebelahnya. Misal, jika kita memilih berdasarkan NIK, maka akan keluar kolom NIK dan Nama Sesuai KTP. (Lihat gambar di bawah)

 

penerima bansos dtks
Tabel pengecekan mandiri penerima bansos di situs resmi dtks.kemensos.go.id

3. Masukan kode captcha yang muncul di samping kotak.

4. Kemudian klik cari untuk mengetahui apakah kita termasuk ke dalam daftar penerima bantuan.

Kesimpulan

Pendaftaran untuk mendapatkan Bansos 300 Ribu per bulan dapat dilakukan jika kita memenuhi persyaratan di atas dan menghubungi kantor desa atau kelurahan setempat. Sementara pengecekan dapat dilakukan secara online melalui situs dtks.kemensos.go.id.

Jika kalian menemukan masalah terkait bantuan sosial pemerintah lewat Kemensos seperti bantuan salah sasaran, penyelewengan, pungli dsb, dapat menghubungi layanan pengaduan bansos di bawah ini.

Stay safe … xoxo

bantuan sosial pemerintah

Referensi

Situs dtks kemensos Republik Indonesia.

5 Komentar

  • dodo nugraha

    Mengenai Bansos, ibu saya juga dapat. Alhamdulillah tidak ada daftar-daftarnya. Pokoknya tau-tau dapet aja dari ketua RT infonya. Biasanya, setiap bulan (sejak 2020 kemarin), ambil Bansosnya di kantor Pos kecamatan. Entah kenapa, di bulan Januari ini, Bansosnya kudu diambil di kantor Pos di pusat kota.Cukup menyulitkan bagi para emak-emak, krn pusat kota harus dijangkau dengan naik angkot, kalo kantor pos kecamatan, ga jauh dari rumah, sih..

    • renov

      wah alhamdulillah dapat ya. Yang daftar itu yang belum tercantum di data yang diberikan oleh RT setempat. Biasanya list dana bantuan sama, nah jika ada penambahan quota atau perubahan list, buat yang belum dapat bisa langsung ke kelurahan setempat,
      Wah kantor pos pusat kota mah lumayan ya. Saya bayanginnya kalau yang tinggal di kabupaten Bandung dan mesti ke kantor pos tengah kota. duh jauhnya. Anw, makasih informasinya Kak. Wahhh blognya baru nih hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!