Tips

KlikBCA, Kurang Input Nomor Rekening Ketika Transaksi Antar Bank

Saya adalah pengguna setia KlikBCA. Layanan ini telah membantu saya untuk melakukan transfer dan pembayaran walaupun saya sekarang berdomisili di luar negeri.
 
Hari ini saya melakukan transaksi transfer antar bank ke nomor rekening BRI. Karena ini nomor baru, saya pun menginput terlebih dahulu ke nomor rekening dan nama penerima agar masuk ke dalam daftar. Semua berjalan lancar dan saya pun melakukan transaksi. Hari ini entah kenapa saya tidak melakukan cross check dan lanjut saja memproses dengan memasukan kode dari token BCA.

 

Pihak sekolah yang menjadi tujuan transfer pun mengatakan tidak ada transaksi yang masuk. Saya pun mengirimkan bukti transaksi dan barulah disitu saya menyadari bahwa nomor tujuan rekening BRI nya kurang satu digit.  Baru kali ini saya salah transfer setelah belasan tahun lamanya menjadi nasabah.🙈

 

Dengan mempraktekan tips TANPA KAMU, saya meminta adik menanyakan ke pihak BRI. Sembari saya berusaha mencari jawaban di halaman website BCA tetapi ternyata apa yang saya baca tidak menenangkan hati karena pada poin nomor 2 tertulis jika BCA tidak bisa menarik kembali dana yang sudah kita transfer ke nomor rekening yang salah dan poin no 3 dana bisa dikembalikan jika ada niat baik dari penerima transfer dana.

 

Adik saya yang berhasil menghubungi temannya yang bekerja di bank BRI kemudian menginformasikan bahwa jika nomor rekening kurang digit, otomatis dana akan dikembalikan oleh system tengah malam. Malam ini saya melakukan pengecekan tetapi tidak ada dana yang masuk dan saldo rekening tetap sama.

 

Saya pun menulis e-mail ke cs BCA di halobca@bca.co.id dan juga chat dengan Halo BCA Chat.


Fitur Layanan KlikBCA, Halo BCA Chat

 

Fitur Halo BCA Chat.

 

Fitur ini terdapat di website Bank BCA (klik link ini), di bagian bawah sebelah kanan dengan icon berwarna orange. Jika anda klik icon orange tersebut maka keluar lah tampilan sepert ini:

Layanan KlikBCA, Halo BCA Chat Menu

 

Langkah Langkah yang dilakukan:

 

1.    Mengisi data berupa nama, e-mail, nomor telp, dan pilih perbankan di opsi produk/layanan.

2.    Klik Captcha dan pilih gambar sesuai dengan petunjuk.

3.    Anda akan terhubung dengan CS.

4.    Sampaikan permasalahan.

5.    Setelah permasalahan disampaikan, CS akan menanyakan  media apa yang digunakan saat transfer dan jenis transaksi apa yang digunakan . CS kemudian akan menjawab sesuai dengan keterangan yang Anda berikan.

 

Dalam hal ini saya menggunakan KlikBCA dan layanan LLG karena saya memerlukan catatan untuk menuliskan keterangan.

Setelah permasalahan disampaikan, CS akan menanyakan media apa yang digunakan saat transfer dan jenis transaksi apa yang digunakan. CS kemudian akan menjawab sesuai dengan keterangan yang kita berikan. Dalam hal ini saya menggunakan KlikBCA dan layanan LLG karena saya memerlukan catatan untuk menuliskan keterangan.

 

Berikut informasi yang diberikan oleh CS:

 

1.     Apabila ada ketidaksesuaian data pemilik rekening tujuan yang diinput, maka akan terjadi tolakan yang akan menyebabkan dana akan dikembalikan ke rekening pengirim, untuk tolakan ini Anda dapat melakukan pengecekan dari mutasi rekening di KlikBCA setelah data transaksi dinyatakan tidak valid oleh bank penerima dana.

 

2.     Proses penerimaan tolakan kliring sesuai dengan ketentuan sistem BI : – Tolakan diterima dan posting di hari H : untuk wilayah selain Jakarta dan Surabaya – Tolakan diterima dan posting di H+1 : untuk wilayah Surabaya – Tolakan diterima dan posting di H+2 : untuk wilayah Jakarta. Wilayah yang dimaksud disini adalah wilayah nomor rekening pengirim dana.

 

3.     Sekedar informasi transaksi transfer ke bank lain dengan layanan LLG di KlikBCA, dana dapat di terima di hari yang sama apabila transaksi di lakukan sebelum pukul 14:00, namun jika transaksi melebihi pukul 14:00 maka akan efektif di hari kerja berikutnya. Biaya transaksi kiriman uang LLG baik melalui KlikBCA Individu, KlikBCA Bisnis atau melalui kantor cabang adalah Rp 2.900 per transaksi.

 

4.     Silakan menunggu untuk proses pengembalian dana, apabila ada ketidaksesuaian data pemilik rekening tujuan yang diinput.

 

5.     Apabila ada hal lain yang ingin ditanyakan, Anda dapat menghubungi Halo BCA chat kembali dengan membuat chat baru atau melalui : 

Telepon : 1500888 (layanan 24 jam)

Twitter : @HaloBCA 

WhatsApp Bank BCA : 08111500998 

Website : www.bca.co.id

Email korespondensi : halobca@bca.co.id

Cabang BCA : Jam operasional 08:15 – 14:00 waktu setempat 

 

Tidak lama setelah chat ini berakhir, saya menerima e.mail dari pihak BCA dengan isi e-mail kurang lebih sama dengan keterangan yang diberikan di chat.

Sekarang ini saya hanya perlu menunggu dana dikembalikan, semoga tidak memakan waktu lama. Anggap saja apa yang terjadi hari ini adalah sebuah pelajaran bahwa selalu melakukan cek nomor rekening, bank tujuan dan nama pengirim sebelum melakukan transaksi. Untuk KlikBCA pengirim diharuskan memasukan 2 kali pin dari token, itulah kesempatan kita untuk melakukan pengecekan kembali.

________________________________________________________________________________

 Update tanggal 01 Juli 2020

 

Kira-kira 24 jam setelah transfer kemarin, saya kembali mengecek saldo. Di bagian menu KlikBCA, Informasi Rekening – Mutasi Rekening tertulis KR Otomatis Tolakan KU. No Rekening Tidak Terdaftar, dan uang transfer pun dikembalikan, Alhamdulillah.

Sebagai catatan, untuk proses pengembalian dana ini tidak ada biaya yang dibebankan kepada pemilik rekening  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!