Career Skills

5 Kesalahan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja

5 Kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja. Membuat kesalahan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, termasuk ketika kita melamar pekerjaan. 

 

Tergantung apa dan dimana letak kesalahannya, ini dapat memperkecil kemungkinan kita untuk lolos tahap pertama penyeleksian karyawan, yaitu lolos secara administrasi.

Berdasarkan pengalaman saya bekerja di bagian Sumber Daya Manusia, kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja biasanya dilakukan karena pelamar tidak mengetahui yang benar atau yang kedua adalah karena tidak teliti.

Untuk menghindari hal ini terjadi, ada baiknya jika kita mengetahui apa saja kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja.

Melatih Kebiasaan Menulis. Source, andrew-neel-unsplash

5 Kesalahan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Jika kalian hendak mengirimkan surat lamaran kerja baik melalui e-mail/surel atau pos atau menyerahkan langsung kepada perusahaan yang bersangkutan, hendaknya memperhatikan hal-hal di bawah ini:

 

1. Nama.

Kesalahan dalam menuliskan nama sangat sensitif, baik itu nama perusahaan atau nama contact person. 

 

Kesalahan nama itu bisa dalam bentuk salah ejaan, misalkan Robby Setiawan tetapi kita menuliskan Robi Setiawan. Atau memang salah mencantumkan contact person dan atau nama perusahaan.

2. Kelengkapan dokumen yang diminta.

Di beberapa perusahaan banyak yang sudah menggunakan sistem rekrutmen melalui website perusahaan yang sudah terhubung dengan HRIS (Human Resources Information System) yang dapat menyortir langsung kandidat yang tidak mengirimkan dokumen lengkap langsung ke list yang lamarannya tidak diproses.

Seandainya pun tidak melalui software, perusahaan hanya akan memproses yang dokumennya lengkap dan tidak menghabiskan waktu untuk meminta dokumen yang belum ada. Terkecuali jika kita dapat memberikan dokumen pengganti dari dokumen yang diminta, misal scanned ijazah dengan surat tanda lulus untuk fresh graduate.

 

3. Format surat lamaran copy paste.

Sebagai pencari kerja, kita mengirimkan banyak sekali surat lamaran kerja, namun ada yang kita tidak sadari bahwa surat lamaran ini adalah bentuk komunikasi pertama yang kita lakukan dengan calon perusahaan tempat kita bekerja.

Ada baiknya ketika kita melamar kerja, surat lamaran atau cover letter yang kita buat bersifat personal dan sesuai dengan posisi dan perusahaan yang kita lamar. 

Rekrutmen yang setiap hari bertemu dengan banyak sekali surat lamaran kerja bisa langsung tahu apakah ini semacam template surat lamaran kita. Template yang kita pergunakan untuk 100 lamaran di 100 perusahaan yang berbeda. 

“Yang harus diingat adalah setiap posisi dan setiap perusahaan itu berbeda”

Cobalah untuk selalu memberikan usaha ekstra dalam menulis surat lamaran yang sekiranya dapat memberikan kita nilai lebih dibandingkan pelamar yang lain.

4. Panjang surat lamaran.

Ketika kita membuat surat lamaran kerja, jangan lupa menuliskan poin penting dari motivasi dan kompetensi yang dimiliki, untuk meyakinkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi yang kita lamar.

Misal, perusahaan XYZ mencari seorang marketing officer. Maka kita akan menuliskan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja atau magang yang pernah kita jalani, sebutkan juga keberhasilan yang kita raih dan perkuat dengan argumentasi terkait dengan kekuatan kepribadian kita dan juga motivasi.

Susunlah kalimat tadi sehingga membentuk kalimat yang efektif. Rekrutmen akan tertarik jika kita mengemas surat lamaran kerja secara singkat, padat dan mengandung informasi yang dibutuhkan.

Hindari untuk menuliskan surat lamaran sampai berlembar-lembar, karena ini bukan novel. Satu halaman A4 sudah cukup untuk itu.

5. Curriculum Vitae (CV) atau riwayat hidup.

CV harus selalu yang paling update dan perhatikan tanggal yang kita cantumkan, baik tanggal di riwayat kerja dan tanggal kita melamar pekerjaan.

Terkadang kita menggunakan template CV lama sehingga isi tidak terupdate dan tanggal lamaran yang dicantumkan adalah tanggal lama.

Kesimpulan

Surat lamaran kerja adalah langkah awal untuk memenangkan hati perusahaan untuk memanggil kita ke langkah berikutnya. Disini mencakup semua informasi yang penting mengenai kualifikasi kita sebagai kandidat. Dari proses awal ini akan diputuskan apakah kita dipertimbangkan untuk posisi yang lowong atau langsung tereliminasi.

Hindari kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja di atas dan tuliskan surat lamaran kerja yang terbaik.

Kesalahan mana yang biasanya kalian buat dalam membuat surat lamaran kerja?

Stay safe …xoxo

9 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!